7 Cara Membuat Donat Kentang yang Praktis dan Empuk di Rumah

Kategori
Siapa yang tak suka donat? Panganan yang satu ini memang banyak diminati. Saat ini, terdapat banyak sekali variasi donat, sehingga kita pun tak akan bosan mencicipinya. Salah satunya adalah donat kentang. Sesuai namanya, donat ini terbuat dari bahan dasar berupa kentang. Hal ini membuat donat kentang tentu lebih bergizi dan kaya nutrisi dibanding donat biasa. Membuat donat sendiri sebenarnya bukan hal yang sulit, namun menghasilkan donat yang empuk dan lezat tentunya membutuhkan tips tersendiri. Bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, berikut cara membuat donat kentang yang praktis dan empuk di rumah. 

Ini cara membuat donat kentang yang praktis dan empuk

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/donut-179983_1920-595x335.jpg
Cara Membuat Donat Kentang yang Praktis dan Empuk di Rumah. (Foto: Pixabay)

1. Donat Kentang Simpel

Resep yang satu ini merupakan resep dasar dari donat kentang. Bahan yang diperlukan relatif mudah ditemukan, cara membuatnya pun tidak rumit. Pertama, siapkan 500gr tepung protein tinggi, 50gr susu bubuk, 100gr gula pasir, 11gr ragi, 200gr kentang kukus yang telah dihaluskan dan didinginkan, 75gr mentega, setengah sendok teh garam, empat kuning telur, serta 100ml air dingin.
Kemudian, ambil wadah, tuangkan tepung, gula, susu bubuk dan ragi ke dalamnya. Aduk hingga merata, lalu tambahkan kentang halus serta kuning telur dan air dingin. Uleni sampai merata dan hampir kalis. Tambahkan mentega dan garam, uleni kembali hingga benar-benar kalis dan elastis, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah adonan mulai mengembang, bagi adonan masing-masing sebanyak 50gr lalu diamkan 20 menit sampai benar-benar mengembang sempurna.
Lubangi pada bagian tengah adonan, lalu goreng hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Agar tidak banyak minyak yang meresap, cukup balik donat sekali saja. Angkat donat yang telah matang, lalu tiriskan. Kamu bisa menambahkan gula halus ataupun topping lain seperti madu dan sirup maple sesuai selera. 

2. Donat Kentang Kepang

Bila biasanya donat berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya, maka donat yang satu ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Tanpa mengurangi kelezatan rasanya, bentuk donat yang tak lazim ini ternyata membuatnya tampak lebih cantik ketika disajikan. Bahan-bahan dan cara membuatnya sama saja dengan donat kentang simpel, akan tetapi adonan tidak perlu dibulatkan, melainkan dibagi menjadi 3 sisi sama panjang lalu dikepang rapi. Goreng donat dengan teknik yang sama seperti menggoreng donat kentang simpel.

3. Donat Kentang Lumer

Gurih dan empuknya donat kentang tentu akan terasa lebih sempurna bila dipadu dengan manisnya cokelat. Untuk membuat donat kentang lumer nan nikmat di lidah, bahan yang kamu perlukan sama seperti resep donat kentang simpel. Kamu hanya perlu menambahkan cokelat padat, boleh dark chocolate atau milk chocolate, tergantung selera apakah kamu lebih menyukai jenis cokelat yang pekat atau yang lebih terasa manis.
Ketika membagi adonan, pipihkan lalu selipkan potongan cokelat padat dalam adonan. Bulatkan kembali adonan dan goreng donat hingga matang. Bentuknya memang sedikit berbeda dengan donat biasa tanpa lubang di tengahnya, namun sensasi disambut oleh hangatnya lelehan cokelat ketika menggigit donat yang empuk tentu akan sulit untuk ditolak. 

4. Donat Kentang Pelangi

Selain mengisi donat dengan filling cokelat, kamu juga bisa berkreasi dengan topping donat. Tak hanya cocok ditaburi gula halus ataupun ditaburi meises saja, kamu bisa membuat donat pelangi yang menarik penyajiannya dengan memanfaatkan cokelat cair. Buat donat kentang simpel, kemudian sisihkan. Dalam wadah khusus, campur cokelat putih cair dengan pewarna yang kamu suka.
Kamu juga bisa menambahkan essence buah agar lebih beraroma. Bila kamu menginginkan warna pastel yang kini tengah tren, cukup tambahkan sedikit saja pewarna agar warnanya tidak terlalu kuat. Celupkan separuh bagian donat dalam cokelat yang telah diberi warna, kemudian angkat perlahan untuk meniriskan sisa cokelat. Biarkan hingga cokelat mendingin. 
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Donat Kentang Pizza

Biasanya, acara kumpul bersama teman terasa kurang lengkap tanpa makanan yang dapat dinikmati bersama-sama. Bila kamu sudah bosan dengan makanan gurih seperti pizza, maka kamu dapat mencoba resep alternatif yang satu ini. Buat donat kentang simple, namun tidak perlu membulatkan adonan, melainkan membentuknya seperti slice pizza yang sama besar. Goreng hingga matang, lalu hiasi bagian atasnya sesuai keinginanmu dengan menggunakan cokelat cair, meises, dan bahan-bahan lainnya.

6. Sate Donat Kentang

Bingung menyediakan cemilan sehat buat si kecil? Donat kentang biasa mungkin akan sulit dilirik oleh anak kecil, cobalah untuk membuat bulatan lebih kecil kemudian tusuk dengan menggunakan tusuk sate. Hiasi bagian atasnya sesuai selera. Dijamin, sate donat kentang ini akan menyita perhatian si kecil. 

7. Donat Kentang Isi Ayam

Jika donat biasanya diidentikkan dengan rasa manis, maka tak ada salahnya untuk membuatnya sedikit berbeda. Tambahkan daging ayam cincang yang telah direbus dan ditumis bersama bumbu, juga potongan daun bawang dan wortel untuk melengkapi nutrisinya. Masukkan dalam adonan donat lalu bulatkan dan goreng hingga matang.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg