7 Cara Membuat Boba yang Empuk dan Kenyal, Bisa Distok Lama di Kulkas!

Gak bisa dipungkiri kalau boba menjadi salah satu topping favorit banyak orang saat meminum bubble tea atau minuman viral lainnya. Topping yang terbuat dari tepung tapioka yang kemudian dibentuk jadi bola-bola kecil ini, terkenal dengan rasanya yang manis, serta teksturnya yang creamy dan kenyal. Sayurfriends ingin coba bikin sendiri? Yuk intip cara membuat boba berikut ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/cara-membuat-boba-595x335.jpg

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus Sayurfriends lakukan sebelum membuat boba ini tentu saja adalah menyiapkan bahan yang diperlukan. Tenang saja, bahan-bahannya sama sekali gak banyak dan susah ditemukan kok. Dalam membuat boba kali ini, Sayurfriends cukup menyiapkan 100 gram tepung tapioka, 50 gram brown sugar, 80 mililiter air, dan tambahan 2 liter lagi untuk merebus boba.

2. Campurkan Air, Brown Sugar, dan Tepung Tapioka

Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, selanjutnya didihkan 60 mililiter air yang sudah tercampur dengan 30 gram brown sugar di panci. Masak hingga mendidih sempurna dan tercampur rata, lalu matikan api. Kemudian, Sayurfriends bisa tuangkan ½ tepung tapioka atau 50 gram tepung tapioka ke dalam panci tersebut, lalu aduk hingga tercampur rata.

Jika campuran bahan sebelumnya sudah tercampur rata, tambahkan lagi sedikit demi sedikit sisa tepung tapioka selagi adonan masih panas. Aduk terus adonan tersebut, sampai terbentuk tekstur yang agak lengket dan sedikit kaku. Kemudian, biarkan suhunya turun atau agak dingin, sebelum lanjut ke langkah pembuatan berikutnya.

3. Pipihkan Adonan dengan Ketebalan 1 hingga 1½ Sentimeter

Setelah adonan dingin, siapkan talenan atau alas adonan, untuk menguleni adonan tersebut. Taburkan sedikit tepung di permukaannya, kemudian pipihkan adonan hingga ketebalannya 1 hingga 1½ sentimeter. Selanjutnya, gunakan pisau yang tajam untuk memotong adonan yang telah dipipihkan tersebut dengan ukuran panjang dan lebar masing-masing 1½ sentimeter.

4. Bulatkan Adonan Menjadi Bola-Bola Kecil

Adonan boba yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian kecil tadi kemudian dibulatkan menjadi bola-bola kecil. Setelah dibulatkan, lumuri bola-bola tapioka tersebut dengan sedikit tepung tapioka agar bola-bola tapioka yang masih kering tersebut gak lengket antara satu dengan yang lainnya. Selanjutnya, sisihkan sementara.

5. Rebus Adonan Boba Kering

Cara membuat boba selanjutnya adalah dengan mendidihkan 2 liter air dan masukkan adonan boba kering yang telah dibulatkan ke dalamnya. Rebus adonan boba kering tersebut selama sekitar 6 hingga 8 menit dengan menggunakan api sedang. Setelah lewat 8 menit, kecilkan api kompor, kemudian teruskan merebus adonan boba kering selama 5 hingga 10 menit.

Selagi menunggu boba matang, siapkan wadah yang sudah berisi campuran air dan es batu. Setelah boba yang direbus mengambang di permukaan air, pindahkan semuanya ke dalam wadah yang berisi air es tersebut. Sayurfriends bisa merendam boba yang telah dimasak di dalam air es selama 1 menit.

6. Buat Adonan Brown Sugar

Saat merebus boba, Sayurfriends bisa buat adonan brown sugar dengan mendidihkan 20 mililiter air yang telah dicampurkan dengan 20 gram brown sugar selama 5 menit. Masak dengan api sedang hingga tekstur campuran air dan brown sugar mulai mengental seperti sirup, lalu teruskan memasak dengan api kecil.

7. Masukkan Boba ke Dalam Sirup Brown Sugar

Jika boba sudah didinginkan selama 1 menit di dalam air es, pindahkan boba ke dalam panci berisikan sirup brown sugar. Teruskan memasak dengan api kecil selama 6 hingga 8 menit, sembari terus mengaduknya. Jika kekentalan sirup brown sugar sudah sesuai dengan yang Sayurfriends inginkan, Sayurfriends bisa matikan api. Boba pun siap untuk digunakan.

Tips Anti Gagal Membuat Boba

Dalam menerapkan cara membuat boba ini, ada beberapa tips yang bisa Sayurfriends ikuti, agar boba yang dibuat bisa sesuai hasilnya dengan yang diinginkan. Pasalnya, gak sedikit orang yang tetap gagal membuat boba, meskipun telah mengikuti cara yang diberikan. Sontek tips berikut ini agar Sayurfriends gak gagal membuat boba tersebut.

1. Tambahkan Sisa Tepung Tapioka dengan Cepat

Saat menambahkan sisa tepung tapioka pada adonan, lakukanlah dengan cepat selagi campuran air dan brown sugar masih panas. Jika suhunya sudah menurun, maka Sayurfriends gak akan bisa membuat adonan boba yang sempurna. Agar proses pencampurannya makin efektif, gunakan sarung tangan, spatula, atau sumpit saat mengaduknya mengingat suhunya yang masih panas.

2. Tambahkan Tepung Tapioka atau Air

Mengingat brand tepung tapioka yang berbeda akan mempengaruhi tekstur adonan boba nantinya, Sayurfriends bisa menambahkan tepung atau air hingga tekstur yang diinginkan bisa didapatkan. Jika adonan terlalu kering, Sayurfriends bisa tambahkan 1 sendok teh air, namun jika terlalu basah, tambahkan 1 sendok teh tepung tapioka lagi.

3. Masukkan Boba Saat Sirup Sudah Mulai Mengental

Tips terakhir untuk cara membuat boba, masukkanlah boba saat tekstur sirup brown sugar sudah mulai mengental. Sayurfriends bisa mengecek kekentalannya ini dengan menggunakan spatula. Jika sirup brown sugar gak cepat meluruh atau masih menempel di spatula setelah dimasukkan ke dalam sirup, maka kekentalannya sudah pas untuk dicampur dengan boba.

Itulah tadi cara membuat boba yang bisa Sayurfriends langsung cobakan di rumah. Dengan menggunakan jumlah bahan yang sama dengan resep di atas, Sayurfriends bisa dapatkan 2 sajian boba. Jika ada yang masih tersisa, Sayurfriends bisa simpan di kulkas untuk kemudian digunakan sebagai topping minuman lainnya. Jangan lupa recook, ya!

Kategori
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox