Yuk, Coba 7 Cara Bikin Pizza Rumahan yang Enak dan Sehat untuk Anak

Kategori

Pizza adalah makanan asal Italia yang digemari hampir seluruh dunia. Penggemar makanan ini pun tidak mengenal batasan umur, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Rasanya yang gurih dan ditambah dengan topping yang beragam membuat pizza menjadi jenis santapan yang cocok untuk dimakan dalam segala suasana. Tidak hanya enak, pizza juga sangat mengenyangkan karena tekturnya yang mirip roti. Jika bosan dengan menu masakan yang biasa kamu buat di rumah, tidak ada salahnya sesekali membuat pizza. Caranya cukup mudah dan bahan-bahan yang kamu perlukan juga tidak sulit untuk didapat. Yuk, coba ini 7 cara bikin pizza rumahan yang enak dan sehat untuk anak. Si kecil pasti semakin semangat untuk menyantap pizza buatan ibu di rumah!

Ini cara bikin pizza rumahan yang enak dan sehat untuk anak

1. Siapkan semua bahan pizza dan topping yang dibutuhkan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/pan-2805959_1920-595x397.jpg

Siapkan semua bahan pizza dan topping yang dibutuhkan. (Foto: Pixabay)

Sebelum mulai membuat pizza di rumah, tentu hal yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan semua bahan yang diperlukan. Untuk membuat pizza rumahan ini ada empat Jenis bahan yang kamu perlukan, yaitu bahan adonan, bahan olesan, bahan topping, dan bahan taburan. Berikut ini adalah bahan-bahan untuk bikin pizza rumahan:

Bahan adonan:

·
150 gr tepung cakra
·
75 gr tepung terigu
·
170 ml air hangat
·
1/2 sdt garam
·
6 gr ragi instan
·
30 ml minyak goreng
·
1 sdm gula pasir

Bahan topping:

·
4 buah sosis (iris)
·
1 buah jagung manis (sisir)
·
3 lembar smoked beef (potong dadu)
·
1 buah paprika (potong dadu)
·
1 buah bombay (iris panjang)
·
1 sdm margarine
·
Garam dan lada bubuk (secukupnya)

Bahan Olesan:

·
5 sdm saus bolognese instan
·
3 sdm saus tomat
·
2 sdm saus sambal

Bahan taburan:

·
Keju mozzarella (secukupnya)
·
Keju parmesan (opsional)
·
Parsley kering (opsional)

2. Campur bahan untuk membuat adonan pizza

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/dough-3082589_1920-595x397.jpg

Campur bahan untuk membuat adonan pizza. (Foto: Pixabay)

Setelah menyiapkan semua bahan yang kamu perlukan, cara bikin pizza rumahan selanjutnya adalah mulai dengan membuat adonan. Siapkan wadah yang cukup besar, masukkan tepung dan garam, lalu sisihkan.

Kemudian, gunakan gelas lalu campur air hangat dan ragi instan. Tunggu hingga sekitar 15 menit sampai berbuih. Selanjutnya masukkan gula pasir dan minyak. Lalu aduk rata dan sisihkan. Setelah itu, campur larutan ragi ke dalam wadah berisi tepung. Aduk hingga merata dan tepung berubah menjadi adonan yang cukup kental.

3. Ulenin adonan hingga mengembang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/pizza-2344399_1920-595x397.jpg

Ulenin adonan pizza hingga mengembang. (Foto: PIxabay)

Setelah larutan ragi dan tepung menyatu, tekstur adonan pasti akan menjadi mengental dan lengket. Hal tersebut artinya adonan telah menyatu dengan sempurna. Selanjutnya bulatkan adonan, lalu tutup dengan kain atau plastic wrap. Kemudian diamkan adonan hingga mengembang, minimal 45 menit hingga 1 jam.

4. Tumis topping yang akan digunakan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/cooking-2735258_1920-595x395.jpg

Tumis topping pizza yang akan digunakan. (Foto: Pixabay)

Selagi menunggu adonan mengembang, kamu bisa melanjutkan cara bikin pizza rumahan ke tahap selanjutnya, yaitu membuat topping. Siapkan teflon di atas kompor, lalu masukkan margarine dan panaskan dengan api sedang. Selanjutnya, tumis semua bahan-bahan topping yang sebelumnya Sudah kamu sediakan. Beri garam dan lada bubuk secukupnya agar rasanya lebih gurih. Lalu matikan kompor dan sisihkan topping.

5. Ratakan adonan di atas loyang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/food-3343523_1920-595x397.jpg

Ratakan adonan pizza di atas loyang. (Foto: Pixabay)

Jika adonan telah mengembang, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu menyiapkan loyang berbentuk bundar. Lalu ratakan adonan di dalam loyang. Jika dirasa adonan terlalu lengket, kamu bisa mengunakan tepung di tangan agar lebih mudah meratakan adonan di loyang. Selanjutnya, tusuk-tusuk seluruh permukaan adonan menggunakan garpu.

6. Campur bahan olesan dan topping di atas adonan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/pizza-1013631_1920-595x394.jpg

Campur bahan olesan dan topping pizza di atas adonan. (Foto: Pixabay)

Cara bikin pizza rumahan selanjutnya yaitu mencampur semua bahan olesan ke dalam satu mangkuk. Kemudian olesi semua permukaan adonan dengan campuran bahan tersebut. Selanjutnya, tuangkan bahan topping yang telah kamu tumis di atas adonan, lalu ratakan.

Taburi keju mozarella di atas topping pizza. Jika, kamu suka, bisa juga tambahkan dengan taburan keju parmesan dan parsley kering agar lebih nikmat.

7. Panggang di dalam oven hingga matang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/food-3343520_1920-595x397.jpg

Panggang pizza di dalam oven hingga matang. (Foto: Pixabay)

Terakhir, panggang adonan di dalam oven. Atur oven dengan suhu 180°C, lalu panggang adonan pizza selama 30 menit atau hingga matang. Setelah matang, keluarkan pizza dari loyang lalu potong sesuai selera dan langsung sajikan selagi hangat.

5 pilihan topping sehat untuk bikin pizza rumahan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/sayurbox-resep-pizza-rumahan-pixabay-pizza-1209748_640-595x356.jpg

Pilihan topping sehat untuk bikin pizza rumahan (Gambar : Pixabay)

1. Memadukan nanas dan ayam sebagai topping

Topping ini disebut juga Hawaiian Pizza, menggunakan nanas dan juga daging ayam sebagai topping utama. Menghasilkan rasa yang segar namun gurih, sehat karena protein dari ayam dan juga serat dari nanas yang baik untuk tubuh.

2. Aneka keju sebagai topping

Anak-anak akan lebih menyukai pizza yang tidak banyak mengandung sayur, caranya agar pizza tetap sehat adalah dengan menggunakan keju sebagai alternatif. Kandungan kalsium dalam keju dapat memenuhi kebutuhan mineral untuk anak, lho.

3. Aneka olahan daging merah sebagai topping

Pizza dengan topping daging mungkin akan terdengar menarik dan juga cocok untuk dijaidkan topping sehat pizza rumahan kamu, daging merah tinggi akan zat besi dan juga vitamin B-kompleks yang sangat baik untuk pertumbuhan anak.

4. Olahan ayam bumbu BBQ sebagai topping

Kalau sudah bosan ayam diolah itu-itu saja sebagai topping pizza, coba tambahkan bumbu BBQ sebagai pelengkap ayam agar menambah rasa gurih dan lezat pada pizza.

5. Jamur, tomat dan paprika sebagai topping

Mungkin topping pizza satu ini terdengar kurang menarik, tapi sudah pasti sehat untuk dikonsumsi. Olah jamur, tomat dan paprika dengan bumbu yang memiliki rasa gurih dan tambahkan keju mozarella sebagai pelengkap.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara bikin pizza rumahan ini? Yuk, beli bahan-bahan untuk membuat pizza di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox