6 Camilan Rendah Kalori, Sehat dan Lezat!

Waktu makan belum tiba, tetapi perut sudah keroncongan. Kalau sudah begini, salah satu solusinya adalah mengonsumsi camilan. Namun, pernahkah Sayurfriends memperhitungkan berapa kalori yang terkandung di camilan kesukaan kalian? Camilan gurih, manis, atau yang diproses dengan cara digoreng memang enak, tetapi kalorinya cenderung tinggi. Kelebihan kalori akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut, pastikan Sayurfriends mengonsumsi camilan rendah kalori, ya!

Ada berbagai camilan rendah kalori yang bisa Sayurfriends konsumsi. Tidak hanya lebih menyehatkan, camilan-camilan ini juga memiliki rasa yang lezat. Yuk, cek di bawah ini!

1. Kacang Almond Panggang

Kacang Almond. Foto: Pixabay

Tahu nggak sih, camilan rendah kalori yang satu ini digolongkan sebagai superfood karena nutrisinya yang luar biasa! Kacang almond mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, vitamin E yang mengurangi kadar kolesterol jahat, magnesium yang menstabilkan tekanan darah, serta kadar indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan kacang jenis lainnya. Dengan demikian, kacang ini aman banget dikonsumsi orang dengan hipertensi atau diabetes.

Oh iya, tanpa perlu ditambahkan garam pun rasa kacang ini sudah enak, lho!

2. Edamame Rebus

Kacang edamame mengandung isoflavon, yaitu suatu antioksidan yang berkhasiat mencegah osteoporosis, hipertensi, dan meredakan gejala menopause. Selain itu, camilan rendah kalori yang juga baik dikonsumsi dengan cara dikukus ini kaya akan serat, sehingga menyehatkan saluran pencernaan dan menjaga bobot tubuh ideal.

Yang nggak kalah keren, dengan mengonsumsi 53 gram edamame saja, Sayurfriends sudah memenuhi 10% kebutuhan zat besi harian. Zat besi berperan penting dalam mencegah dan mengatasi anemia, mencegah infeksi, menjaga daya tahan tubuh, serta mengantarkan oksigen ke otot dan otak.

3. Ubi Cilembu Rebus

Camilan rendah kalori selanjutnya adalah ubi cilembu yang dimasak dengan cara direbus tanpa diberi bahan tambahan. 100 gram ubi cilembu cuma mengandung 86 kalori, lho! Selain mengenyangkan tanpa membuat bobot tubuh naik secara drastis, ubi cilembu juga baik untuk kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Kandungan antioksidannya pun berkhasiat melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Meski rasanya manis, ubi cilembu sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi orang dengan diabetes karena kandungan serat tidak larutnya bisa menyeimbangkan kadar gula darah.

Nilai plus lainnya dari camilan rendah kalori yang satu ini adalah gampang ditemukan di supermarket, pasar tradisional, dan tentu saja Sayurbox!

4. Telur Rebus

(Foto: Pixabay)

Kalau Sayurfriends ingin mengonsumsi makanan yang mengandung 9 asam amino esensial, telur adalah jawaban yang tepat. Selain itu, telur juga merupakan sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, selenium yang memelihara kesehatan mata, serta protein yang membantu Sayurfriends merasa kenyang lebih lama. Pas banget kan untuk mengganjal perut?

Bahan bakunya gampang banget ditemukan, nutrisinya lengkap, cara membuatnya pun gampang. Telur rebus pasti bisa Sayurfriends jadikan camilan rendah kalori sehari-hari!

5. Apel Segar

Siapa nih, yang suka apel? Buah dengan rasa manis dan tekstur renyah ini baik Sayurfriends konsumsi secara rutin karena tinggi akan vitamin C yang mencegah sariawan, mempercantik kulit, serta menyehatkan paru-paru. Apel juga mengandung quercetin, suatu jenis antioksidan yang berkhasiat mencegah Alzheimer. Kandungan antioksidannya juga menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah berbagai jenis kanker.

Untuk merasakan khasiat buah ini secara optimal, Sayurfriends bisa mengonsumsi buah ini secara langsung, mengolahnya menjadi jus tanpa tambahan pemanis, atau menjadikannya buah potong dengan olesan selai kacang yang nggak mengandung garam. Hmm, enak!

6. Plain Yogurt

Camilan rendah kalori yang terakhir adalah plain yogurt! Jika Sayurfriends memiliki masalah pencernaan, mulai dari sembelit sampai sindrom iritasi usus besar, plain yogurt kaya akan probiotik yang membantu mengatasi gejalanya. Kandungan protein dan vitamin D di dalamnya juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan mendukung pertumbuhan otot.

Karena teksturnya yang lembut dan kenyal, yogurt plain mudah dikonsumsi semua usia, mulai dari bayi sampai orang lanjut usia. Teksturnya ini juga membuat Sayurfriends merasa kenyang lebih lama, lho!

Gimana, Sayurfriends? Camilan rendah kalori di atas mudah sekali diperoleh, kan? Yuk, pelan-pelan kita membangun kebiasaan baik yang bisa membawa kebaikan bagi diri sendiri dalam jangka panjang!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Copyright © 2023, Sayurbox