Ini 5 Nutrisi untuk Tubuh yang Harus Dipenuhi saat Berpuasa

Tidak terasa, bulan Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Kewajiban sebagai seorang muslim tentunya adalah menjalankan puasa sebulan penuh lamanya. Namun, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan atau tidak semangat menjalankan aktivitas. Asalkan nutrisi tubuh kamu terpenuhi, pastinya aktivitas sehari-hari dapat kamu jalani seperti biasa tanpa harus takut tubuh terasa lemas. Menjaga asupan nutrisi untuk tubuh saat berpuasa memang penting. Mengingat, asupan nutrisi hanya bisa kamu dapatkan dua kali saja setiap harinya, yaitu sahur dan berbuka puasa saja. Lantas, apa saja nutrisi untuk tubuh yang harus dipenuhi saat berpuasa? Simak ulasannya berikut ini.

Ini nutrisi untuk tubuh yang harus dipenuhi saat berpuasa

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/food-1245685_1920-595x396.jpg
Nutrisi untuk Tubuh yang Harus Dipenuhi saat Berpuasa. (Foto: PIxabay)

1. Protein

Asupan nutrisi yang pertama yaitu, protein. Mungkin kamu sering cukup familiar dengan kata protein, tapi tahukah kamu apa saja manfaat protein bagi tubuh, khususnya saat tubuh sedang menjalani puasa?
Protein sangat diperlukan untuk mendapatkan glikogen. Nantinya, glikogen akan kembali diolah menjadi sumber energi. Tak hanya sebagai sumber energi, protein juga berperan dalam menjaga rasa kenyang lebih lama. Hal ini tidak lain karena protein bernama peptida yang berfungsi menghalangi syaraf MOR (Mu Opioid Receptor) untuk mengirim sinyal rasa lapar pada otak.
Untuk mencukupi asupan protein saat berpuasa, kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi telur, kacang-kacangan, daging, maupun produk susu. Nilai asupan minimum protein pada tubuh manusia, setidaknya pada angka 10 hingga 20% dari kebutuhan konsumsi kalori harian.

2. Karbohidrat

Asupan yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Karbohidrat memiliki peran sebagai sumber energi utama tubuh. Saking pentingnya, kurangnya asupan karbohidrat akan membuat tubuh terasa lemas dan lesu. Terbayang, kan, kalau kamu kekurangan asupan nutrisi ini saat sedang berpuasa?
Saat menjalankan ibadah puasa, pastikan saat sahur kamu mengonsumsi karbohidrat kompleks, contohnya nasi merah, gandum utuh, atau nasi coklat. Karbohidrat jenis ini mengandung tiga atau lebih zat gula yang disebut polisakarida.
Lain halnya ketika berbuka puasa, disarankan kamu mengonsumsi jenis karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini yaitu karbohidrat yang hanya mengandung satu atau dua jenis gula saja, seperti fruktosa (yang terdapat pada buah) dan galaktosa (pada produk-produk susu). Keunggulan karbohidrat sederhana yaitu lebih mudah dicerna tubuh, sehingga bisa memberikan energi lebih cepat.

3. Serat

Saat berpuasa, menjaga asupan serat juga tak kalah pentingnya. Apalagi, ketika berpuasa pola dan kebiasaan makan umumnya juga akan berubah. Misalnya saja, saat berbuka puasa kamu hanya menyantap gorengan yang minim serat. Walaupun kamu mengonsumsi dalam jumlah yang banyak, tetap saja hal itu tidak diperbolehkan.
Serat tidak hanya membantu menjaga sistem pencernaan tubuh, namun juga berperan dalam menjaga tubuh merasa kenyang lebih lama. Dari sisi medis, serat juga berfungsi menurunkan kadar kolesterol dan menjaga keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan terjaganya kondisi gula dalam darah, maka tubuh akan terlindung dari berbagai risiko penyakit.
Sumber serat terbaik bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Selain itu, beras merah dan beras coklat juga bisa menjadi alternatif memenuhi kebutuhan serat sekaligus sebagai sumber karbohidrat kamu.
Ingin memenuhi nutrisi untuk tubuh selama berpuasa? Yuk, beli berbagai macam sayuran dan buah-buahan segar dan sehat di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Lemak

Tak selamanya lemak berkonotasi buruk. Apalagi, stigma mengenai lemak kerap disangkutpautkan dengan penyakit dan obesitas. Padahal, ada lemak baik atau yang dikenal dengan lemak HDL, lho. Lemak sendiri bisa diibaratkan sebagai cadangan sumber energi. Saat berpuasa, pastinya sumber energi akan dimanfaatkan dari cadangan lemak dalam tubuh.
Lemak baik atau lemak HDL bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi ikan, biji-bijian, atau minyak zaitun. Jenis buah-buahan segar yang mengandung sumber lemak HDL, misalnya saja pada buah alpukat.

5. Vitamin dan Mineral

Untuk menjaga metabolisme tubuh tetap sehat dan berjalan lancar, maka asupan vitamin dan mineral juga harus tetap terjaga. Dalam kondisi normal, kekurangan vitamin dan mineral bisa menimbulkan masalah kesehatan. Apalagi, jika kondisi tersebut terjadi saat tubuh sedang berpuasa?
Beberapa jenis vitamin dan mineral penting yang wajib kamu penuhi kebutuhannya yaitu, vitamin C, vitamin A, dan zinc. Vitamin C berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh atau yang bisa disebut imunitas. Sumber vitamin C terbaik bisa kamu dapatkan dari buah-buahan segar seperti jeruk, kiwi, atau buah dan sayuran segar lainnya. Untuk vitamin A, kamu bisa dapatkan dengan mengonsumsi hati sapi, susu, bayam, atau wortel.
Lain halnya dengan zinc. Mineral yang satu ini berperan dalam menangkal bakteri serta virus penyebab timbulnya berbagai macam penyakit. Mineral bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan hewani, misalnya saja daging sapi, domba, kalkun, atau ayam.
Sedangkan sumber zinc dari seafood misalnya saja dari udang, salmon, atau tiram. Untuk sumber zinc nabati, kamu bisa dapatkan dengan mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, jamur, dan bawang putih.
Dengan menjaga asupan lima nutrisi di atas, maka tubuh akan lebih kuat dalam menjalani aktivitas dan ibadah di bulan puasa. Pastikan kamu tetap menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi sayuran, daging, dan buah-buahan segar setiap berbuka puasa atau saat sahur agar kebutuhan nutrisi harian tubuh kamu terjaga dan terpenuhi.
Jadi, kamu ingin memenuhi nutrisi untuk tubuh selama berpuasa? Yuk, beli berbagai macam sayuran dan buah-buahan segar dan sehat di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg