Hindari Bahan Kimia, Ini 5 Cara Mengusir Nyamuk dengan Sereh

Serbuan nyamuk memang menjadi hal yang sangat menyebalkan. Istirahat menjadi tidak tenang, beraktivitas pun jadi terganggu. Banyak orang memilih jalan pintas yang praktis dalam mengatasi serangan nyamuk di rumah, yakni menggunakan bahan kimia untuk mengusirnya. Mulai dari obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, hingga jenis obat nyamuk elektrik. Cara ini memang cukup ampuh dalam mengatasi gangguan dari nyamuk, akan tetapi tentu saja membawa efek samping sebagaimana penggunaan bahan kimia pada umumnya. Residu dari obat nyamuk kimia kerap kali tetap menempel di ruangan, sehingga bagi beberapa orang bisa menimbulkan gangguan pernafasan yang serius. Lantas, bagaimana solusinya? Sebenarnya, ada banyak sekali bahan alami yang mampu mengusir nyamuk dan tentu lebih aman bagi kesehatan. Salah satunya yang mudah untuk didapatkan adalah daun sereh. Ingin tahu bagaimana cara mengusir nyamuk dengan sereh? Yuk, simak di bawah ini.

Ini cara mengusir nyamuk dengan sereh

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/serai-conven-595x339.jpg
Hindari Bahan Kimia Menggunakan Cara Mengusir Nyamuk dengan Sereh. (Foto: Dok. Sayurbox)

1. Taruh daun sereh di kamar

Ini merupakan cara mengusir nyamuk dengan sereh yang paling mudah dalam memanfaatkan khasiat daun sereh untuk mengusir serangan nyamuk. Caranya, ambil beberapa batang daun sereh. Potong tipis-tipis, kemudian letakkan di wadah terbuka. Kamu bisa membaginya dalam beberapa wadah, lalu letakkan wadah tersebut di bawah ranjang dan sisi serta sudut lain ruangan yang biasanya dihuni nyamuk. Jangan khawatir bila daun mengering, sebab semakin kering daun sereh justru akan semakin ampuh mengusir para nyamuk.

2. Mengoleskan minyak sereh di kulit

Pada dasarnya, sereh mengandung komponen minyak atsiri, salah satunya adalah citronella. Citronella ini telah teruji melalui banyak penelitian untuk khasiatnya sebagai pembunuh serangga alias insektisida. Hal ini membuat sereh dapat digunakan sebagai bahan anti nyamuk.
Citronella ini yang memberikan bau khas pada sereh, memberikan efek menenangkan bila digunakan, sekaligus membuat nyamuk mati. Untuk mendapatkan khasiat citronella, kamu dapat mengolah sereh menjadi minyak yang bisa dioleskan ke bagian tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk.
Cara membuat minyak sereh relatif mudah. Siapkan minyak kelapa dan beberapa daun sereh yang telah dibersihkan. Potong daun sereh menjadi bagian kecil-kecil, kemudian masukkan bersama dengan minyak kelapa dalam panci kecil.
Panaskan dengan menggunakan api paling kecil selama kurang lebih satu jam dalam kondisi tertutup. Setelah itu, matikan kompor. Tunggu hingga minyak menjadi dingin, kemudian saring untuk menyisihkan ampas daun sereh yang tersisa. Tuang minyak sereh ke dalam botol, simpan dan gunakan bila dibutuhkan.
Minyak sereh ini dapat digunakan setiap hari karena berbahan dasar alami, sehingga tidak menimbulkan efek samping. Akan tetapi, pastikan untuk mengetesnya dengan menuangkan sedikit di bagian tertentu. Apabila terasa panas dan tak nyaman, maka bisa jadi kulitmu sensitif sehingga tak dianjurkan untuk mengaplikasikan minyak sereh ini secara langsung di kulit. 

3. Gunakan minyak sereh dalam diffuser

Saat ini, penggunaan diffuser sangat populer di Indonesia. Selain untuk menyebarkan wewangian ke seluruh ruangan sebagai aromaterapi, beberapa diffuser juga memiliki fungsi membersihkan udara di ruangan. Bagi kamu yang berkulit sensitif ataupun tidak suka mengoleskan minyak sereh ke seluruh ruangan, kamu bisa mencoba menggunakannya dengan diffuser.
Caranya, cukup tuangkan 3-5 tetes minyak sereh dalam air di diffuser. Wangi minyak sereh yang menyebar ke seluruh ruangan dijamin akan membuat nyamuk tidak berani singgah ke ruanganmu.
Ingin mencoban cara mengusir nyamuk dengan sereh di rumah? Yuk, beli sereh di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Menuangkan minyak sereh di wadah

Bila tak memiliki alat diffuser, kamu bisa menuangkan minyak sereh dalam wadah kecil untuk diletakkan di tempat-tempat tertentu yang biasa dihuni nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan sereh ini juga cukup efektif karena wangi minyak sereh cukup tajam sehingga dapat menghalau nyamuk.
Kekurangannya, kamu akan membutuhkan minyak sereh dalam jumlah banyak untuk penggunaan sehari-hari, sebab wangi minyak sereh cenderung lebih tidak tahan lama dan butuh lebih banyak dibanding menggunakan diffuser yang hanya butuh 3-5 tetes saja setiap penggunaan.

5. Membuat lilin aromaterapi sereh

Cara mengusir nyamuk dengan sereh lain adalah dengan membuat lilin aromaterapi sereh. Untuk membuatnya, kamu harus menyiapkan serpihan lilin atau parafin, sumbu, wadah lilin, serta tentunya minyak daun sereh. Lelehkan serpihan lilin, kemudian campurkan 30-40 tetes minyak sereh di dalamnya. Tuangkan dalam wadah dan pasang sumbu.
Kamu bisa berkreasi dengan menggunakan jenis wadah yang unik sehingga lilin aromaterapi sereh ini tak hanya berfungsi sebagai pengusir nyamuk, melainkan juga dapat menjadi pewangi ruangan sekaligus hiasan.
Itu dia 5 cara mengusir nyamuk dengan sereh. Ingin segera mencobanya di rumah? Yuk, beli sereh di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg