Cari Tahu 10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan Tubuh

Kategori
Sereh atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan serai adalah salah satu jenis daun yang paling terkenal di Indonesia karena kebermanfaatannya. Tahukah kamu kalau sereh dapat digunakan untuk mengusir nyamuk? Betul, para peneliti menemukan kandungan dalam sereh berupa zat sitronela yang efektif dalam mengusir nyamuk. Selain keampuhannya dalam mengusir nyamuk, sereh juga merupakan salah satu rempah-rempah yang paling sering digunakan di dalam makanan atau minuman kita sehari-hari. Hal ini karena aroma khas sereh yang menyerupai lemon membuat cita rasa santapan kita menjadi lebih lezat dan juga karena sereh memiliki berbagai macam khasiat baik bagi tubuh kita, lho! Yuk, simak ini 10 manfaat sereh untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu.

Ini manfaat sereh untuk kesehatan tubuh

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/lemongrass-1713240_1920-595x397.jpg
Manfaat Sereh untuk Kesehatan Tubuh. (Foto: Pixabay)

1. Baik untuk pencernaan

Sereh sangat baik untuk pencernaan. Sereh memiliki kandungan zat yang dapat membantu mengatasi sakit perut, kembung, sembelit, menjaga agar fungsi pencernaan tetap lancer dan berbagai macam pencernaan lainnya. Salah satu kandungan dalam sereh yang disebut citral membantu kita dalam mencerna makanan yang kita santap.

2. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Sereh kaya akan berbagai vitamin, seperti vitamin A dan C. Vitamin tersebut merupakan nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Sereh dapat membersihkan kulit, merawat tekstur berminyak, mensterilkan pori-pori dan memperkuat jaringan kulit. Dengan mengonsumsi sereh, rambut juga dapat menjadi lebih indah daripada sebelumnya.

3. Mengatasi nyeri haid

Bagi para perempuan, nyeri saat menstruasi sangat menyakitkan sehingga terkadang mengganggu aktivitas sehari-hari. Teh sereh menjadi salah satu pilihan untuk mengurangi nyeri tersebut! Apabila sereh diolah menjadi teh, air rebusannya dapat menjadi obat alami dalam mengatasi kram selama menstruasi dan kembung. Efek dari teh sereh membantu menenangkan nyeri yang terjadi pada perempuan.

4. Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan bahan alami, sereh menjadi salah satu pilihannya. Air rebusan sereh mampu melancarkan metabolisme karena kandungan polifenol dalam daun dan batang sereh meningkatkan pengeluaran lemak sehingga berat badan akan menurun. Teh sereh akan membantumu dalam membakar banyak kalori. Namun, jumlah konsumsi teh sereh ini harus diperhatikan agar tidak berlebih dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

5. Detoksifikasi tubuh

Sereh dikenal kayak akan antioksidan. Dengan adanya antioksidan maka sereh akan membantu mengeluarkan racun tubuh dari dalam atau disebut sebagai proses detoksifikasi. Sereh juga dikenal sebagai diuretik yang mana dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan urin atau melancarkan proses buang air kecil. Diuretik ini akan membersihkan ginjal sehingga fungsinya dapat lebih bekerja secara lebih optimal.
Ingin mencoba manfaat sereh untuk kesehatan tubuh? Yuk, beli sereh di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Mengatur tekanan darah

Apabila kamu mengalami darah tinggi, maka mengonsumsi sereh adalah langkah yang tepat. Sereh adalah formula alami untuk dapat mengatur tekanan darah tinggi. Di dalam sereh terkandung zat yang disebut kalium, yang mana dapat meningkatkan produksi urin, merangsang sirkulasi darah sekaligus menurunkan tekanan darah. Sereh juga dapat membatasi penyerapan kolestrol sehingga akan menyehatkan jantung.

7. Mengatur fungsi otot

Selain mengatur tekanan darah, kalium yang terkandung dalam sereh juga dapat mengatur fungsi otot, jantung dan saraf agar berjalan secara baik. Fungsi zat ini dibantu dengan keberadaan magnesium pada sereh yang juga baik untuk tulang. Dengan mengonsumsi sereh, maka tulang akan lebih kuat.

8. Mengatasi kecemasan atau depresi

Minyak sereh dikatakan mampu digunakan sebagai aromaterapi untuk mengatasi kecemasan yang berlebihan. Mengonsumsi teh sereh dianggap mampu untuk membuat tubuh jauh lebih rileks dan tidak tegang dibandingkan dengan mengonsumsi teh biasa. Aroma sereh yang khas akan lemon dikatakan memiliki efek yang menenangkan, membantu pikiran agar rileks serta membantu mengurangi kasus insomnia akibat kecemasan yang tak terkontol.

9. Mengurangi risiko penyakit kanker

Selain melancarkan pencernaan, citral yang terkandur dalam sereh juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. Keberadaan zat ini mampu untuk melawan sel kanker yang menyerang tubuh.

10. Meningkatkan kadar sel darah merah

Berdasarkan studi yang dilansir oleh Medical News Today, apabila sereh dijadikan sebagai komponen dalam minuman infused water setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Maka dari itu, sel darah merah dalam tubuh akan meningkatkan dengan mencampurkan sereh dalam kadar minuman infused water.
Itulah manfaat konsumsi sereh bagi kesehatan tubuh. Ternyata sereh memiliki banyak manfaat yang sangat bervariasi, ya! Tunggu apa lagi? Segera konsumsi sereh untuk dapat merasakan khasiat-khasiat yang telah disebutkan di atas! Yuk, beli sereh di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg