Agar Nutrisinya Tetap Terjaga, Ini 5 Cara Mengolah Kentang yang Sehat

Kategori
Hidangan klasik dari kentang yang paling terkenal dan paling banyak dikonsumsi adalah french fries atau kentang goreng. Satu porsi kecil makanan cepat saji seperti french fries, hash brown, dan curl fries berisi rata-rata 200-340 kalori. Dari nilai kalori ini, biasanya tersimpan sekitar 8-17 gram lemak, dengan sekitar 1,5 sampai 3,5 gram lemak jenuh untuk seporsi kecil kentang goreng. Sebenarnya nutrisi pada kentang sangat baik bagi tubuh, terdapat kandungan seperti karbohidrat, serat, protein, antioksidan, kalium, folat, vitamin B6, dan vitamin C. Jika kamu ingin mengonsumsi kentang dan mendapatkan nutrisinya. Yuk, simak agar nutrisinya tetap terjaga, ini 5 cara mengolah kentang yang sehat di bawah ini.

Ini cara mengolah kentang yang sehat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/potato-544073_1920-595x417.jpg
cara mengolah kentang yang sehat. (Foto: Pixabay)

1. Rebus Kentang dengan Kulitnya

Kentang yang direbus tanpa kulit dapat menurunkan kandungan nutrisinya seperti vitamin C dan vitamin B akan hilang dalam proses perebusan. Meminimalkan waktu memasak juga dapat membantu menurunkan kehilangan nutrisi.
Hindari memasak kentang dengan panas tinggi untuk waktu yang lama. Merebusnya dengan kulit dapat menghemat nutrisi yang mungkin hilang dalam air rebusan. Alih-alih mengeringkan air berlebih, cobalah untuk menggunakan air minimal seperti mengukus. Pastikan untuk berhenti memasak kentang begitu empuk, bukan sampai lembek.

2. Membuat Keripik Kentang Sendiri

Untuk membuat keripik kentang menggunakan oven sendiri, Panaskan pven dengan suhu lebih dari 200 derajat C. Masak kentang dalam air mendidih selama 5 menit. Tiriskan, keringkan, dan potong menjadi keripik kentang.
Gosok nampan antilengket dengan sedikit minyak. Aduk keripik dalam telur kocok putih 1 butir telur. Buang adonan berlebih dan atur keripik di atas nampan. Panggang selama 35 menit, balikkan kentang pada setengah waktu memasak.

3. Panggang Kentang dengan Kulitnya

Memanggang kentang dengan kulitnya, adalah salah satu cara paling sehat untuk memasak kentang. Kentang utuh dan kentang panggang dengan kulit adalah bentuk paling murni karena proses ini daging kentang menyediakan serat dan kalium ekstra. Oleskan dengan minyak zaitun lalu bumbui dengan garam dan merica. Bungkus kentang di dalam alumunium foil terlebih dahulu sebelum memanggang untuk mempertahankan semua nutrisi kentang.
Panggang dalam oven 450 derajat C, selama 15-20 menit, balik sekali untuk memastikan kentang berwarna kecoklatan di semua sisi. Sebuah kentang panggang dengan kulit memberikan 4 g serat dan lebih dari 900 mg kalium. Sajikan kentang panggang dengan topping yogurt Yunani, brokoli, maupun saus salsa.
Ingin mencoba cara mengolah kentang yang sehat ini? Yuk, beli kentang di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Mashed Potatoes

Buatlah hidangan kentang tumbuk untuk menjaga nutrisi kentang. Alih-alih mentega, tumbuk kentang dengan susu krim dan yogurt rendah lemak. Ini masih akan memberi kentang tekstur lembut yang pasti kamu sukai dan mengurangi penambahan kalori ekstra dari mentega. Haluskan dengan kembang kol kukus dan daun sage untuk cita rasa yang berbeda.
Jika kamu ingin membuat kentang tumbuk yang lebih sehat lagi, kamu bisa terlebih dulu merebus kentang bersama enam siung bawang putih. Tiriskan dan haluskan kentang beserta bawang putih tersebut, dan tambahkan garam, lada hitam, bawang merah iris, dan tiga sendok makan minyak zaitun.

5. Salad Kentang

Cara terakhir untuk mengolah kentang agar tetap menjaga nutrisinya adalah dengan membuat salad kentang. Ganti mayonaise penuh kalori dengan plain yogurt rendah lemak atau greek yogurt untuk membuat salad kentang yang lebih menyegarkan.
Potong kentang menjadi potongan-potongan kecil dan campurkan dengan yogurt tawar, tambahkan bawang putih, seledri, paprika merah, dan acar dill cincang. Taburi dengan garam dan merica, lalu aduk hingga merata.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara mengolah kentang yang sehat ini? Yuk, beli kentang di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg