7 Cara Membuat Yoghurt yang Sehat dan Praktis di Rumah

Kategori

Siapa yang tak kenal yoghurt? Makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi ini sudah pasti tak asing lagi. Yoghurt mengandung banyak protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, yoghurt juga merupakan makanan yang baik bagi pencernaan karena mengandung bakteri baik lactobacillus, berbagai jenis mineral serta vitamin B. Rasa yoghurt yang asam segar dan tekstur lembutnya memang membuat banyak orang menggemarinya. Tak hanya nikmat bila dikonsumsi langsung, yoghurt juga lezat bila diolah dan dicampurkan dengan jenis makanan lain. Bagi kamu yang tertarik untuk mengonsumsi yoghurt, berikut 7 cara membuat yoghurt yang sehat dan praktis di rumah. 

Kandungan gizi yoghurt per 100 gram:

·
Kalori (kcal) 58
·
Jumlah Lemak 0.4 g
·
Jumlah Lemak 0.4 g
·
Lemak tak jenuh ganda 0 g
·
Lemak tak jenuh tunggal 0.1 g
·
Lemak trans 0 g
·
Kolesterol 5 mg
·
Natrium 36 mg
·
Kalium 141 mg
·
Jumlah Karbohidrat 3.6 g
·
Serat pangan 0 g
·
Gula 3.2 g
·
Protein 10 g
·
Vitamin A 4 IU
·
Kalsium 110 mg
·
Vitamin D 0 IU
·
Vitamin B12 0.8 µg
·
Vitamin C 0 mg
·
Zat besi 0.1 mg
·
Vitamin B6 0.1 mg
·
Magnesium 11 mg

Ini cara membuat yoghurt yang sehat dan praktis

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/milk-2962198_1920-595x434.jpg

Cara Membuat Yogurt yang Sehat dan Praktis di Rumah. (Foto: Pixabay)

1. Homemade Yoghurt

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/fit-1905731_640-595x396.jpg

Sumber Foto: Pixabay

Kamu bisa membuat sendiri yoghurt favoritmu di rumah, tentunya lebih sehat dan juga hemat. Yang kamu butuhkan hanya 1 liter susu full cream dan 200 gram yoghurt tawar. Siapkan juga pengocok telur alias whisk, panci dan penutupnya, serta gelas pengukur. Cara membuatnya, hangatkan susu full cream dengan api sedang. Aduk terus dengan menggunakan whisk agar tidak meluap ketika mendidih. Matikan api bila bagian atasnya sudah membentuk lapisan putih. Aduk kembali.

Sementara itu, siapkan mangkuk dan tuang yoghurt ke dalamnya. Kemudian, tuang susu yang panas dalam mangkuk. Aduk rata menggunakan whisk hingga susu dan yoghurt bercampur dan tidak menggumpal. Setelah menyatu, masukkan ke dalam oven kurang lebih selama 4 jam hingga susu berubah bentuk menjadi lebih padat dan kental.

2. Greek Yoghurt

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-life-of-pix-128865-595x395.jpg

Sumber Foto: Pexels

Greek yoghurt adalah jenis yoghurt yang disaring, sehingga teksturnya mengental. Rasanya tidak jauh berbeda dengan yoghurt biasa, namun kandungan lemaknya lebih rendah sehingga banyak digemari mereka yang tengah menjalani diet. Berikut cara membuat greek yoghurt di rumah. 

Untuk membuatnya, siapkan yoghurt tawar sebanyak 500ml, plastic wrap, saringan besar, saringan keju, serta mangkuk. Persiapkan mangkuk. Letakkan saringan besar, tutup dengan saringan keju pada bagian atasnya. Tuang yoghurt, lalu tutup bagian yang telah disaring dengan menggunakan plastic wrap. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam, kemudian keluarkan yoghurt dan tuang ke gelas atau mangkuk untuk disajikan. 

3. Yoghurt Rice Cooker

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-buenosia-carol-4428345-595x335.jpg

Sumber Foto: Pexels

Apabila kamu anak kost dan ingin membuat yoghurt tetapi tidak punya alat masak ataupun dapur yang layak, maka resep yang satu ini dapat kamu coba karena menggunakan alat yang banyak dimiliki oleh anak kost, yaitu rice cooker alias penanak nasi elektrik. Caranya, siapkan 1 gram yoghurt starter, rice cooker, sendok, 1 liter susu UHT jenis whole milk, mangkuk yang tahan panas, termometer makanan, serta toples kecil. Set rice cooker pada posisi warm, kemudian tuangkan air sebanyak kurang lebih 600 ml ke dalam rice cooker. Selanjutnya, tuangkan susu cair dan diamkan selama 40 menit.

Setelah itu, masukkan starter yoghurt dalam susu yang telah hangat. Aduk hingga merata dan tutup kembali. Balut rice cooker dengan handuk tebal, lalu diamkan hingga 11 jam. Setelah itu, aduk yoghurt, kemudian saring untuk memisahkan yoghurt dan endapannya. Tuangkan yoghurt dalam toples kecil yang telah disiapkan. Simpan di dalam kulkas dan kamu pun bisa mengonsumsi yoghurt bikinan sendiri kapan saja kamu suka. 

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Yoghurt Mangga

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/sauce-4171459_640-595x396.jpg

Sumber Foto: Pixabay

Selain lezat bila disantap langsung, memadukan yoghurt dengan buah-buahan juga menimbulkan citarasa segar yang menggiurkan. Salah satu buah yang cocok dipadukan dengan yoghurt adalah buah mangga. Rasa mangga yang segar dengan sedikit sentuhan asam tentu sangat pas bila dikombinasikan dengan asamnya yoghurt yang khas. Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni sebagai berikut. 

Siapkan 1 buah mangga ukuran besar dan pepaya ukuran sedang yang telah dipotong dan didinginkan di dalam kulkas, 100 ml air, serta 500 ml yoghurt homemade tanpa gula. Masukkan buah-buahan ke dalam blender, dan tambahkan yoghurt. Tuang air dan blender hingga halus serta bercampur rata. 

5. Es Yoghurt

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/yogurt-bar-1646623_640-595x396.jpg

Sumber Foto: Pixabay

Bosan makan es krim atau makanan dingin yang itu-itu saja? Kamu bisa berkreasi dengan menggunakan yoghurt sebagai bahan utama untuk sajian es. Bahannya relatif sedikit dan gampang ditemukan, yakni yoghurt plain, garam, perasa makanan ataupun sari buah, gula pasir serta air.

Larutkan gula dengan air panas hingga menjadi sirup gula. Saring dan sisihkan hingga mendingin. Tuang sirup gula yang telah dingin dalam yoghurt, tambahkan perasa makanan ataupun sari buah. Aduk hingga merata. Tuang yoghurt dalam cetakan es dan masukkan dalam freezer hingga membeku.

6. Vegan & Paleo Yoghurt

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-buenosia-carol-3752063-595x396.jpg

Sumber Foto: Pexels

Yoghurt yang ini aman untuk para vegan dan juga yang sedang menjalankan diet paleo, karena yoghurt ini bebas produk hewani. Menggunakan coconut milk, dan pemanis alami seperti kurma menjadikan yoghurt ini aman dikonsumsi, menyehatkan dan tetap lezat. Bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemukan seperti kacang mete, coconut milk, kurma, madu dan himalayan salt juga yoghurt starter.

Sebelumnya rendam dulu kacang mete mendah dengan air hangat dan taburkan sedikit garam, rendam selama 6 jam atau 1 malam. Selanjutnya hanya perlu menghaluskan kacang mete bersamaan dengan coconut milk, madu, dan kurma sampai halus dan lembut kurang lebih 1 menit. Masukkan yoghurt starter dan aduk hingga tercampur dan konsistensinya menjadi lebih kental. Dapat juga dimasukkan ke dalam alat pembuat yoghurt agar lebih mudah.

7. Frozen Yoghurt Bites

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/currant-popsicles-5215884_640-595x398.jpg

Sumber Foto: Pexels

Resep yoghurt ini bisa dibuat di rumah untuk ibu yang ingin melatih anaknya mengonsumsi yoghurt secara menyenangkan. Cara ini juga bisa diterapkan untuk kita yang susah menikmati yoghurt dalam kondisi pada umumnya. Caranya gampang banget, cukup masukkan yoghurt rasa apapun ke dalam cetakan es batu dan tambahkan topping atau isian buah kering, jam, atau coklat chips dan masukkan ke dalam freezer selama 1 malam atau 1 hari. Nikmati yoghurt sebagai cemilan yang tiada duanya!

Jadi, cara membuat yoghurt mana yang ingin kamu coba di rumah? Yuk, beli bahan-bahan segar yang kamu butuhkan untuk membuat yoghurt di Sayurbox!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox