Anti Gagal, Ini 5 Cara Membuat Tahu Bulat yang Kopong dan Garing

Kategori

Sering mendengar nyanyian “tahu bulat digoreng dadakan” lewat di depan rumah? Jajanan ini memang sedang cukup populer. Tahu goreng berbentuk bulat ini sering dijajahkan menggunakan mobil keliling dan punya rasa yang gurih dengan tekstur garing. Kamu sering ingin makan tahu bulat tapi tidak kesampaian karena penjualnya tidak lewat di depan rumah kamu? Tidak perlu khawatir, kamu bisa membuat sendiri tahu bulat di rumah. Ternyata mudah dan praktis, lho. Coba, yuk, resep anti gagal ini 5 cara membuat tahu bulat yang kopong dan garing.

Ini cara membuat tahu bulat yang kopong dan garing

1. Siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/slice-the-tofu-597229_1920-595x397.jpg

Cara membuat tahu bulat yang kopong dan garing. (Foto: Pixabay)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat tahu bulat di rumah tentu adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat satu porsi tahu bulat kamu membutuhkan:

·
Tahu putih ukuran besar
·
1 butir telur
·
1 sdt baking soda
·
Garam & kaldu bubuk secukupnya
·
Minyak goreng secukupnya

2. Cuci dan peras tahu hingga kering

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/tofu-4081697_1920-595x334.jpg

Bahan-bahan tahu bulat. (Foto: Pixabay)

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, cara membuat tahu bulat selanjutnya adalah dengan membersihkan tahu. Cuci bersih tahu dengan air yang mengalir. Kemudian peras tahu hingga kering.

Agar lebih mudah, sebelum diperas sebaiknya potong-potong terlebih dahulu tahu hingga ukurannya lebih kecil. Saat memeras tahu pastikan benar-benar kering hingga tidak ada kandungan airnya. Proses ini berguna untuk membuat tahu menjadi kopong dan garing saat digoreng.

3. Ulenin semua campuran bahan hingga menyatu sempurna

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/pexels-polina-tankilevitch-4518581-595x385.jpg

Ulenin semua campuran bahan hingga menyatu sempurna. (Foto: Pexels)

Jika tahu sudah diperas dan teksturnya halus, selanjutnya adalah mencampur semua bahan-bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Campurkan telur, baking soda, garam, dan kaldu secukupnya dengan tahu dalam satu wadah. Kemudian uleni adonan hingga tercampur rata.

Setelah itu, ambil sedikit demi sedikit adonan dan buat adonan menjadi bentuk bulat. Letakkan pada wadah yang permukaannya rata. Bentuk semua adonan hingga habis dan tidak tersisa.

4. Diamkan tahu di kulkas selama 3 jam

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/pexels-polina-tankilevitch-4518583-595x397.jpg

Diamkan tahu di kulkas selama 3 jam. (Foto: Pexels)

Jika adonan tahu sudah berbentuk bulat sebaiknya jangan langsung digoreng. Supaya hasilnya lebih mengembang dan garing, sebaiknya diamkan adonan tahu yang sudah diulenin di dalam kulkas selama kurang-lebih 3 jam.

5. Goreng tahu di minyak yang masih dingin

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/pexels-riki-risnandar-3967347-595x397.jpg

Goreng tahu di minyak yang masih dingin. (Foto: Pexels)

Setelah didiamkan 3 jam di dalam kulkas, kemudian keluarkan adonan dan mulai menggoreng tahu bulat. Cara membuat tahu bulat adalah dengan menggunakan yang masih dingin. Saat menggoreng, pastikan semua bagian tahu terendam minyak dengan sempurna, sehingga minyak minyak yang perlu kamu gunakna cukup banyak.

Saat tekstur tahu sudah mulai mengeras, aduk tahu agar matangnya merata. Selain itu, kamu juga bisa sedikit membesarkan api hingga tahu bulat matang. Jika kamu menggorengnya hingga benar-benar matang, maka tahu tidak akan menciut atau mengkerut setelah dingin.

Supaya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan taburan bumbu balado, barbeque, atau keju. Selain itu, kamu juga bisa menikmati tahu bulat dengan potongan cabai rawit atau kecap.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara membuat tahu bulat ini? Yuk, beli bahan-bahannya di Sayurbox!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox