Tidak Jago Memasak? Ini 5 Cara Membuat Salad Sayur Sederhana

Kategori

Salad sayur menjadi salah satu makanan kesukaan banyak orang karena selain mengandung banyak vitamin dan mineral, salah sayur juga memiliki beragam rasa yang segar. Meski makanan populer ini banyak dijual di toko, tetapi tentu rasa yang diciptakan bila membuat dengan tangan sendiri jauh lebih enak. Apalagi kamu bisa memilih sendiri kualitas sayur dan jenis sayur apa yang mau kamu gunakan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat salad sayur cenderung praktis, cara membuatnya pun tidak sulit. Kamu tidak perlu khawatir bila tidak jago memasak, yuk, coba ini 5 cara membuat salad sayur sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Ini cara membuat salad sayur sederhana

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/lambs-lettuce-3181610_1920-595x397.jpg

Cara Membuat Salad Sayur Sederhana di Rumah. (Foto: Pixabay)

1. Pilih jenis sayuran yang akan kamu gunakan

Cara membuat salad sayur pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis sayur yang akan kamu gunakan. Agar salad sayur buatanmu lebih enak sebaiknya gunakan beberapa jenis sayur sekaligus, seperti kale, bayam baby, lolo rossa, sampai soft herbs seperti basil atau daun ketumbar.

Jenis sayuran yang beraneka akan memberikan rasa yang beragam dan tidak hambar. Lain halnya kalau menggunakan iceburg lettuce akan memberikan sedikit rasa hambar seperti air, karena iceburg memiliki kadar air yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan aneka rasa dan tekstur yang kuat pastikan kamu menggunakan beraneka ragam sayuran.

2. Cuci sayur dan keringkan hingga sempurna

Setelah memilih jenis sayuran yang akan kamu gunakan, cara membuat salad sayur sederhana  selanjutnya adalah mencuci sayuran hingga bersih. Setelah dicuci, sebaiknya keringkan sayur hingga benar-benar kering dan tidak ada bulir air yang tersisa.

Mungkin terlihat sepele tapi sayuran yang kering akan sangat berpengaruh pada rasa salad yang kamu buat. Sayuran yang kering dengan sempurna akan lebih baik menyerap dressing, sayuran yang masih ada airnya akan susah menyerap dressing dan menyebabkan rasa sayur menjadi aneh dan kurang enak. Tipsnya adalah gunakan salad spinner untuk mengeringkan sayur agar keringnya lebih sempurna.

3. Potong sayur dengan ukuran kecil sampai sedang

Salad dengan potongan sayur yang besar bisa menjadi boomerang, karena lebih mengeluarkan rasa sayurnya. Untuk kamu yang kurang menyukai rasa sayur pasti langsung menolak. Ada baiknya potong sayuran dengan potongan yang kecil dan wajar. Pastikan potongan sayurnya tidak mengintimidasi kamu yang menikmati salad. Hal ini juga akan memudahkan dressing untuk memperkuat rasa sayuran pada salad.

Ingin mencoba cara membuat salad sayur sederhana ini di rumah? Yuk, beli sayur dan bahan pelengkap lainnya di Sayurbox!

4. Campurkan dressing, tapi jangan berlebihan

Langkah selanjutnya untuk menyempurnakan salad sayur buatanmu adalah mencampurkan dressing. Namun, sebaiknya kamu tidak mencampurkan dressing terlalu banyak. Pasalnya dressing yang berlebihan justru akan mengubah rasa salad sayur buatanmu, hal ini juga berpengaruh bagi komposisi dressing yang dipakai.

Secara umum dressing mengandung tiga takaran minyak zaitun dan 1 takaran asam, bisa cuka atau perasan lemon. Asam yang berlebihan akan menyebabkan sayuran berubah tekstur dan rasanya. Jika sudah memahami takaran 3:1 ini maka kamu cukup menyesuaikan dressing sesuai selera dengan menambahkan aneka saus lainnya.

5. Sajikan langsung selagi segar

Supaya salad sayur yang kamu buat terasa lebih nikmat, kamu harus menyajikannya langsung setelah dibuat. Salad sayur yang disajikan langsung akan terasa segar dan citarasanya lebih kuat. Selain itu, salad yang masih segar juga masih kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Jika didiamkan terlalu lama sebelum disajikan, khawatir sayur akan berubah warna atau rasanya.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara membuat salad sayur sederhana ini di rumah? Yuk, beli sayur dan bahan pelengkap lainnya di Sayurbox!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox