Cobain Yuk, Ini 5 Cara Membuat Pancake Durian di Rumah

Kategori
Para penggemar durian pastinya pernah mencicipi olahan pancake yang satu ini. Jika belum, tentu belum sah rasanya menyandang predikat penggemar durian. Seperti buahnya, pancake durian memiliki aroma khas dan tekstur krim yang legit. Tak heran, pancake ini menjadi salah satu olahan durian terpopuler. Meski banyak penjual pancake durian yang bisa kamu temui, sayangnya banyak pembeli yang mengeluhkan jika beberapa pancake durian yang pernah mereka cicipi memiliki rasa yang kurang nendang. Entah karena kualitas duriannya, atau mungkin karena durian yang digunakan terlalu sedikit. Jika seperti ini, tentu lebih baik kamu membuat pancake durian sendiri di rumah. Nah, sebelum membahas mengenai cara membuat pancake durian, yuk kenalan dulu dengan pancake yang satu ini.

Asal Mula Pancake Durian

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/01/pexels-maddog-4487992-595x376.jpg
Cara Membuat Pancake Durian di Rumah. (Foto: Paxels)
Kata pancake diambil dari bahasa Belanda, yaitu pannekoek. Pancake merupakan salah satu kue dadar yang dibuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu. Selanjutnya, semua bahan dicampur dengan air sehingga menjadi adonan yang kental.
Setelah itu, adonan akan digoreng atau dipanggang di atas wajan datar panas yang sudah dioles dengan minyak terlebih dahulu. Biasanya, pancake dinikmati dengan mentega atau guyuran sirup maple, selai, keju, dan madu.
Berbeda dengan pancake aslinya, pancake durian menggunakan puree daging durian dengan vla atau krim kocok yang dibalut dengan kulit crepes atau dadar gulung.
Awalnya, kudapan ini berasal dari Kota Medan. Produksinya pun dilakukan oleh pedagang-pedagang kue rumahan di sana. Lambat laun, pancake pun tersebar ke kota-kota besar di sekitarnya. Barulah menyusul ke kota-kota di pulau sebrang, seperti Semarang dan Jakarta.
Ingin mencoba cara membuat pancake durian ini di rumah? Kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuat pancake durian tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Langkah-langkah dan Cara Membuat Pancake Durian

Setelah kamu mengetahui asal mula dan sejarah makanan ini, selanjutnya kamu bisa belajar membuatnya. Tidak sulit, kok. Apalagi, bahan-bahannya pun mudah kamu temukan. Yuk, simak inilah lima cara membuat pancake durian yang mudah dicoba di rumah.

1. Persiapkan beberapa bahan-bahan utama

Pertama, siapkan beberapa bahan berikut ini. Bahan ini terbagi menjadi dua, yaitu untuk kulit dan juga untuk isinya. Untuk membuat kulitnya, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan berikut ini.
·
165 gram tepung terigu protein sedang.
·
1 sdm gula halus.
·
1/2 sdt garam.
·
1 kuning telur.
·
400 ml susu cair.
·
1 sdm mentega leleh dan sedikit pewarna hijau.
Sedangkan untuk isian atau krimnya, bahan-bahannya adalah sebagai berikut.
·
100 gram bubuk whipped cream.
·
200 ml air es.
·
1 buah durian montong.
·
1/4 sdt garam.
·
2 sdm gula halus.

2. Cara membuat adonan kulit pancake

Pertama, campurkan tepung terigu, gula halus, dan garam kemudian aduk-aduk hingga rata. Setelah itu, tambahkan kuning telur, susu cair, dan mentega cair yang sudah diberi pewarna hijau. Aduk terus hingga adonan tercampur rata dan memiliki tekstur licin. Pastikan tidak adonan yang menggumpal.

3. Dadar atau cetak kulit pancake

Saat pencetakan pertama, kamu bisa mengoleskan mentega dengan tipis. Panaskan wajan datar hingga panas, kemudian tuangkan adonan sekitar satu sendok sayur di atasnya dengan api kecil. Buat dadar tipis hingga adonan habis. Saat mengangkat pancake dari wajan, lakukan dengan hati-hati agar kulit pancake tidak rusak atau robek.

4. Buat krim durian sebagai isiannya

Kocok bubuk whipped cream dengan air es. Lalu, tambahkan gula halus dan garam, aduk hingga bahan tercampur rata. Setelah itu, sisihkan adonan.
Nah, di sini kamu bisa berkreasi. Kamu bisa mengombinasikan krim durian dengan bahan-bahan lainnya, seperti coklat, keju, strawberry, madu, atau bahan lain yang kamu sukai.

5. Bentuk dan lipat pancake tersebut

Setelah itu, ambil isian atau adonan krim durian. Letakkan krim di bagian tengah kulit pancake yang sudah dingin. Lanjutkan dengan menambahkan daging durian tepat di atas krimnya. Tambahkan sesuai selera. Jika sudah, lipat kulitnya seperti membentuk amplop hingga adonan krim tertutup sepenuhnya.
Untuk melipat bagian isian dan kulitnya, mulailah dengan melipat ujung bagian bawahnya dahulu ke tengah, lalu lipat ujung bagian atas ke tengah, kemudian ditekan sedikit. Lanjutkan dengan melipat bagian ujung kanan ke tengah, setelah itu bagian kirinya. Simpan dalam chiller, dan pancake durian pun siap untuk disajikan.

Tips Membuat Pancake Durian

Meski terlihat mudah, namun banyak juga lho yang mengalami kegagalan. Entah pada adonan kulit, krim atau mungkin saat melipatnya. Untuk itu, berikut beberapa tips membuatnya.
·
Saat membuat adonan, jangan terlalu sering mengaduknya.
·
Pastikan adonan tidak menggumpal, karena hal ini bisa menyulitkan kamu saat melipatnya nanti.
·
Saat membuat kulitnya, gunakan api kecil saja.
·
Sebelum menuangkan adonan kulit, pastikan wajan sudah dalam kondisi panas dan gunakan api kecil.
·
Jangan mendadar terlalu kering, karena kulit akan mudah patah saat dilipat nanti.
Nah, itulah lima cara membuat pancake durian di rumah. Bagaimana? Mudah, bukan? Apakah kamu tertarik untuk membuatnya? Jika iya, kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuat pancake durian tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
(Siti Kamilla)