5 Cara Membuat Kaldu Sayuran yang Sehat di Rumah

Kategori
Pandangan umum di masyarakat ketika mendengar atau membaca kata kaldu, pasti memikirikan rasa gurih dari produk-produk hewani. Namun, sayur mayur pun bisa kamu jadikan bahan dasar kaldu, cocok sekali untuk kamu yang sedang diet yang menginginkan citarasa gurih namun tidak dari daging atau tulang hewan dan tentunya untuk kamu si vegetarian. Kamu dapat membuatnya dengan bahan-bahan yang sangat mudah yaitu kulit bawang yang biasanya berakhir di tempat sampah, kulit sayuran yang biasanya kamu buang, dan dedaunan sisa yang tidak pernah masuk ke dalam sup buatan kamu, dan bagian lainnya dari sisa sayuran yang sebenarnya bisa kamu olah menjadi kaldu. Membuat kaldu dari sayur juga sangat menyehatkan tubuh, kandungan gizi dan serat dari sayur menjaga kebugaran tubuhmu. Yuk, simak 5 cara membuat kaldu sayuran yang sehat di rumah berikut ini.

Ini cara membuat kaldu sayuran yang sehat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/oil-3112195_1920-595x397.jpg
Cara Membuat Kaldu Sayuran yang Sehat di Rumah. (Foto: Pixabay)
Bawang, wortel, seledri, dan jamur adalah sayuran pemula yang ideal untuk bahan dasar kaldu sayuran, tetapi kamu juga bisa menukarkannya dengan daun bawang atau tomat.

1. Cara pertama, kaldu sayur rasa umami

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/pexels-jenvit-keiwalinsarid-3559899-595x446.jpg
Cara pertama, kaldu sayur rasa umami. (Foto: Pexels)
Bahan-bahan:
·
1 sampai 2 bawang bombay
·
2 hingga 3 wortel
·
3 sampai 4 batang seledri
·
4 hingga 5 tangkai thyme segar
·
1 daun salam
·
1 peterseli kecil segar
·
1 sdt lada hitam
·
daun bawang (terutama bagian hijau), adas, tomat, jamur, batang jamur, parsnip (opsional)
Cara membuat:
·
Kumpulkan sayuran dan rempah-rempah. Bawang bombay, wortel, dan seledri memberikan rasa yang luar biasa. Kamu juga dapat membuat kaldu menggunakan jumlah sayuran apa pun yang kamu miliki, tetapi ada baiknya untuk memiliki masing-masing porsi yang kira-kira sama sehingga kaldu yang dihasilkan akan memiliki rasa yang seimbang.
·
Cincang semua sayuran dengan kasar. Cuci sayuran dan potong-potong kasar. Kamu bahkan tidak perlu mengupasnya terlebih dahulu kecuali kamu benar-benar mau. (beberapa orang bahkan menganjurkan untuk meninggalkan kulit bawang). Masukkan semua sayuran ke dalam panci yang cukup besar lalu tambahkan air secukupnya.
·
Atur panci di atas api sedang-tinggi dan didihkan. Setelah kamu mulai melihat beberapa gelembung di sekitar tepi panci dan beberapa gumpalan uap di permukaan, kecilkan api menjadi sedang-rendah.
·
Didihkan selama sekitar 1 jam. Aduk sesekali untuk mengedarkan sayuran.
·
Saring dan simpan. Ambil panci dari kompor dan buang semua sayuran dengan sendok berlubang. Atur saringan di atas mangkuk besar dan lapisi dengan kain katun tipis. Jika tidak segera digunakan, bagilah kaldu ke dalam wadah penyimpanan, dinginkan sepenuhnya, lalu simpan di freezer.

2. Cara kedua, campuran seledri, bawang, dan wortel

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/soup-express-5005955_1920-595x397.jpg
Cara kedua, campuran seledri, bawang, dan wortel. (Foto: Pexels)
Bahan-bahan:
·
1 sendok makan minyak zaitun
·
1 bawang besar
·
2 batang seledri, termasuk beberapa daun
·
2 wortel besar
·
1 ikat bawang hijau, dicacah
·
8 siung bawang putih, cincang
·
8 tangkai peterseli segar
·
6 tangkai thyme segar
·
2 daun salam
·
1 sendok teh garam
·
2 liter air
Cara membuat:
·
Potong sayuran yang sudah dicuci menjadi potongan berukuran 5cm. Ingat, semakin besar luas permukaan, semakin cepat sayuran menghasilkan rasa.
·
Panaskan minyak dalam panci sup. Tambahkan bawang, seledri, wortel, daun bawang, bawang putih, peterseli, thyme, dan daun salam. Masak dengan api besar selama 5 hingga 10 menit, aduk terus.
·
Tambahkan garam dan air dan didihkan. Turunkan panas dan didihkan, terbuka, selama 30 menit. Regangan. Buang sayuran.

3. Cara ketiga, kaldu sayur gurih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/pexels-shameel-mukkath-5175533-595x496.jpg
Cara ketiga, kaldu sayur gurih. (Foto: Pexels)
Bahan-bahan:
·
1 bawang (dicincang)
·
2 batang seledri (cincang)
·
1 wortel (cincang)
·
1 kentang sedang (dipotong-potong besar)
·
Opsional: 1/3 gelas jamur (dipotong dua)
·
3 hingga 4 siung bawang putih (dihancurkan atau utuh)
·
3 daun salam
·
1 sendok makan kecap asin
·
8 gelas air
·
Garam sedikit
·
Sedikit merica
Cara membuat:
·
Tempatkan semua bahan dalam panci besar dan didihkan.
·
Kurangi panasnya dan biarkan kaldu sayur mendidih setidaknya selama satu jam, tutup panci.
·
Setelah kaldu sayuran kamu matang, saring sayuran dan bawang putih dan angkat daun salam.
Ingin mencoba membuat kaldu sayuran di rumah? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli sayuran segar untuk membuat kaldu di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

4. Cara keempat, kaldu sayuran “sisa”

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/pexels-karolina-grabowska-4020559-595x397.jpg
Cara keempat, kaldu sayuran “sisa”. (Foto: Pexels)
·
Pada resep kali ini, kamu bisa menggunakan sayuran apa pun yang terkadang menjadi sisa saat kamu memasak. Potong sayuran menjadi potongan besar. Tak perlu mengupasnya, karena kulit sayur mengandung banyak nutrisi dan rasa.
·
Masukkan semuanya ke dalam panci besar dan tumis sayuran selama 5 menit. Ini akan menambah rasa ekstra ke kaldu tanpa usaha ekstra dari kamu.
·
Tambahkan air dan didihkan. Setelah mendidih, tutup panci dan biarkan mendidih selama setidaknya 45 menit untuk memungkinkan sayuran untuk memberikan sebanyak mungkin rasa ke dalam kaldu.
·
Saring kaldu sayuran dan gunakan segera atau bekukan untuk digunakan nanti. Jika beku, biarkan kaldu sampai pada suhu kamar sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

5. Cara kelima, kaldu dengan citarasa klasik

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/pexels-polina-kovaleva-5644943-595x390.jpg
Cara kelima, kaldu dengan citarasa klasik. (Foto: Pexels)
Kaldu sayur dimulai dengan dasar klasik seperti bawang bombay, wortel, seledri, dan adas. Kamu juga bisa memasukkan parsnip, bawang perai, atau tongkol jagung. Keringkan sayuran dengan sedikit minyak zaitun; kamu juga bisa memanggangnya dalam oven untuk rasa yang lebih dalam. Ini membantu untuk mencokelatkan sayuran terlebih dahulu, sehingga kaldu akan dibumbui dengan beberapa rasa dari karamelisasi.
Untuk mencapai “umami”, unsur gurih yang membuat segalanya terasa lebih enak, kamu dapat menyertakan jamur kering rehidrasi dan sedikit pasta tomat. Kemudian kita tambahkan air dan bawang putih, daun salam, rosemary, thyme, peterseli, dan merica.
Setelah kamu mengetahui lima cara membuat kaldu sayuran yang sehat di rumah, kamu dapat langsung mencoba resep kaldu sayuran ini. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli sayuran segar untuk membuat kaldu di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!