Ini 6 Cara Membuat Jus Alpukat yang Enak dan Praktis di Rumah

Kategori
Buah tropis memang dikenal karena berbagai keunikannya. Dari sederet nama buah tropis yang ada, mungkin alpukat menjadi salah satu yang cukup populer. Kelebihan buah bernama latin Persea americana ini tidak lain karena kandungan lemak tak jenuh tunggalnya. Kandungan serat yang tinggi juga menjadi alasan mengapa buah ini kerap diburu oleh para kaum hawa yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Banyak cara yang bisa kamu coba untuk menikmati buah tropis yang satu ini. Di Indonesia, alpukat biasanya dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk es campur ataupun sup buah. Namun, jika melihat kondisi cuaca saat ini yang sedang terik, mungkin yang paling pas adalah membuatnya menjadi jus. Nah, untuk kamu yang tertarik ingin membuat jus alpukat, berikut ini adalah enam cara membuat jus alpukat yang enak dan praktis di rumah. Sebelum ke pembahasan utama, kamu harus mempersiapkan beberapa bahan-bahannya terlebih dahulu. Apa sajakah itu?

Bahan-bahan untuk membuat jus alpukat:

·
1 buah alpukat mentega yang sudah matang
·
Susu kental manis coklat atau putih (sesuai selera)
·
3 sdm gula pasir
·
100 ml air matang
·
250 ml es batu

Cara membuat jus alpukat yang enak dan praktis

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/06/fallon-michael-ZGFIzNbvyAs-unsplash-595x397.jpg
Cara membuat jus alpukat yang enak dan praktis. (Foto: Unsplash)
Berikut ini adalah enam cara membuat jus alpukat yang enak dan praktis di rumah.

1. Pilih alpukat yang sudah matang

Pastikan alpukat yang kamu pilih sudah matang sempurna. Alpukat yang masih muda atau belum sepenuhnya matang biasanya memiliki rasa yang pahit.
Untuk memilih alpukat yang sudah siap untuk dikonsumsi, kamu bisa memeriksa kelunakan dagingnya. Coba genggam, lalu tekan secara lembut menggunakan telapak tangan. Apabila terasa empuk atau lunak, tandanya buah tersebut sudah matang. Namun, jika terasa keras atau mungkin terlalu lembek, artinya buah itu masih muda atau terlalu masak.
Jangan menekan daging buah alpukat terlalu kuat atau menggunakan jari tangan. Cara seperti itu akan meninggalkan lekukan dan membuat daging alpukat menjadi benyek.

2. Persiapkan alat untuk memblender

Pada dasarnya, peralatan penting yang dibutuhkan untuk membuat jus alpukat yang enak dan praktis di rumah adalah blender. Pastikan jika mata pisau dan blender yang kamu gunakan kuat untuk memblender es batu.
Jika kamu menggunakan es batu balok berukuran besar, kamu dapat menghancurkannya terlebih dahulu dengan memasukkannya ke dalam plastik lalu pukul menggunakan benda keras untuk menghancurkannya. Namun, jika kamu menggunakan es batu balok berukuran kecil, kamu bisa langsung memblendernya. Untuk gelas saji, kamu bisa menyiapkan gelas berukuran 500 ml.
Ingin mencoba cara membuat jus alpukat ini? Yuk, beli alpukat segar dan berkualitas di Sayurbox, klik tombol di bawah ini, ya!

3. Masukkan bahan-bahan ke dalam blender

Selanjutnya, belah buah alpukat menjadi dua bagian dan buang bijinya. Kemudian, keruk daging buah alpukat menggunakan sendok. Lalu, masukkan daging buah alpukat yang sudah kamu kerok ke dalam blender. Setelah itu, masukkan bahan lainnya seperti es batu dan gula pasir. Lanjutkan dengan memasukkan air matang dan susu kental manis sesuai selera.
Rahasia membuat jus alpukat kali ini terletak pada penggunaan es batu. Es batu di sini berfungsi untuk membuat alpukat lebih mudah larut dan tercampur merata sehingga tekstur jus akan menjadi lebih kental.
Nah, apabila kamu tidak ingin menggunakan gula sebagai pemanisnya, kamu bisa menggantinya dengan madu. Jika kamu menggunakan madu sebagai pemanis, sebaiknya gunakan susu putih kental manis. Tidak apa-apa jika menggunakan rasa coklat, namun beberapa orang beranggapan jika susu coklat dan madu kurang pas jika dikombinasikan. Hal ini tentu kembali lagi pada selera masing-masing.

4. Blender alpukat dengan kecepatan sedang dengan waktu ± 2 menit.

Untuk waktu memblender sebenarnya relatif. Namun, jika kamu ingin mendapatkan tekstur yang lembut, kamu bisa menggunakan kecepatan sedang dengan waktu ± 2 menit. Karena tekstur alpukat terbilang lunak, maka kamu tidak perlu memblendernya terlalu lama.

5. Percantik tampilan jus alpukat dan sajikan

Sambil menunggu waktu memblender, kamu bisa menyiapkan gelas saji. Kamu juga bisa mempercantik tampilannya dengan menuangkan sedikit susu kental manis, lalu putar gelas hingga susu tersebut menutupi permukaan gelas. Setelah jus alpukat tercampur rata, kamu bisa menuangkannya ke dalam wadah saji lalu berikan beberapa lembar daun mint di atasnya untuk mempercantik tampilan. Menikmati jus alpukat dalam kondisi dingin memang menyegarkan.

6. Tambahkan topping agar lebih nikmat

Supaya rasa jus alpukat buatanmu lebih nikmat, kamu bisa tambahkan topping sebagai pelengkap. Untuk kamu yang suka rasa cokelat, kamu bisa menambahkan taburan meses diatas jus alpukat. Selain itu, untuk rasa yang lebih creamy, kamu juga bisa menambahkan satu scoop ice cream dengan rasa favoritmu.
Namun, perlu diperhatikan, jus alpukat dingin ternyata bisa memperberat kerja tubuh karena kandungan lemaknya cukup tinggi. Hal ini bisa membuat metabolisme tubuh bekerja lebih keras dengan menyamakan suhu makanan dengan suhu tubuh agar mempermudah zat gizi dan vitamin terserap maksimal.
Tidak hanya itu, meskipun alpukat termasuk buah sehat, namun mengonsumsi buah yang satu ini secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Porsi ideal mengonsumsi buah ini adalah setengah hingga dua buah alpukat dalam satu harinya.
Itulah enam cara membuat jus alpukat yang enak dan praktis di rumah. Bagaimana? Tertarik untuk membuatnya? Kalau kamu ingin mencoba membuatnya di rumah, kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuat jus alpukat tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga! Selamat mencoba, ya.