Yuk, Coba Ini 5 Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Kategori
Di Indonesia, buah pepaya memang dikonsumsi sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan. Tak hanya buah, daunnya juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Di sisi lain, daun pepaya juga umum dimanfaatkan sebagai lalapan atau diolah kembali menjadi hidangan tertentu. Bahkan, banyak kok hidangan tradisional yang menggunakan daun pepaya sebagai bahan utamanya. Contohnya seperti buntil atau tumisan. Sayangnya, banyak orang yang enggan mengolah daun pepaya karena rasa pahitnya yang kuat dan sulit dihilangkan. Untuk menghilangkan rasa pahit daun ini, tentu tidak cukup jika hanya dengan merebusnya saja. Lalu, bagaimana cara menghilangkannya? Caranya dengan menambahkan bahan-bahan khusus pada saat proses perebusannya berlangsung. Bahan-bahan ini juga sudah turun-temurun digunakan sejak dahulu. Pastinya sudah terbukti ampuh. Nah, untuk kamu yang ingin mengolah daun pepaya, tapi masih ragu akan rasanya yang pahit, berikut ini adalah lima cara memasak daun pepaya agar tidak pahit.

Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya, ini lima cara memasak daun pepaya yang perlu kamu perhatikan.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/01/nutrition-2375110_1920-595x395.jpg
Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit. (Foto: Pixabay)

1. Rebus daun pepaya menggunakan daun jambu biji

Daun jambu biji memang dikenal ampuh untuk mengobati gangguan pencernaan seperti diare. Di balik rasanya yang sepat dan sedikit pahit, ternyata daun ini memiliki fungsi untuk menetralisir rasa pahit pada daun pepaya.
Bagaimana caranya? Pertama, ambil 4-5 helai daun jambu biji. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan atau banyaknya daun pepaya yang kamu gunakan. Setelah itu, cuci daun jambu biji hingga bersih. Jika sudah bersih, remas-remas dan campurkan dengan daun pepaya. Kemudian, rebus dalam wadah yang sama hingga mendidih. Cara ini diyakini ampuh mengurangi rasa pahit pada daun tersebut.

2. Rebus daun pepaya bersamaan dengan asam jawa

Rasa pahit daun pepaya ternyata bisa dinetralkan dengan bantuan asam jawa. Caranya pun tidak jauh berbeda. Kamu hanya perlu memasukan beberapa potong asam jawa ke dalam tempat merebusnya.
Setelah itu, rebus keduanya hingga mendidih. Lama perebusan tergantung dengan banyaknya daun pepaya yang kamu olah. Umumnya, proses ini memakan waktu antara 15-20 menit.
Penggunaan asam jawa di sini tidak hanya membuat rasa pahit pada daun pepaya berkurang, tapi juga membuat aromanya lebih segar dan beraroma khas asam jawa.

3. Gunakan campuran air dan tanah saat proses perebusan

Cara ini cukup populer dan lazim digunakan oleh beberapa masyarakat di pulau Jawa. Bahkan, cara ini sudah menjadi kebiasaan turun menurun bagi masyarakat sekitar. Fungsi tanah liat di sini yaitu sebagai penetralisir rasa pahit.
Untuk menghilangkan rasa pahit daun ini kamu bisa menggunakan campuran air dan tanah saat proses perebusan nanti. Caranya, rebus hingga tekstur daunnya sedikit lembut. Setelah itu, angkat kemudian bilas dan cuci kembali menggunakan air bersih. Untuk memastikan rasa pahitnya benar-benar hilang, kamu bisa merebusnya kembali menggunakan air biasa.
Ingin mencoba cara memasak daun pepaya agar tidak pahit ini? Kamu bisa menemukan bahan-bahan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

4. Rendam daun pepaya dengan campuran air dan garam kasar selama 1 jam

Menggunakan garam? Apa tidak membuatnya asin? Nyatanya tidak! Rasa pahit daun pepaya yang kuat justru akan ternetralisir oleh garam secara alami. Tapi, perlu diingat, penggunaan garam juga tetap harus dibatasi dan tidak terlalu banyak.
Untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya dengan bantuan garam, kamu bisa merendamnya terlebih dahulu dengan air yang sudah dicampur garam sebelumnya.
Rendam daun pepaya kurang lebih selama 1 jam untuk memastikan rasa pahitnya benar-benar berkurang dan hilang. Setelah proses perendaman selesai, tiriskan sembari diremas.
Kamu tidak perlu takut jika rasanya akan berubah asin. Penggunaan garam di sini tidak akan memengaruhi rasa daun tersebut secara langsung. Karena tujuannya sendiri lebih kepada untuk menetralisir rasa pahit tersebut.
Jika kamu sedikit ragu atau tidak sengaja memasukkan agak banyak garam, kamu bisa merebusnya kembali dengan air mendidih.

5. Rebus daun pepaya bersama dengan daun singkong

Selain daun pepaya, daun singkong juga memiliki peran yang tidak jauh berbeda. Daun singkong biasa diolah sebagai tumisan atau dikonsumsi sebagai lalapan pendamping saja.
Tapi, tahukah kamu, merebus daun singkong bersama dengan daun pepaya di wadah yang sama, ternyata bisa membantu menetralkan rasa pahitnya.
Caranya pun tidak jauh berbeda. Kamu hanya perlu merebus daun pepaya seperti biasa. Hanya saja, perebusan kali ini kamu juga merebus daun singkong di dalamnya.
Nah, itulah lima cara memasak daun pepaya agar tidak pahit. Kamu bisa memilih mana cara yang kamu anggap lebih mudah. Pastikan juga bahan-bahan pendukung tersebut tersedia sehingga kamu tidak sulit mencarinya.
Apabila setelah melakukan cara di atas rasa pahit pada daun pepaya masih terasa, ada beberapa penyebab kemungkinannya.
Bisa karena bahan pendukung yang kamu gunakan terlalu sedikit sehingga efek menetralisir rasa pahitnya kurang berpengaruh, bisa juga karena proses merebusnya yang terlalu singkat, sehingga rasa pahit pada daun tidak larut sempurna saat perebusan.
Apabila kamu ingin mencoba mempraktekannya, kamu bisa menemukan bahan-bahan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
(Siti Kamilla)