4 Cara Membuat Telur Gulung, Ide Jualan Simpel yang Bikin Untung

Zaman mungkin berubah, namun jajanan favorit seperti telur gulung masih bertahan hingga sekarang. Jika biasanya Sayurfriends membeli jajanan murah satu ini di depan sekolahan, kali ini Sayurfriends bisa cobakan sendiri cara membuat telur gulung yang tentunya anti gagal di rumah. Siapa tahu bukan hanya membuat kenyang, namun juga malah bisa jadi ide jualan.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/cara-membuat-telur-gulung-595x335.jpg

1. Siapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Langkah pertama untuk membuat telur gulung ini tentu saja adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan terbilang simpel kok dan biasanya sudah tersedia di rumah. Jadi, Sayurfriends gak harus pergi keluar rumah lagi untuk membeli bahan yang sekiranya kurang.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur gulung kali ini adalah 3 butir telur, kaldu bubuk secukupnya, lada bubuk secukupnya, 5 sendok makan air, 1 sendok teh tepung tapioka, tusuk sate secukupnya, saus sambal secukupnya dan minyak goreng. Jika ingin hasil akhirnya lebih banyak, Sayurfriends cukup sediakan bahan 2 kali lebih banyak dari yang disebutkan.

2. Campurkan Semua Bahan dan Kocok Hingga Berbusa

Selanjutnya, campurkan telur, air, kaldu bubuk, lada bubuk, dan tepung tapioka ke dalam wadah, lalu kocok. Pastikan Sayurfriends mengocok adonan telur gulung ini hingga berbusa dan teksturnya sedikit cair. Jika tekstur dan rupa adonan sudah sesuai, saatnya untuk memanaskan minyak goreng dalam jumlah cukup banyak.

3. Goreng Adonan Telur Gulung

Jika minyak goreng sudah dalam kondisi panas, ambil 1 hingga 3 sendok makan adonan telur gulung lalu tuang menyebar di minyak goreng tersebut. Tunggu sebentar saja hingga telur gulung sedikit matang, lalu ambil dan gulung segera telur gulung menggunakan tusuk sate, kemudian tiriskan. Ulangi langkah ini untuk adonan telur gulung yang masih tersisa.

4. Cocol dengan Saus Sambal

Jika semua adonan sudah selesai digoreng, Sayurfriends bisa langsung mencocolnya dengan saus sambal. Sayurfriends juga bisa memasukkannya ke dalam plastic terlebih dahulu, lalu baru menambahkan saus sambal, agar nostalgia menyantap jajanan sekolahan zaman dulu makin terasa. Selamat mencoba, ya!

Tips dan Trik Jitu Membuat Telur Gulung Nikmat Anti Gagal

Meskipun kelihatannya simpel, namun gak sedikit loh orang yang gagal dalam membuat telur gulung ini. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah adonan telur gulung yang malah jadi mirip telur dadar, sehingga susah untuk digulung. Agar Sayurfriends gak ikutan gagal dan juga membuat telur gulungnya makin sedap, yuk sontek dulu tips jitu dalam membuat telur gulung ini.

1. Pakai Telur Ayam Broiler

Telur yang direkomendasikan untuk digunakan saat membuat telur gulung adalah telur ayam broiler. Pemakaian telur ayam broiler disebut membuat telur gulung jadi lebih gurih dan tentunya enak saat disantap. Ingat juga ya untuk menggunakan telur yang masih segar, agar gak gagal saat membuat telur gulung ini nantinya.

2. Jangan Lupa untuk Menambahkan Air

Penggunaan air dalam cara membuat telur gulung bisa dianggap krusial. Meskipun gak semua, namun kebanyakan telur gulung dibuat dengan menambahkan air pada adonannya. Penambahan air bukan semata-mata untuk menambah adonan sehingga jadi tambah banyak, melainkan juga untuk membuatnya jadi gak mudah kering, sehingga mudah menempel saat digulung.

3. Pastikan Mengocok Adonan Hingga Teksturnya Cair

Saat mengocok adonan telur gulung, Sayurfriends benar-benar harus memastikan kalau adonannya telah berbusa dan tekstur adonan tersebut gak lagi kental alias sudah cair. Sama halnya dengan penggunaan air, mengocok telur hingga berbusa juga akan membuat telur mudah digulung dan saat dituang ke dalam minyak goreng, adonan telur juga akan menyebar.

Jika telur dikocok seadanya saja, seperti Sayurfriends membuat telur dadar di rumah, maka kemungkinan telur gulung akan gagal dibuat. Saat dimasukkan ke dalam minyak goreng nantinya, tekstur telur gulungnya akan jadi kaku. Jika sudah begini, niat yang semula membuat telur gulung malah menjadi telur dadar biasa.

4. Gunakan Minyak Goreng yang Banyak dan Panas Sempurna

Agar telur gulung yang dibuat bisa sesuai ekspektasi, maka jangan pelit dalam menggunakan minyak goreng. Gunakanlah minyak goreng, kalau bisa yang masih baru, dalam jumlah banyak, lalu panaskan hingga mencapai panas sempurna. Jika panasnya sudah merata dan sempurna, barulah Sayurfriends tuangkan secara menyebar adonan telur gulung tersebut.

Ingat ya, jangan terburu-buru saat memasukkan adonan sehingga panas atau tidaknya minyak goreng gak dicek terlebih dahulu. Jika adonan dimasukkan dalam kondisi minyak goreng yang masih belum panas merata, maka adonan telur gulung akan gagal dibuat. Sayurfriends bisa coba tes terlebih dahulu panas atau tidaknya minyak goreng, dengan memasukkan beberapa tetes adonan.

5. Segera Angkat Telur Gulung

Cara membuat telur gulung agar gak gagal selanjutnya adalah dengan sigap menggulung telur yang baru saja dituang ke dalam minyak goreng. Sesaat setelah adonan telur gulung dimasukkan, tunggu beberapa detik saja, lalu langsung gulung telur menggunakan lidi. Jika dibiarkan lama, telur yang sudah digoreng di dalam minyak goreng malah akan susah untuk digulung.

Nah, agar gak banyak minyak yang melekat di telur gulung, Sayurfriends bisa memadatkannya terlebih dahulu di pinggiran panci, sebelum ditiriskan. Selain bakal hemat minyak goreng, cara ini juga bakal membuat Sayurfriends terhindar dari rasa enek karena banyaknya kandungan minyak goreng di telur gulung tersebut.

6. Bikin Adonan Tambahan agar Telur Gulung Tebal

Jika Sayurfriends ingin mencoba membuat telur gulung yang tebal, caranya cukup mudah kok. Sayurfriends cukup ulangi langkah membuat telur gulung yang sama, namun menggunakan lidi yang sudah dibaluri oleh telur gulung yang sebelumnya. Sayurfriends bisa ulangi langkahnya beberapa kali, hingga mencapai ketebalan telur gulung yang diinginkan.

7. Pakai Bumbu Aneka Rasa

Selain dicocol saus sambal, telur gulung juga enak dipadukan dengan bumbu tabur aneka rasa. Sayurfriends tinggal pilih deh mau pakai bumbu rasa apa, apakah itu rasa pedas, sapi panggang, keju, manis, hingga barbeque. Banyaknya pilihan rasa ini akan membuat telur gulung yang Sayurfriends buat jadi berada di level kenikmatan yang berbeda.

Stok Telur Habis di Rumah? Pesan Aja Yuk di Sayurbox!

Mau bikin telur gulung, eh malah stok telurnya yang habis di rumah. Jika sudah begini, saatnya untuk pesan telur di Sayurbox. Sayurfriends cukup klik telur yang tertera di resep di atas, untuk melakukan pemesanan via Sayurbox. Percaya deh, gak tunggu lama, pesanan bakal sampai di rumah.

Itulah tadi cara membuat telur gulung yang pastinya simpel dan anti gagal. Sayurfriends bisa coba bikin sendiri jajanan simpel ini di rumah, apalagi saat sedang kangen banget dengan jajanan ala anak sekolahan. Siapa tahu juga, dari yang awalnya cuma buat dimakan sendiri, resep telur gulung ini bisa jadi sumber penghasilan tambahan juga.

Kategori
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox