4 Cara Membuat Ikan Asin yang Enak di Rumah

Kategori

Ikan asin merupakan salah satu makanan yang menjadi pelengkap di kala kita menyantap sambal dan lalapan. Dari berbagai kalangan, ikan asin menjadi makanan terpopuler di kalangan bagi banyak orang di Indonesia. Ikan asin sebenarnya adalah olahan ikan yang mengalami proses pengawetan dan jenisnya beragam dari ikan tawar hingga ikan laut. Terdapat beberapa tips untuk mengenali jenis ikan asin yang layak dikonsumsi yaitu pilihlah daging ikan asin yang tebal, bertekstur kering, berbau air laut, dan tidak berbau aneh yang menusuk. Nah, setelah memahami ikan asin mana yang layak dikonsumsi kini saatnya kamu mencoba sendiri membuat ikan asin di rumah. Yuk, cari tahu ini 4 cara membuat ikan asin yang enak di rumah

Ini cara membuat ikan asin yang enak di rumah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/food-3232549_1920-595x354.jpg

Cara Membuat Ikan Asin yang Enak di Rumah. (Foto: Pixabay)

1. Ikan Asin Sambal Balado

Sambal balado memang bumbu terkenal yang bisa menyulap bahan makanan apapun menjadi jauh lebih lezat dan tidak ini juga berlaku bagi ikan asin. Untuk membuatnya cukup mudah yaitu yang pertama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu minyak goreng secukupnya, 100 gram ikan asin/ikan teri, 1 sendok teh garam, 10 buah cabai merah, 8 sendok makan gula pasir, 4 siung bawang putih, 50 cc air putih, 2 sendok makan asam jawa yang telah diseduh dengan air hangat, dan 5 butir bawang merah yang telah dihaluskan.

Mari ikuti langkah-langkah ini yaitu yang pertama gorenglah ikan asin hingga menguning dengan api kecil lalu sisihkan, tumis bumbu yang telah dihaluskan dan tambahkan garam, gula pasir, dan asam jawab, setelah itu kecilkan apinya dan masukkan ikan asing yang telah digoreng dan aduk hingga bumbu meresap.

2. Tumis Pedas Ikan Asin

Menumis ikan asin merupakan cara termudah untuk mendapatkan rasa masakan yang lezat. Kamu cukup menyediakan ikan asin, bawang merah yang dihaluskan, cabai rawit merah, gula merah secukupnya, jahe, bawang putih, daun jeruk, lada bubuk, tomat, dan minyak goreng. Langkah yang perlu dilakukan adalah merebus 2 gelas air sampai mendidih, setelah itu bersihkan ikan asin dan potonglah menjadi seukuran jari kelingking, kemudian rendam ikan asin dengan air panas agar rasa asinnya berkurang dan tiriskan sejenak.

Selanjutnya panaskan minyak dan tumis bumbu yang dihaluskan hingga matang. Jangan lupa untuk memasukkan daun jeruk dan jahe untuk memberikan aroma segar, baru setelah itu masukkan ikan asin. Aduk dan tunggu hingga bumbu meresap ke ikan asinnya.

Ingin mencoba cara membuat ikan asin yang enak di rumah ini? Yuk, beli ikan asin di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

3. Oseng-oseng Ikan Asin Sambal

Siapa di sini yang suka oseng-oseng? Sepertinya hamper semua orang suka dengan masakan oseng-oseng. Apalagi bila ditambahkan ikan asin dan sambal agar menyedapkan rasa oseng-osengnya. Ayo coba buat hidangan oseng-oseng ikan asin sambal dengan menyiapkan ikan asin yang telah digoreng, 20 cabai rawit berwarna merah, 2 daun bawang yang telah diiris tipis, bawang putih, tomat, bawang merah yang telah dicincang, dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu yang pertama haluskan bawang merah, tomat, bawang putih, dan cabai hingga hancur tetapi usahakan jangan terlalu halus dan masih bertekstur kasar. Setelah itu, panaskan minyak dan tumis bumbu sampai matang. Kemudian masukkan daun bawang dan tumis kembali. Terakhir, masukkan ikan asin dan air secukupnya. Tunggu sampai sambal sedikit mengental dan ikan asin sedikit lembek. Jangan lupa pastikan bahwa rasa pedasnya pas.

4. Kuah Santan Ikan Asin

Santan adalah bahan makanan yang favorit di Indonesia, ini dikarenakan rasanya yang gurih sehingga membuat hidangan makanan menjadi lebih nikmat. Untuk mengkolaborasikan ikan asin dan santan memang sedikit lebih rumit dari 3 resep di atas. Tapi tenang saja, karena ada panduannya di sini kok. Kira-kira bahan yang diperlukan adalah ikan asin gabus, kunyit, bawang putih, tahu putih yang telah dipotong dan digoreng, 750 ml santan, bawang merah, daun kemangi, cabe rawit, cabe merah yang diiris serong, tomat, daun salam, lengkuas, batang serai, gula pasir, dan minyak goreng.

Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menumis bawang putih, cabai rawit, kunyit, dan bawang merah dan diulek kasar. Setelah itu panaskan minyak goreng, dan tumis kembali bumbu yang sudah diulek dengan menambahkan lengkuas, serai, daun salam hingga aroma harum tercium. Kemudian masukkan santan dan cabai merah, tunggu hingga mendidih. Baru setelah mendidih, waktunya untuk memasukkan ikan asin dan tahu. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit gula pasir, daun kemangi, dan irisan tomat. Tunggu hingga matang setelah itu hidangan siap disantap.

Resep-resep cara membuat ikan asin untuk dikonsumsi memang sangat beragam dan sebenarnya bisa dikreasikan dengan keinginan kamu. Tetapi itu dia sedikit resep yang biasa digunakan dan terkenal di Indonesia, sehingga wajib banget untuk kamu coba. Untuk itu kamu perlu memilih dan memilah ikan asin terbaik untuk hidangan ini

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara membuat ikan asin yang enak di rumah ini? Yuk, beli ikan asin di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox