4 Cara Bikin Sambal Pecak yang Pedas Maksimal

Kategori
Sambal pecak adalah hidangan pelengkap gurame yang menjadi makanan khas Betawi. Jadi cara penyajian di Betawi ini sedikit mirip dengan sambal pecel di Jawa Timur, bedanya pecel menggunakan saus kacang sedangkan pecak menggunakan sambal cabe dan bawang. Yang menjadi ciri khas dari sambal pecak adalah sambal yang minimalis dengan bawang, cabai, dan jahe. Tetapi, banyak jenis pecak dari berbagai daerah di Indonesia dan pecak ala Betawi juga ada yang menggunakan siraman saus kacang yang telah dihaluskan. Meskipun demikian, tidak ada salahnya bila kamu mencoba resep ini di rumah. Yuk, simak ini 4 cara bikin sambal pecak yang pedas maksimal.

Ini cara bikin sambal pecak yang pedas maksimal

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/baehaki-hariri-yBeL0XChO8o-unsplash-595x397.jpg
Cara Bikin Sambal Pecak yang Pedas Maksimal. (Foto: Pixabay)

1. Ikan bandeng sambal pecak

Kamu suka ikan? Kamu suka sambal? Yuk cobain resep ikan bandeng dilumuri sambal pecak yang lezat ini! Kira-kira bahan yang dibutuhkan untuk 1 resep hidangannya antara lain : 1 – 2 ekor ikan bandeng, 1 sendok teh garam, 1 sendok makan lada bubuk, 1 buah jeruk nipis, 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit, 1 ½ ruas kencur, 3 buah bawang putih, 3 buah bawang merah, 8-10 cabe rawit (sesuai selera saja), 3 buah kemiri, daun kemangi, jeruk limau, gula, dan penyedap rasa bila diperlukan.
Cara membuat:
·
Bersihkan ikan bandeng hingga bersih dari jejeran duri yang tajam, jangan lupa untuk membersihkan sisiknya. Kemudian potong ikan menjadi 3 bagian sama panjang, buang insang, dan cuci bersih. Jangan lupa untuk melumuri potongan ikan dengan larutan garam, lada bubuk, dan perasan jeruk. Setelah itu diamkan selama 15 menit.
·
Saatnya menyiapkan bumbu bakar. Sebenarnya teknik membakarnya bisa menggunakan wajan kering tanpa minyak, bisa pula dengan teflon. Pastikan bila bahan bumbu bakarnya sudah terdapat sedikit gosong, matikan apinya dan ulek semua bumbu hingga halus, tambahkan air sedikit saja, tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa sesuai selera, terakhir tambahkan perasan jeruk limau sesuai selera.
·
Bakar atau goreng ikan hingga kering dan siap disajikan

2. Tahu pedas sambal pecak

Pada dasarnya sambal pecak bisa disajikan dalam bentuk sambal ataupun kuah, itu semua tergantung selera masing-masing orang saja. Tapi, jangan salah sambal pecak juga bisa dikombinasikan dengan tahu sehingga rasa pedasnya meresap sempurna dan terasa lezat di lidah. Bahan yang dibutuhkan antara lain : 4-6 buah tahu, 6-10 cabai rawit, 1 sendok makan terasi, gula merah, garam, bawang putih dan bawang merah.
Cara membuat:
·
Goreng tahu hingga benar-benar kering
·
Haluskan seluruh bahan untuk membuat sambal, dan usahakan rasanya sedikit pedas asin
·
Taruh tahu di atas sambal lalu pecak/penyet
·
Tahu pedas sambal pecak siap disantap
Ingi mencoba cara bikin sambal pecak yang pedas maksimal ini? Yuk, beli semua bahan yang kamu butuhkan untuk membuat sambal pecak di sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

3. Sambal pecak sederhana

Kadang orang kesulitan  karena rumit dan terlalu banyak memakan waktu. Untuk itu cobalah resep satu ini yang sedikit berbeda karena jauh lebih sederhana. Pertama-tama, mari kamu siapkan bahan sambal pecak sederhana ini yaitu dengan 10-15 buah cabai rawit hijau, 4 buah bawang merah, garam secukupnya, penyedap rasa sapi, air hangat 400 ml, 2 buah jeruk limau.
Cara membuat:
·
Haluskan seluruh bahan yang ada, tapi usahakan jangan terlalu halus
·
Tuangkan air hangat sembari diaduk. Coba tes rasa dan berikan perasan jeruk limo.
·
Sajikan sambal dengan ikan atau tempe goreng.

4. Ayam bumbu sambal pecak kencur

Mau tahu bagaimana rasanya jenis sambal ini jika disajikan dengan campuran kencur? Yuk, cobain resep satu ini ayam bumbu sambal pecak kencur. Jadi bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain ½ kilogram ayam, 10 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 15-20 cabai rawit, 5 cabai merah panjang, 1 ruas jari kencur, jahe secukupnya, gula, garam, penyedap rasa secukupnya, ½ bungkus santan kara.
Cara membuat:
·
Cuci ayam hingga bersih, kemudian goreng setengah matang. Lalu angkat dan tiriskan.
·
Haluskan bumbu-bumbu yang ada
·
Tumislah bumbu hingga aromanya tercium, masukkan air dan santan, setelah itu masaklah hingga mendidih
·
Masukkan ayam yang telah digoreng, tambahkan gula, penyedap rasa, dan garam sesuai selera.
·
Masaklah hingga bumbu meresap sempurna. Tes rasa yang ada. Bila sudah sesuai, maka hidangan sudah siap disantap.
Itulah tadi empat cara membuat sambal pecak yang bisa kamu coba di rumah. Resep di atas merupakan resep turun-temurun asli Indonesia. Untuk itu wajib untuk mencoba di rumah dan mencicipi rasanya bersama orang tersayang.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara bikin sambal pecak yang pedas maksimal ini? Yuk, beli semua bahan yang kamu butuhkan untuk membuat sambal di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg