3 Cara Membuat Wedang Ronde untuk Menghangatkan Tubuh

Kategori
Cuaca yang kerap hujan akhir-akhir ini membuat banyak orang jadi malas keluar rumah. Di sisi lain, suhu yang dingin kerap membuat keinginan ngemil dan mengonsumsi makanan hangat jadi meningkat. Apakah kamu juga mengalami hal ini? Jika ya, tak perlu khawatir. Ada berbagai sajian hangat yang cocok dikonsumsi ketika suhu udara dingin, dan tentunya gampang serta praktis dibuat. Salah satunya adalah sajian khas nusantara, wedang ronde. Sajian wedang ronde mengandung jahe, sehingga cocok dikonsumsi ketika sedang hujan karena mampu menghangatkan badan. Isian ronde yang padat dan mengenyangkan juga sangat pas untuk meredam hasrat ngemil di kala hujan. Tertarik untuk membuatnya? Berikut cara membuat wedang ronde dan beragam variasinya.

Ini cara membuat wedang ronde untuk menghangatkan tubuh

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/46752367_2077453532293446_89971928276739870_n-595x400.jpg
Cara Membuat Wedang Ronde untuk Menghangatkan Tubuh. (Foto: instagram/mayasefry)

1. Wedang Ronde Pelangi

Jika biasanya wedang ronde nampak membosankan dengan isian ronde yang berwarna putih kecoklatan, kali ini cobalah untuk membuatnya sedikit berbeda dan tentu lebih menggugah selera. Sesuai namanya, ronde di sajian wedang ronde pelangi ini memiliki beragam warna yang ceria, cocok untuk mencerahkan mood agar tak gloomy seperti suasana hujan. Untuk bahan ronde pelangi, siapkan tepung ketan, tepung tapioka, garam, pewarna makanan sesuai selera, air, dan kacang tanah yang telah ditumbuk bersama gula pasir. Sementara untuk wedangnya, siapkan jahe merah, air, serai, daun pandan, garam, serta gula aren.
Cara membuatnya, pertama rendam jahe di air selama kurang lebih 30 menit untuk membersihkan tanah-tanah yang menempel di jahe. Bila perlu, sikat perlahan dan bilas beberapa kali sampai bersih. Geprek jahe dan sisihkan. Siapkan panci, kemudian rebus semua bahan wedang dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit hingga mendidih dan wangi, kemudian matikan api.
Langkah berikutnya adalah membuat ronde pelangi. Aduk rata tepung tapioka, tepung ketan serta garam. Tuangkan air sedikit demi sedikit hingga adonan padat. Uleni hingga kalis, kemudian pisahkan adonan di beberapa wadah untuk diberi pewarna yang berbeda. Pipihkan adonan yang telah diberi warna, isi dengan kacang tanah lalu bulatkan. Lakukan ke semua adonan ronde dengan warna berbeda. Setelah semua adonan dibentuk bulat, rebus di air mendidih hingga terapung. Angkat, lalu sisihkan.
Ambil mangkuk, tuangkan wedang dan masukkan ronde pelangi. Apabila suka, kamu bisa menambahkan topping berupa taburan kacang tanah yang telah dihancurkan. Sajikan selagi hangat.

2. Wedang Ronde Kentang dan Ubi Ungu

Bila biasanya ronde terbuat dari tepung ketan, kali ini ronde dibuat dengan bahan yang berbeda yakni kentang dan ubi ungu. Untuk membuatnya, siapkan bahan-bahan berupa kentang dan ubi ungu yang telah dikupas bersih, gula merah, garam, jahe, serta sagu.
Cara membuatnya, rebus kentang dan ubi ungu hingga empuk, kemudian haluskan. Untuk menghaluskan, kamu bisa menggunakan alat seperti food processor atau secara manual menggunakan penumbuk. Sisihkan kentang dan ubi ungu yang telah halus. Tuangkan air dalam panci, tambahkan sagu lalu didihkan hingga mengental. Matikan kompor dan biarkan sejenak hingga tidak terlalu panas, bagi dalam dua wadah. Masukkan ubi ungu di satu wadah, dan kentang di wadah lainnya. Beri sedikit garam kemudian aduk rata dengan menggunakan sendok.
Masukkan sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tidak lagi lengket. Setelah itu, bulatkan masing-masing adonan, sisihkan. Rebus air hingga mendidih, masukkan adonan ronde. Biarkan hingga ronde mengapung tanda matang, bila telah matang angkat dan tiriskan ke wadah.
Untuk wedangnya, geprek jahe yang telah dibersihkan. Didihkan air, kemudian masukkan jahe geprek dan gula merah. Jika ingin rasanya lebih manis, boleh tambahkan gula pasir sesuai selera. Masak hingga mendidih.
Tuangkan wedang ke dalam mangkuk, masukkan ronde kentang dan ubi ungu dengan jumlah sesuai selera. Sajikan dalam keadaan hangat agar terasa lebih nikmat.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

3. Wedang Ronde Isi Kacang Wijen

Bosan dengan ronde yang itu-itu saja? Resep wedang ronde ini menawarkan sajian yang berbeda dengan ronde isi kacang wijen yang tentu lebih menggugah selera. Untuk bahan ronde, siapkan tepung ketan putih, tepung beras, air hangat, gula, garam, air, serta pewarna makanan sesuai selera. Untuk bahan isian ronde, siapkan kacang tanah yang telah disangrai, wijen putih, gula pasir dan air.  Sementara bahan kuah alias wedang terdiri atas air, gula merah, jahe geprek, serta daun pandan.
Cara membuatnya, campur semua bahan ronde kecuali pewarna. Bagi adonan sesuai masing-masing warna yang diinginkan, sisihkan. Untuk isian, haluskan kacang tanah sangrai dengan air dan gula pasir, tambahkan wijen sangrai dan aduk hingga lembut merata. Ambil adonan ronde, isi dengan adonan isian, bulatkan. Lakukan langkah ini hingga seluruh adonan ronde habis. Rebus ronde dalam panci hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
Untuk wedang, masukkan bahan wedang ke dalam panci. Masak dengan api kecil sampai mendidih, kemudian tambahkan ronde. Sajikan selagi hangat, dapat ditambahkan toping kacang sangrai sesuai selera.
Jadi, cara membuat wedang ronde mana yang ingin segera kamu coba di rumah? Yuk, beli bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat wedang ronde di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg