Mulai Sarapan Sehat, Ini 3 Cara Membuat Pancake Pisang yang Enak

Kategori
Pancake merupakan salah satu jenis makanan yang kerap dikonsumsi sebagai menu sarapan. Tidak hanya sebagai sarapa, pancake juga menjadi cemilan yang dapat dikonsumsi kapanpun, dikreasikan dengan berbagai toping dan juga bahan makanan yang pas seperti misalnya pisang. Pancake pisang adalah perpaduan yang tepat antara lezatnya pancake yang mengenyangkan dengan buah pisang yang kaya nutrisi. Sajian ini tentu sangat cocok disajikan ketika sarapan, mengingat sarapan adalah waktu terpenting untuk menunjang kebutuhan nutrisi harian tubuh. Yuk, coba ini 3 cara membuat pancake pisang yang enak untuk semua keluarga.

Ini cara membuat pancake pisang yang enak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/pancakes-1931089_1920-595x397.jpg
Cara Membuat Pancake Pisang yang Enak. (Foto: Pixabay)

1. Pancake pisang cokelat

Cokelat dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan antioksidan, sangat baik bagi kesehatan. Ternyata, cokelat juga menjadi bahan yang tepat untuk dipadukan dengan pancake pisang, lho. Cara membuat pancake pisang cokelat pun sangat mudah. Siapkan pisang, roll oat, susu, minyak kelapa, kayu manis bubuk, garam, serta choco chip.
Haluskan pisang dalam sebuah wadah ukuran sedang dengan menggunakan garpu. Setelah halus, masukkan kayu manis, roll oat, serta garam secukupnya. Aduk sampai benar-benar merata. Tuang susu dalam adonan, aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Sisihkan adonan, kemudian panaskan minyak kelapa di teflon dengan menggunakan api sedang.
Kemudian tuang adonan pancake di atas teflon, kemudian taburi dengan choco chip di bagian atasnya. Tunggu hingga bagian atas pancake terlihat bergelembung, kemudian balik pancake dan tunggu sampai kedua sisinya berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan pancake dalam kondisi hangat agar lebih lezat.

2. Pancake pisang kacang

Selain cokelat, kacang juga dapat menjadi bahan tambahan yang pas bagi pancake pisang. Gunakan kacang mete yang telah direndam minimal 30 menit, lebih baik lagi bila direndam semalaman. Untuk bahannya, siapkan telur yang telah dikocok lepas, kayu manis bubuk, baking soda, soda kue, ekstrak vanili, madu, unsalted butter, garam, air, dan tentunya buah pisang yang telah dihancurkan.
Cara membuatnya, haluskan kacang mete. Bisa secara manual, ataupun menggunakan food processor agar lebih praktis. Setelah halus, masukkan telur, ekstrak vanili, kayu manis, serta garam. Haluskan kembali hingga rata, kemudian masukkan pisang. Aduk perlahan hingga tercampur rata, sisihkan. Panaskan unsalted butter di teflon dengan menggunakan api sedang. Tuang adonan pancake, masak hingga bagian atasnya bergelembung. Balik adonan pancake dengan menggunakan spatula hingga kedua sisinya matang sempurna. Angkat dan sajikan. 
Ingin mencoba cara membuat pancake pisang yang enak ini? Yuk, beli bahan-bahan untuk membuat pancake di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

3. Pancake pisang oat

Siapa yang tak kenal oat? Bahan makanan yang satu ini sangat digemari berkat manfaatnya yang kaya. Oat juga bisa menjadi bahan tambahan untuk pancake pisang, lho. Siapkan telur, oat, susu sapi rendah lemak, pisang yang telah dihaluskan, ekstrak vanili, madu, baking soda, minyak kelapa, garam, kayu manis, serta sirup maple.
Cara membuatnya, siapkan sebuah wadah berukurang sedang. Campurkan susu dengan pisang, aduk sampai merata. Tambahkan telur, oat, baking soda, ekstrak vanili, garam dan madu. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata. Kemudian, panaskan teflon di api kecil, tuang minyak kelapa di atasnya. Tuang adonan pancake ke teflon, masak hingga bagian atas pancake penuh dengan gelembung.
Gunakan spatula yang berjenis tipis untuk membalik pancake, pastikan kedua sisinya berwarna kecoklatan. Angkat pancake pisang oat, sajikan dalam piring dengan disiram sirup maple sesuai selera.
Itu dia 3 cara membuat pancake pisang yang dipadu dengan berbagai bahan makanan lezat nan menyehatkan. Kamu juga bisa mengkreasikan pancake pisang favoritmu dengan bahan makanan lain yang tak kalah nikmatnya. Bahkan, kamu bisa mengganti pisang dengan buah-buahan lain seperti misalnya blueberry hingga buah naga. Atau kamu bisa memilih menggunakan bahan-bahan yang kekinian seperti misalnya matcha, ovaltine, dan nutella sebagai campuran untuk adonan pancake agar rasanya menjadi lebih disukai.
Selain bahan tambahan untuk adonan pancake, kamu juga bisa berkreasi dengan menambahkan topping yang lezat untuk pancakemu. Biasanya, pancake kerap disajikan dengan siraman madu ataupun sirup maple. Agar tidak bosan, kamu bisa menuangkan cokelat cair, ataupun menambahkan dua scoop es krim diatas pancake-mu.
Jadi, kamu punya ide berkreasi dengan sajian pancake tetapi belum punya bahan-bahan yang dibutuhkan di dapur? Yuk, beli bahan-bahan untuk membuat pancake di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg