Yuk, Cari Tahu 3 Cara Buat Minyak Kelapa Alami yang Praktis di Rumah

Kategori
Kelapa adalah satu jenis buah yang palibng bermanfaat. Seluruh bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan, buah ini juga mudah sekali ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Buah ini selain bisa dimanfaatkan airnya yang segar dan menjadi terkenal untuk pelepas dahaga. Daging kelapa juga bisa dimanfaatkan menjadi minyak. Cara buat minyak kelapa ini sudah dikenal nenek moyang Indonesia dengan cara yang sederhana.
Minyak kelapa menawarkan berbagai manfaat kesehatan, dapat digunakan untuk memasak, serta perawatan kulit dan rambut. Kamu dapat membuat minyak kelapa murni sendiri di rumah menggunakan kelapa dan beberapa alat sederhana. Yuk, cari tahu 3 cara buat minyak kelapa alami yang praktis di rumah.

Ini cara buat minyak kelapa alami yang praktis di rumah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/food-3062139_1920-595x397.jpg
Cara Buat Minyak Kelapa Alami yang Praktis di Rumah. (Foto: Pixabay)

1. Menggunakan metode penggilingan basah

·
Belah kelapa dengan golok tajam. Gunakan kelapa yang sudah matang dan berwarna cokelat, alih-alih kelapa muda.
·
Mengikis daging kelapa dari cangkang. Gunakan scraper kelapa, pisau pengupas tajam, atau sendok logam yang kokoh.
·
Mengeluarkan daging itu sulit. Pisau mentega jauh lebih baik daripada pisau pengupas yang tajam. Kamu dapat menggesernya di antara daging dan cangkang dan potongan.
·
Potong daging kelapa menjadi potongan-potongan kecil atau potong daging kelapa dengan scraper.
·
Tempatkan potongan ke dalam food processor atau blender.
·
Nyalakan food processor atau blender, gunakan kecepatan sedang dan blender sampai tercabik-cabik. Tambahkan sedikit air untuk membantunya tercampur jika perlu.
·
Saring santannya. Letakkan saringan kopi atau kain tipis di atas toples dengan mulut lebar. Tuang atau sendokkan sedikit campuran kelapa ke kain. Bungkus kain di sekitar campuran kelapa dan peras santan ke dalam toples.
·
Peras dengan keras, ulangi proses ini sampai semua campuran kelapa telah digunakan.
·
Diamkan santan selama 24 jam. Pada saat set, santan dan minyak akan terpisah dan lapisan dadih akan muncul di bagian atas toples.
·
Jika kamu mau dinginkan botol sehingga dadih mengeras lebih cepat.
·
Jika kamu memilih untuk tidak mendinginkannya, tinggalkan toples di ruangan yang dingin.
·
Ambil dadih dengan sendok dan buang. Biarkan minyak kelapa murni murni di dalam toples.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

2. Menggunakan Metode Proses Dingin

·
Mulailah dengan kelapa kering. Anda dapat membeli serpihan kelapa kering tanpa pemanis dari toko kelontong. Pastikan satu-satunya bahan yang terkandung di dalamnya adalah kelapa. Jika Anda ingin memulai dengan daging kelapa segar, potong-potong dagingnya dan gunakan dehidrator untuk mengeringkannya selama 24 jam.
·
Atau kamu bisa menggunakan oven pada suhu terendah untuk mengeringkan daging kelapa. Potong menjadi potongan-potongan kecil, letakkan di atas loyang, dan masak pada suhu rendah selama 8 jam, atau sampai benar-benar kering.
·
Jika Anda menggunakan kelapa yang dibeli di toko, pilihlah serpihan kelapa, bukan kelapa parut, yang cenderung menyumbat juicer.
·
Masukkan kelapa ke dalam juicer kamu. Buat jus kelapa kering dalam ukuran kecil, karena menempatkan banyak kelapa dalam juicer akan menyebabkannya tersumbat. Juicer akan menghilangkan minyak dan krim dari serat. Lanjutkan memproses kelapa sampai semua serpihan telah dijalankan melalui juicer.
·
Memproses kelapa lagi. Juicer tidak akan dapat mengekstraksi semua minyak pada kali pertama, jadi jalankan serpihan kelapa sekali lagi untuk memastikan kamu mendapatkan setiap tetes terakhir.
·
Masukkan minyak kelapa ke dalam toples dan simpan di tempat yang hangat. Tunggu 24 jam hingga krim kelapa meresap di bagian bawah toples. Minyak kelapa murni akan naik ke atas.
·
Sendokkan minyak ke dalam wadah baru. Setelah minyak dipisahkan dari krim dan dipadatkan, gunakan sendok untuk mengeluarkannya dari wadah pertama dan letakkan di wadah baru. Sekarang siap digunakan.

3. Cara buat minyak kelapa dengan merebus

·
Panaskan 4 gelas air. Tempatkan air dalam panci dan letakkan di atas kompor. Putar kompor ke api sedang dan panaskan air sampai mulai mengepul.
·
Parut daging 2 buah kelapa. Gunakan kelapa coklat yang tua, bukan kelapa muda. Buka kelapa, ambil dagingnya dan parut ke dalam mangkuk.
·
Blender kelapa dan air. Masukkan kelapa parut ke dalam blender. Tuangkan air panas di atas kelapa dan tutup blender. Pegang tutup blender di tempatnya dan haluskan kelapa dan air menjadi campuran halus.
·
Saring santan kelapa. Tempatkan kain tipis atau saringan halus di atas mangkuk. Tuang kelapa yang sudah dihaluskan di atas kain atau saringan sehingga santan menetes ke dalam mangkuk. Gunakan spatula untuk mendorong santan dan memeras cairan sebanyak mungkin.
·
Rebus cairan kelapa. Tempatkan dalam panci di atas kompor dan nyalakan api sedang. Didihkan dan masak, sambil terus mengaduk, sampai airnya menguap dan krim sudah terpisah dari minyak dan berubah warna menjadi coklat.
Jadi, cara buat minyak kelapa mana yang ingin kamu coba di rumah?  Yuk, lihat rekomendasi dan membeli kelapa serta berbagai jenis bahan makanan berkualitas lainnya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg