15 Makanan Sehat untuk Diet yang Aman dan Seimbang

Diet adalah upaya untuk menurunkan berat badan, banyak jenis diet yang bisa kamu lakukan, diet rendah lemak, diet rendah gula, maupun diet keto. Tidak semua kalori diciptakan sama, makanan yang berbeda melewati jalur metabolisme yang berbeda dalam tubuh. Mereka dapat memiliki efek yang sangat berbeda pada rasa lapar, hormon, dan jumlah kalori yang kamu bakar. Menjalani diet memang bertujuan utnuk menurunkan berat badan, namun kamu juga harus memperhatikan pola makananmu agar kamu tetap sehat dalam menjalani proses diet. Yuk, simak 15 makanan sehat untuk diet yang aman dan seimbang di bawah ini.

Ini makanan sehat untuk diet yang aman dan seimbang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/oatmeal-3171723_1920-1-595x403.jpg
Makanan Sehat untuk Diet yang Aman dan Seimbang. (Foto: Pixabay)

1. Telur Utuh

Setelah dikhawatirkan memiliki kolesterol tinggi, seluruh telur telah pulih kembali. Meskipun asupan telur yang tinggi meningkatkan kadar kolesterol jahat pada beberapa orang, mereka adalah salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi jika kamu perlu menurunkan berat badan. Telur tinggi protein dan lemak, dan sangat memuaskan.
Satu studi pada 30 wanita kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan, dapat meningkatkan perasaan kenyang dan membuat partisipan makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya. Studi delapan minggu lainnya menemukan bahwa telur untuk sarapan meningkatkan penurunan berat badan dengan diet terbatas kalori Telur juga padat nutrisi dan dapat membantu kamu mendapatkan semua nutrisi yang kamu butuhkan dalam diet terbatas kalori. Menariknya, hampir semua nutrisi ditemukan dalam kuning telur.

2. Sayuran

Sayuran hijau termasuk kangkung, bayam, seladasawi dan beberapa lainnya, memiliki beberapa sifat yang membuatnya sempurna untuk diet penurunan berat badan, seperti rendah kalori dan karbohidrat dan sarat dengan serat. Mengkonsumsi sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan kamu, tanpa menambah kalori.
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan dan diet dengan kepadatan energi rendah membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan  Sayuran hijau juga sangat bergizi dan sangat tinggi dalam banyak vitamin, antioksidan dan mineral, termasuk kalsium, yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

3. Ikan salmon

Ikan berlemak seperti salmon sangat sehat dan sangat memuaskan, membuat kamu kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit. Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan berbagai nutrisi penting. Ikan dan makanan laut secara umum juga dapat memasok sejumlah besar yodium. Nutrisi ini diperlukan untuk fungsi tiroid yang tepat, yang penting untuk menjaga metabolisme berjalan optimal.
Salmon juga kaya dengan asam lemak omega-3, yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan, yang diketahui memainkan peran utama dalam obesitas dan penyakit metabolik. Ikan tenggiri, trout, sarden, herring dan jenis ikan berlemak lainnya juga sangat baik.

4. Brokoli

Brokoli bisa kamu andalkan sebagai salah satu makanan diet sehat. Hal ini karena brokoli rendah kalori namun kaya akan vitamin, serat, serta mineral. Satu gelas yang penuh dengan potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja.
Sementara untuk kandungan serat, brokoli memiliki serat sebanyak 5 gram yang dapat membantu kamu kenyang seharian. Tidak hanya itu, brokoli juga mampu membantu mengendalikan kadar gula darah.

5. Daging Sapi Tanpa Lemak dan Dada Ayam

Meskipun daging olahan tidak sehat, penelitian menunjukkan bahwa daging merah yang tidak diproses tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau diabetes. Menurut dua studi review besar, daging merah hanya memiliki korelasi yang sangat lemah dengan kanker pada pria dan tidak ada korelasi sama sekali pada wanita.
Yang benar adalah, daging adalah makanan yang ramah penurunan berat badan karena tinggi protein. Protein adalah nutrisi yang paling banyak mengisi, dan makan diet tinggi protein dapat membuat Anda membakar 80-100 kalori lebih banyak per hari.
Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein hingga 25% dari kalori harian dapat mengurangi ngidam hingga 60%, mengurangi keinginan kamu untuk ngemil di tengah malam hingga setengahnya dan menyebabkan penurunan berat badan hampir satu pon (0,45 kg) per minggu.

6. Kentang rebus

Kentang memiliki beberapa sifat yang menjadikannya makanan yang sempurna, baik untuk menurunkan berat badan dan kesehatan yang optimal. Mereka mengandung beragam nutrisi yang sangat beragam, sedikit dari hampir semua yang tubuh butuhkan.
Kentang sangat tinggi kalium, nutrisi yang kebanyakan orang tidak cukup dan yang memainkan peran penting dalam kontrol tekanan darah. Dengan mengonsumsi kentang rebus, kamu secara alami akan merasa kenyang dan makan lebih sedikit dari makanan lain.
Jika kamu membiarkan kentang mendingin sebentar setelah mendidih, mereka akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, zat seperti serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan. Ubi jalar, lobak, dan sayuran akar lainnya juga sangat baik.
Ingin mencoba makanan sehat untuk diet ini? Yuk, beli sayuran, buah, dan makanan sehat lainnya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

7. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai orang ketika sedang diet. Satu buah apel berukuran kira-kira 100 gram, diketahui mengandung 95 kalori, yang sebagian besarnya berasal dari kandungan karbohidrat di dalamnya. Meski tinggi kalori, apel merupakan buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Buah ini juga kaya air karena 86% kandungan apel adalah air.
Sementara serat yang terkandung di dalamnya adalah serat larut air yang ampuh membuat kamu kenyang lebih lama. Kamu dapat menjadikan apel sebagai selingan untuk makanan diet sehat di sela-sela waktu makan, supaya mencegah kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan. Apel juga punya nilai indeks glikemik rendah sehingga aman bagi diabetesi yang ingin mengendalikan berat badan.

8. Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik. Sebagian besar buah-buahan mengandung karbohidrat yang tinggi, alpukat sarat dengan lemak sehat. Alpukat sangat tinggi dalam asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama ditemukan dalam minyak zaitun. Meskipun sebagian besar alpukat mengandung lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat, membuatnya kurang padat energi daripada yang kamu kira.
Alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan kalium. Terlebih lagi, alpukat merupakan tambahan yang sempurna untuk salad sayuran, karena penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemaknya dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2,6 hingga 15 kali lipat.

9. Cuka Apel

Jenis cuka ini sangat populer di komunitas kesehatan alami. Cuka apel sering digunakan dalam bumbu seperti dressing atau vinaigrettes, dan beberapa orang bahkan mencairkannya dalam air dan meminumnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka apel dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.
Mengonsumsi cuka setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan perasaan kenyang dan membuat orang makan 200-275 kalori lebih sedikit untuk sisa hari itu. Cuka juga telah terbukti mengurangi lonjakan gula darah setelah makan, yang mungkin memiliki berbagai efek kesehatan yang bermanfaat dalam jangka panjang.
Menambahkan cuka apel ke salad sayuran dapat membantu mengurangi nafsu makan, sehingga berpotensi menyebabkan penurunan berat badan yang lebih besar. Tentunya tetap aman dan sehat bagi proses diet kamu.

10. Jeruk bali

Salah satu buah yang patut disorot adalah jeruk bali. Efeknya pada pengontrolan berat badan telah dipelajari secara langsung. Dalam penelitian selama 12 minggu pada 91 orang gemuk, makan setengah jeruk bali segar sebelum makan menyebabkan penurunan berat badan 3,5 pound (1,6 kg).
Jeruk bali juga dapat mengurangi resistensi insulin, kelainan metabolisme yang berimplikasi pada berbagai penyakit kronis. Karena itu, makan setengah grapefruit sekitar setengah jam sebelum makan sehari-hari, dapat membantu kamu merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

11. Biji Chia

Makanan sehat untuk diet ini adalah salah satu yang paling bergizi di dunia ini. Biji chia mengandung 12 gram karbohidrat per ons (28 gram), yang cukup tinggi, tetapi 11 gram di antaranya adalah serat. Ini membuat biji chia menjadi makanan yang rendah karbohidrat dan salah satu sumber serat terbaik di dunia.
Karena kandungan seratnya yang tinggi, biji chia dapat menyerap hingga 11-12 kali beratnya dalam air, berubah seperti gel dan mengembang di perut kamu.
Meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa biji chia dapat membantu mengurangi nafsu makan, mereka tidak menemukan efek yang signifikan secara statistik pada penurunan berat badan. Namun, mengingat komposisi hara mereka, masuk akal bahwa biji chia bisa menjadi bagian yang berguna dari makanan sehat untuk diet penurunan berat badanmu.

12. Minyak kelapa

Tidak semua lemak diciptakan sama. Minyak kelapa kaya akan asam lemak dengan panjang sedang, yang disebut medium-chain triglycerides (MCT). Asam lemak ini telah terbukti meningkatkan rasa kenyang lebih baik daripada lemak lain dan meningkatkan jumlah kalori yang terbakar.
Tentu saja, minyak kelapa masih mengandung kalori, jadi jangan mengonsumsi minyak kelapa setelah makan. Ini bukan tentang menambahkan minyak kelapa ke dalam diet kamu, tetapi tentang mengganti beberapa lemak memasak lainnya dengan minyak kelapa.

13. Yogurt Penuh Lemak

Yogurt adalah makanan olahan susu yang luar biasa. Jenis yogurt tertentu mengandung bakteri probiotik yang dapat meningkatkan fungsi usus. Memiliki usus yang sehat dapat membantu melindungi tubuh terhadap peradangan dan resistensi leptin, yang merupakan salah satu pendorong hormon utama obesitas.
Pastikan kamu memilih yogurt dengan kultur aktif, karena jenis yogurt lainnya tidak mengandung probiotik. Juga, pertimbangkan untuk memilih yogurt penuh lemak.

14. Tuna

Jenis ikan ini adalah makanan rendah kalori dan tinggi protein lainnya, tuna adalah ikan tanpa lemak. Tuna populer di kalangan binaragawan dan model kebugaran, karena ini cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein sambil menjaga total kalori dan lemak tetap rendah. Jika kamu mencoba menekankan asupan protein.
Makanan sehat untuk diet ini adalah sumber protein tanpa lemak berkualitas tinggi. Mengganti makronutrien lain, seperti karbohidrat atau lemak, dengan protein adalah strategi penurunan berat badan yang efektif pada diet yang dibatasi kalori.

15. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang paling sering dikonsumsi saat diet. Hal ini karena oatmeal termasuk makanan yang mengandung serat tinggi dan punya indeks glikemik rendah.
Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga membuat Anda tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas.
Selain membantu menurunkan berat badan, oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol serta gula darah agar tetap normal. Itu sebabnya, untuk menu sarapan program diet Anda, oatmeal bisa jadi pilihan yang tepat.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi makanan sehat untuk diet ini? Yuk, beli sayuran, buah, dan makanan sehat lainnya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg