Ini 12 Manfaat Kacang Polong yang Wajib Kamu Tahu

Kacang polong merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman Pisum sativum. Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga legume bersama dengan kacang buncis, lentil, dan jenis sayuran lainnya. Di Indonesia, kacang polong cukup populer diolah menjadi camilan ringan. Tak hanya camilan, biji-bijian ini juga bisa diolah sebagai pelengkap dalam kari, sup, dan steak. Kacang polong memiliki kandungan protein dan mineral yang beragam, mulai dari zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, kalium, serat, folat, dan berbagai vitamin lainnya seperti vitamin A, B, C, E, dan K.Dengan beragamnya kandungan tersebut, kira-kira apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Langsung saja, berikut ini adalah 12 manfaat kacang polong yang wajib kamu tahu.

Manfaat kacang polong yang wajib kamu tahu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/09/textures-1938301_1920-595x393.jpg
Manfaat Kacang Polong yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)

1. Mencegah anemia

Tingginya kandungan folat dalam kacang polong membuatnya mampu menjadi pencegah anemia alami. Kurangnya kandungan folat dalam tubuh bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya masalah tersebut. Untuk itu, cukupi kebutuhan folat kamu dengan mengonsumsi secangkir kacang polong setiap harinya.

2. Menurunkan berat badan

Kacang polong juga dikenal karena jumlah kalorinya yang rendah. Tak heran, biji-bijian ini kerap dipilih sebagai hidangan pelengkap bagi kamu yang menurunkan berat badan.
Selain jumlah kalorinya yang rendah, kacang polong juga kaya akan serat. Serat berperan dalam menjaga rasa kenyang lebih lama, sehingga kamu pun lebih mudah mengontrol nafsu makan.

3. Sumber energi

Sebagai salah satu sumber vitamin B, riboflavin, dan niacin, kacang polong juga cocok dikonsumsi untuk meningkatkan metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Dengan meningkatnya hal tersebut, tentu pembentukan energi akan lebih efektif.
Tak heran, kacang polong kerap dipilih sebagai salah satu sumber energi yang baik untuk menjalankan program diet. Meski kamu mengonsumsi dalam jumlah berlebih, biji-bijian ini tidak akan memengaruhi berat badan dan pertumbuhan lemak dalam tubuh kamu.

4. Mengurangi peradangan

Kandungan antiinflamasi dalam kacang polong bermanfaat dalam membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Senyawa organik di dalamnya berperan sebagai agen antiinflamasi, sehingga risiko masalah pembengkakan dan peradangan dapat diminimalisir.

5. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Protein memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Tingginya jumlah protein yang terkandung dalam kacang polong bisa mempercepat pembentukan sel, jaringan, otot, dan juga tulang, sehingga pertumbuhan dan perkembangan tubuh akan lebih maksimal.

6. Menyeimbangkan tekanan darah

Kalium yang tercukupi akan berpengaruh terhadap kinerja tubuh dalam mengatur dan menyeimbangakan tekanan darah. Kandungan tersebut berperan sebagai vasodilator sehingga kemungkinan terjadinya sumbatan dan tekanan di area pembuluh darah bisa diminimalisir. Dengan terjaganya hal tersebut, maka penyakit seperti hipertensi atau kardiovaskuler bisa dihindari.
Ingin mencoba merasakan manfaat kacang polong ini? Kamu bisa membeli kacang polong dan berbagai jenis kacang-kacangan sehat lainnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi kacang polong dalam keadaan mentah ternyata lebih baik. Hal ini tidak lain karena nutrisi dalam biji-bijian tersebut lebih terjaga dibandingkan yang sudah dimasak.
Sebagai contoh, kandungan vitamin C pada kacang polong yang sudah dimasak bisa menyusut hingga 25% dibandingkan dengan yang masih segar. Vitamin C sendiri berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang produksi pembentukan sel-sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Kadar LDL kolesterol yang rendah pada kacang polong berpengaruh pada kinerja dan kesehatan jantung. Kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi terjadinya peningkatan tekanan darah. Tekanan darah dan kolesterol yang meningkat bisa menjadi penyebab munculnya aterosklerosis.

9. Membantu menjaga sistem pencernaan

Kandungan serat pada kacang polong juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat memiliki peran penting dalam penyerapan nutrisi dan proses pencernaan. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, maka masalah pencernaan seperti sulit buang air besar, diare, kembung, sembelit, dan kram bisa diatasi.

10. Meringankan gangguan menstruasi

Tidak hanya baik untuk sistem pencernaan, para wanita yang memiliki masalah dan gangguan menstruasi juga sebaiknya menjaga asupan serat dalam tubuhnya. Kandungan serat sangat penting dalam mengurangi rasa kram dan sakit akibat gangguan menstruasi tersebut.

11. Menurunkan kadar gula darah

Kacang polong yang juga dikenal rendah dalam indeks glikemik (GI) membuat biji-bijian ini bisa meminimalisir risiko diabetes. Kandungan serat dan protein di dalamnya juga berperan dalam membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Dengan begitu, masalah gula seperti diabetes bisa terkendali.

12. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dan saponin dalam kacang polong membuat biji-bijian ini sangat direkomendasikan dalam menekan risiko penyakit kanker. Kandungan vitamin K di dalamnya juga bermanfaat dalam menurunkan risiko terjadinya kanker prostat. Selain kanker, kacang polong juga mampu menjadi penghambat alami pertumbuhan tumor.
Nah, itulah 12 manfaat kacang polong yang wajib kamu tahu. Meskipun biji-bijian hijau ini memiliki bentuk yang kecil, namun siapa sangka jika manfaatnya begitu luar biasa. Kira-kira, kamu lebih suka menikmatinya sebagai camilan atau sayuran pelengkap dalam sup, nih?
Jika kamu tertarik untuk merasakan berbagai manfaat kacang polong, kamu bisa membeli kacang polong berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!
(Siti Kamilla)