Punya Kandungan Pencegah Kanker, Ini 12 Manfaat Brokoli yang Wajib Kamu Tahu

Sayuran hijau dikenal karena antioksidan yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah brokoli. Di Indonesia, sayuran yang berasal dari daerah Laut Tengah ini memang tergolong baru. Namun, karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan, membuatnya tak kalah populer dengan sayuran lainnya. Manfaat brokoli yang cukup terkenal yaitu kemampuannya dalam menekan risiko penyakit kanker. Nah, untuk lebih mengenal manfaat brokoli lainnya, berikut ini adalah 12 manfaat brokoli yang wajib kamu tahu.

Ini Manfaat Brokoli yang Wajib Kamu Tahu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/broccoli-1629643_1920-595x446.jpg
Manfaat Brokoli yang Punya Kandungan Pencegah Kanker. (Foto: Pixabay)

1. Membantu mencegah kanker

Seperti yang telah disebutkan, salah satu manfaat brokoli yang cukup populer adalah kemampuannya dalam mencegah terjadinya penyakit kanker. Menurut The National Cancer Institute, sayuran ini memiliki kandungan glucosinolates, yaitu bahan kimia yang memiliki sulfur.
Selama proses memasak, mengunyah, dan mencerna, glucosinolates tersebut akan dipecah kembali dalam bentuk senyawa aktif biologis. Salah satunya adalah indole-3-carbinol, yaitu senyawa yang memiliki sifat antikanker yang kuat.
Senyawa lainnya adalah sulforaphane atau sulfur organik alami. Senyawa ini mampu mendukung fungsi dan pembagian sel normal serta meningkatkan apoptosis di sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah, yaitu kanker prostat, paru-paru, payudara, dan kanker usus besar.

2. Untuk detoksifikasi tubuh

Manfaat brokoli lain yang tidak kalah hebatnya yaitu menetralkan dan menghilangkan bahan kimia yang ada dalam tubuh atau yang biasa disebut dengan detoksifikasi.
Kandungan sulforaphane dalam tunas brokoli berfungsi untuk melindungi sel-sel aerobik dari terjadinya kerusakan. Caranya yaitu dengan menginduksi jaringan enzim detoksifikasi dan menekan respon inflamasi.

3. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Siapa, sih, yang tidak ingin tulang dan giginya kuat dan sehat? Nah, siapa sangka ternyata brokoli memiliki kandungan vitamin K, kalsium, kalium, dan magnesium yang cukup baik. Bahkan, secangkir brokoli mengandung 270 persen vitamin K yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Kandungan tersebut diyakini mampu menjaga kepadatan mineral tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat lain sayuran ini yaitu sebagai penjaga pembuluh darah agar tetap kuat. Hal itu juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sulforaphane yang ada di dalam brokoli diyakini mampu mencegah dan mengatasi kerusakan yang terjadi pada lapisan pembuluh darah karena masalah gula kronis.
Sulforaphane yang ada di dalamnya juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan tingkat tekanan darah. Selain itu, brokoli tidak mengandung kolesterol. Brokoli juga dinilai mampu mengatasi masalah peradangan dan oksidasi arteri pada seseorang yang rawan terkena stroke.
5. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Masalah pencernaan memang kerap dianggap sepele. Padahal, jika tidak dijaga, hal itu bisa menyebabkan masalah serius, seperti peradangan di usus besar serta kanker usus besar.
Salah satu kandungan dalam brokoli yaitu indolocarbazole (ICZ) yang diyakini mampu mengatasi dan mencegah masalah pencernaan tersebut. Caranya, ICZ ini akan mengaktifkan senyawa lain yang disebut reseptor aril hidrokarbon (AHR) yang berfungsi untuk mempertahankan fungsi penghalang usus dan menangani masalah seperti usus bocor.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Meningkatkan kesehatan otak

Selain untuk tulang, vitamin K dan kolin yang cukup melimpah juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat dan memori seseorang. Kandungan hebat lainnya seperti sulforaphane juga berfungsi membantu mencegah timbulnya alzheimer dan banyak penyakit neurodegeneratif.

7. Antiinflamasi

Selain memiliki efek antioksidan, brokoli juga memiliki antiinflamasi yang kuat. Antioksidan yang terkandung dalam brokoli antara lain seperti vitamin C, potasium, magnesium, sulforaphane, kaempferol, dan lainnya. Maka, tak heran jika sayuran silangan ini memiliki manfaat untuk meredakan masalah peradangan.

8. Anti-penuaan

Selain kesehatan, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kamu, lho. Brokoli diyakini mampu mencegah penuaan berkat senyawa yang dikandungnya, yaitu nicotinamide mononucleotide (NMN).
Senyawa ini memiliki fungsi untuk membantu memproduksi senyawa lain yang mampu memicu metabolisme dan mencegah perubahan genetik penyebab penuaan dini. Antioksidan yang terbilang lengkap, seperti vitamin A, vitamin C, dan kolagen juga berperan penting sebagi antipenuaan.

9. Mengontrol diabetes

Di Indonesia, diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak memakan korban jiwa.  Nah, manfaat lain brokoli yaitu bisa menekan timbulnya masalah diabetes. Brokoli diyakini mampu meningkatkan resistensi insulin pada pasien diabetes tipe 2.
Untuk menguraikannya, kandungan sulforaphane dan kaempferol yang ada di dalam brokoli berperan penting dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

10. Meningkatkan libido

Menyangkut dengan penjelasan sebelumnya. Brokoli diyakini mampu meningkatkan sirkulasi darah ke organ-organ tubuh dan juga mampu meningkatkan libido seseorang. Hal ini karena kandungan folat dan vitamin C di dalamnya mampu meningkatkan kesuburan dan meningkatkan jumlah sperma bagi pria.

11. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang kuat tentunya bisa menjadi pelindung tubuh dari berbagai serangan bakteri dan virus. Nah, salah satu manfaat brokoli yaitu untuk meningkatkan metabolisme tubuh seseorang. Kemampuanya tersebut tak lain karena brokoli memiliki nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin D, vitamin K, folat, dan vitamin.

12. Mencegah stres dan depresi

Pekerjaan yang menumpuk dan masalah yang yang datang secara bersamaan kerap membuat seseorang mudah stres. Siapa sangka, ternyata brokoli memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya stres dan depresi.
Seseorang yang kekurangan asam folat cenderung lebih mudah mengalami suasana hati yang tidak stabil. Brokoli sendiri diyakini memiliki kandungan asam folat dan vitamin B yang cukup tinggi, sehingga bisa menjaga kestabilan suasana hati dan terhindar dari stres dan depresi.
Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja manfaat brokoli. Tak hanya sebagai pencegah kanker, manfaat-manfaat brokoli lainnya juga tak kalah pentingnya, bukan? Mulai hari ini, yuk, konsumsi brokoli dan jaga pola makan kamu sehari-hari. Cek produknya sekarang juga di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg