Ini 12 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Enak dan Wajib Dicoba

Setiap daerah tentu memiliki makanan khasnya masing-masing. Apabila kebetulan kamu berkunjung ke Sulawesi Selatan, mungkin makanan pertama yang banyak direkomendasikan untuk kamu coba adalah coto Makassar. Padahal, banyak sekali makanan khas Sulawesi Selatan lainnya yang tidak kalah nikmatnya. Kira-kira, apa sajakah makanan tersebut? Berikut ini adalah 12 makanan khas Sulawesi Selatan yang enak dan wajib dicoba.

Makanan khas Sulawesi Selatan yang enak dan wajib dicoba

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/09/megaawardana-595x342.jpg

Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Enak dan Wajib Dicoba. (Foto: Instagram / megaawardana)

1. Coto Makassar

Makanan khas Sulawesi Selatan pertama tentu tidak lain adalah coto Makassar. Sesuai dengan namanya, coto Makassar berasal dari Kota Makassar. Kota yang menjadi ibu kota Sulawesi Selatan ini memang terkenal akan cotonya. Salah satu cita rasa khas dari coto ini tidak lain karena daging sapi yang digunakannya dibuat melalui proses pemasakan yang unik, yaitu menggunakan air cucian beras. Meski banyak penjual coto Makassar di luar wilayah tersebut, namun coto asli dari kota Makassar memiliki cita rasa otentik tersendiri.

2. Jalangkote

Sekilas, makanan ini memang memiliki seperti pastel. Di sana, makanan ini menjadi salah satu jajanan umum yang cukup populer dan mudah ditemukan. Tidak hanya mirip dari segi bentuk, isiannya pun sekilas hampir sama, yaitu kentang, wortel, soun, dan juga daging. Biasanya, jalangkote dinikmati dengan cocolan saus cuka yang dicampur dengan cabai.

3. Sop Konro

Sop khas kota Makassar ini terbuat dari daging sapi yang sudah direbus lama hingga teksturnya menjadi sangat empuk. Ciri khas lain dari sop ini yaitu, warna kuahnya yang pekat dan aroma rempah-rempah yang kuat. Sop konro biasa dinikmati dengan nasi hangat. Uniknya, ada varian lain dari sop ini, yaitu sop konro bakar.

4. Nasu Palekko

Makanan khas Sulawesi Selatan selanjutnya yaitu nasi Palekko. Nasu palekko terbuat dari daging bebek, namun ada pula yang menggunakan daging sapi. Daging yang dimasak dengan bumbu khasnya ini memiliki tekstur yang empuk dengan bumbu-bumbunya yang juga meresap. Ketika mencicipinya, mungkin kamu akan teringat dengan salah satu masakan khas Padang, Sumatera Barat, yaitu rendang.

5. Pisang Epe

Tidak hanya hidangan utama, banyak pula camilan khas Sulawesi Selatan yang wajib kamu coba. Salah satu makanan tersebut adalah pisang epe. Camilan ini memiliki cara masak yang terbilang cukup unik.

Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok matang. Kemudian, pisang ini akan dibakar dengan menggunakan tungku api. Setelah itu, pisang tersebut akan dibelah dua dan dipipihkan. Selanjutnya, pisang akan kembali dibakar hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu, pisang pun siap disajikan dengan guyuran gula merah cair di atasnya.

6. Kapurung

Ketika melihat kapurung, mungkin kamu akan teringat dengan makanan khas Papua, yaitu papeda. Kapurung memang terbuat dari bahan dasar sagu, namun dengan berbagai bahan tambahan lainnya seperti sayuran dan daging. Sekilas, kuah makanan ini juga mirip seperti kuah gulai.

Ingin mencoba makanan khas Kalimantan Barat? Kamu bisa membuatnya sendiri, lho, di rumah. Yuk, beli bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuatnya di Sayurbox!

7. Buras

Tampilan buras memang sangat mirip dengan lontong ataupun ketupat. Apalagi, buras dan lontong sama-sama dibungkus menggunakan daun pisang. Hanya saja, bentuk buras sedikit lebih pipih. Untuk penyajiannya sendiri, buras biasa disajikan sebagai pendamping coto Makassar ataupun opor ayam.

8. Mie Titi

Makanan khas Sulawesi Selatan selanjutnya adalah mie titi. Mie ini menggunakan mie kering sebagai bahan utamanya, kemudian diberi ayam, jamur, udang, sawi, cumi, telur, wortel, dan taburan bawang goreng. Sekilas, mie ini mirip seperti capcay. Hanya saja, terdapat campuran seafood di dalamnya. Agar lebih segar, jangan lupa untuk menambahkan perasan jeruk nipis di atasnya.

9. Gogoso

Gogoso memiliki bentuk yang mirip dengan lemper bakar. Bahan yang digunakan pun tidak jauh berbeda, yaitu ketan yang diisi dengan daging. Gogoso dimasak dengan cara dikukus, kemudian dibakar di atas bara api.

10. Sokko atau Songkolo

Makanan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari ketan hitam ini biasa dinikmati dengan taburan kelapa parut yang sudah diberi bumbu sebelumnya. Biasanya, masyarakat sekitar juga menikmati sokko atau songkolo ini dengan cocolan sambal dan taburan ikan teri agar terasa semakin nikmat.

11. Barobbo

Makanan khas Sulawesi Selatan selanjutnya berasal dari Tanah Bone yang bernama barobbo. Makanan yang terbuat dari jagung yang dihaluskan ini dibuat dengan cara dicampur dengan berbagai bahan rempah-rempah. Sekilas, barobbo memiliki tampilan mirip dengan bubur Manado, hanya saja bahan utama yang digunakannya adalah jagung, bukan beras.

12. Es Pisang Ijo

Kalau yang satu ini, pastinya kamu sudah pernah mencobanya, bukan? Es pisang ijo merupakan salah satu kudapan segar yang menggunakan bahan utama buah pisang. Pisang diolah dengan cara dibalut menggunakan tepung berwarna hijau untuk kemudian dikukus dan disajikan bersama kuah santan kental. Di daerah asalnya, es pisang ijo merupakan salah satu menu favorit saat berbuka puasa.

Nah, itulah 12 makanan khas Sulawesi Selatan yang enak dan wajib untuk dicoba. Dari 12 makanan di atas, kira-kira mana saja yang sudah pernah kamu coba? Atau mungkin, salah satunya adalah makanan favorit kamu? Jika belum sempat berkunjung ke Sulawesi Selatan, kamu juga bisa lho membuat sendiri makanan-makanan tersebut di rumah. Kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuatnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, ya!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox