12 Rekomendasi Buah untuk Penurun Panas, Badan pun Jadi Segar Seketika

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/buah-untuk-penurun-panas-595x335.jpg

Selain dengan minum obat, ada cara lain yang bisa Sayurfriends ikuti untuk menurunkan suhu tubuh saat sedang demam, yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan diperkaya banyak nutrisi, yang bisa membantu menurunkan panas tubuh sehingga tubuh bisa jadi fit kembali. Penasaran apa saja buah untuk penurun panas tersebut? Check this out!

1. Buah Beri

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/berry-595x335.jpg

Buah beri merupakan buah yang tepat untuk dikonsumsi saat sedang demam, agar suhu badan bisa kembali normal. Buah beri seperti stroberi, rasberi, dan bluberi memiliki kandungan berupa senyawa antosianin, yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan di tubuh, serta meningkatkan sistem imun tubuh. Alhasil, suhu tubuh yang tinggi pun bisa cepat turun.

2. Mangga

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/mangga-595x335.jpg

Saat sedang demam dan suhu badan meningkat, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah ketercukupan asupan cairan tubuh. Pasalnya, kalori tubuh akan banyak terbakar saat demam, sehingga penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi di kondisi tersebut. Salah satu cara untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik adalah dengan mengonsumsi mangga.

Mangga merupakan buah yang sangat direkomendasikan untuk menghidrasi tubuh mengingat kandungan airnya yang tinggi. Selain itu, buah mangga juga merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Terhidrasinya tubuh dengan baik, serta adanya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh, akan bisa membantu untuk menurunkan suhu tubuh yang panas.

3. Jeruk

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/jeruk-595x335.jpg

Gak dipungkiri lagi kalau jeruk punya kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini merupakan nutrisi esensial yang akan bisa meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga saat Sayurfriends sedang demam, suhu tubuh yang tinggi akan bisa cepat kembali normal. Makanya, gak salah kalau saat sedang sakit, banyak orang yang mengunjungi membawa buah jeruk sebagai buah tangan.

Selain membantu panas tubuh untuk cepat turun, kandungan antioksidan dalam buah jeruk juga akan bisa membantu mempersingkat durasi demam dan juga keparahan dari demam yang sedang diderita. Sayurfriends bisa juga coba rutinkan untuk mengonsumsi buah jeruk, dalam rangka mencegah terjadinya demam itu sendiri.

4. Kiwi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/kiwi-595x335.jpg

Buah kiwi dengan cita rasanya yang manis, bakal bisa membantu menurunkan suhu tubuh yang panas ketika sedang demam. Buah satu ini diperkaya dengan antioksidan, di antaranya berupa vitamin C dan E, sehingga gak hanya bisa membantu meredakan panas atau menyembuhkan demam, melainkan juga membantu mencegah terjadinya demam itu sendiri.

Vitamin C bekerja dengan cara meningkatkan produksi antibodi dan sel darah putih, sehingga akan bisa mencegah terjadinya infeksi yang nantinya berujung pada naiknya suhu tubuh. Sedangkan vitamin E sendiri dibutuhkan untuk memproduksi imunoglobulin. Keberadaan 2 vitamin ini akan menjadi pelindung bagi tubuh dari patogen yang bisa memicu demam.

5. Lemon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/lemon-595x335.jpg

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C merupakan buah yang tepat untuk menurunkan panas tubuh, termasuk di antaranya buah lemon. Buah lemon kaya akan vitamin C, flavonoid,  antioksidan lainnya, yang akan bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh dalam melindungi tubuh dari bakteri penyebab demam dan flu, serta mencegah terjadinya peradangan.

6. Nanas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/nanas-1-595x335.jpg

Buah nanas yang terkenal dengan kesegarannya, juga bisa diandalkan untuk menurunkan suhu tubuh yang sedang tinggi. Selain dengan kandungan vitamin C-nya yang melimpah, nanas juga membantu menurunkan panas tubuh saat demam melalui enzim bromelin yang dimilikinya. Enzi mini memiliki sifat anti radang, yang akan melawan infeksi dan membunuh bakteri penyebabnya.

Selain untuk menurunkan panas saat demam, nanas juga akan membantu mengatasi sakit tenggorokan dan batuk yang kerap dialami saat sedang demam. Sayurfriends bisa konsumsi langsung buah nanas ini atau mengolahnya menjadi jus dengan tambahan bahan lain seperti madu, untuk bisa merasakan khasiatnya dalam menurunkan panas tubuh.

7. Jambu Biji

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/jambu-biji-595x335.jpg

Melimpahnya kandungan vitamin C yang terkandung dalam jambu biji, membuatnya juga bisa membantu dalam menurunkan panas saat Sayurfriends sedang demam. Sayurfriends sendiri mungkin juga sudah sering mendengar manfaat pengonsumsian jambu biji ini saat seseorang sedang terkena demam berdarah.

Jambu biji yang kaya akan vitamin C akan bisa meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga bisa melindungi tubuh dari infeksi akibat bakteri dan virus. Sistem imun tubuh yang meningkat akan membuat waktu untuk pulih dari demam menjadi lebih cepat, sehingga tubuh pun akan bisa terasa lebih segar dan pulih kembali.

8. Semangka

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/semangka-1-595x335.jpg

Buah semangka yang melimpah kandungan airnya merupakan buah yang juga bisa membantu menurunkan panas tubuh. Bagaimana tidak, buah yang diperkaya dengan antioksidan ini akan bisa membantu meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh, sehingga suhu tubuh yang tadinya tinggi akan bisa normal kembali.

Selain dengan meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh, semangka juga membantu menurunkan panas dengan cara menghidrasi tubuh dengan cairannya yang melimpah. Regulasi suhu tubuh sangat dipengaruhi oleh cairan dalam tubuh, sehingga jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka suhu tubuh akan bisa kembali normal dengan lebih cepat.

9. Anggur

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/anggur-1-595x335.jpg

Buah yang kaya akan antioksidan dan beta-karoten merupakan buah yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh, yang tentunya bisa diandalkan untuk menurunkan panas. Salah satu dari buah tersebut adalah buah anggur. Buah anggur juga diperkaya dengan flavonoid, yang berfungsi untuk meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

10. Kelapa

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/kelapa-595x335.jpg

Air kelapa bisa Sayurfriends jadikan sebagai penurun panas alami. Kandungan elektrolit air kelapa yang tinggi akan membantu menghidrasi tubuh, sehingga suhu tubuh akan bisa teregulasi dengan baik dan kembali normal. Gak hanya itu saja, tubuh yang tercukupi kebutuhan cairannya juga akan bisa menghambat terjadinya infeksi, salah satunya yang memicu naiknya suhu tubuh tersebut.

11. Pisang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/pisang-595x335.jpg

Konsumsilah buah pisang untuk membantu menurunkan suhu tubuh yang panas. Buah pisang kaya akan karbohidrat yang akan menjadi sumber energi bagi tubuh, yang sebelumnya energinya terkuras akibat suhu tubuh yang meningkat. Asupan potasium juga akan diperoleh dari buah pisang, yang sebelumnya jumlahnya banyak berkurang akibat keringat yang keluar kala demam.

12. Delima

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/delima-595x335.jpg

Buah delima atau buah pome juga merupakan buah untuk penurun panas. Buah delima diperkaya dengan kandungan antibakteri dan anti radang, sehingga bisa membantu mengatasi infeksi di tubuh yang menyebabkan demam, serta mempercepat proses penyembuhan dari demam tersebut. Rutinlah mengonsumsi buah delima, agar suhu tubuh yang tinggi bisa kembali normal.

Saat sedang demam dan suhu tubuh meningkat, Sayurfriends bisa konsumsi buah untuk penurun panas. Berbagai buah untuk menurunkan panas tersebut memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang melimpah, sehingga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Alhasil, suhu tubuh bisa kembali normal dan terasa segar, sehingga Sayurfriends bisa menjalankan aktivitas.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox