13 Buah untuk Obat Ginjal, Bantu Sayurfriends Sayangi Ginjal

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/buah-untuk-obat-ginjal-595x335.jpg

Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh yang fungsi utamanya adalah untuk membersihkan darah dari racun, serta mengubah sisa zat sisa menjadi urin. Jika ginjal sudah terlanjur bermasalah, asupan makanan yang dikonsumsi benar-benar harus diawasi. Agar kondisinya gak makin memburuk, Sayurfriends juga bisa konsumsi beberapa buah untuk obat ginjal berikut ini.

1. Stroberi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/stoberi-595x335.jpg

Buah beri memang terkenal akan manfaatnya bagi ginjal, khususnya buah stroberi. Buah stroberi diketahui bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal, karena dalam buah stroberi terkandung 2 tipe fenol, yakni antosianin dan ellagitanin. Selain itu, buah stroberi juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga bisa membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Kandungan potasium, sodium, dan fosfornya yang rendah juga jadi salah satu alasan utama yang membuat buah stroberi baik untuk ginjal. Penderita gagal ginjal kronis dan batu ginjal, serta yang sedang melakukan treatment untuk ginjal seperti hemodialisis atau cuci darah bisa menjadikan buah stroberi sebagai salah satu buah untuk membantu menjaga kondisi ginjalnya.

Buah apel yang juga kaya akan serat dan vitamin A ini juga disebut bisa mencegah terjadinya serangan jantung dan strok pada penderita gagal ginjal kronis. Maka dari itu, penderita penyakit ginjal maupun yang ingin menjaga kesehatan ginjalnya, bisa mulai rutin mengonsumsi buah apel dari sekarang.

2. Bluberi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/bluebrry-595x335.jpg

Buah bluberi juga mendatangkan manfaat bagi ginjal. Sama halnya dengan buah stroberi, buah bluberi juga rendah potasium, fosfor, dan sodium, sehingga tergolong sebagai buah yang ramah ginjal. Buah bluberi juga kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang bisa membantu meredakan peradangan dan meningkatkan kesehatan ginjal.

3. Rasberi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/rasberry-595x335.jpg

Masih buah beri, ada buah rasberi yang juga bagus untuk kesehatan ginjal dan bisa menjadi obat untuk para penderita penyakit ginjal. Sama dengan tipe buah beri sebelumnya, buah rasberi diperkaya dengan antioksidan yang bisa meningkatkan fungsi ginjal dan bisa menekan pertumbuhan sel kanker. Kandungan potasium, fosfor, dan sodiumnya yang rendah juga bagus untuk ginjal.

4. Apel

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/apel-595x335.jpg

Buah untuk obat ginjal selanjutnya adalah buah apel. Buah apel kaya akan serat penting yang disebut dengan pektin. Serat pektin ini bisa membantu mengurangi beberapa faktor yang meningkatkan risiko kerusakan pada ginjal, seperti tekanan darah yang tinggi dan level kolesterol yang tinggi.

Buah apel juga tergolong sebagai buah yang rendah potasium, namun kaya akan serat dan vitamin C, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Buah yang identik dengan warna merah ini juga memiliki kandungan berupa polifenol, yang merupakan senyawa yang memiliki manfaat untuk menghadapi penyakit yang diderita oleh tubuh.

5. Anggur

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/anggur-595x335.jpg

Kandungan potasium, fosfor, dan sodiumnya yang rendah juga membuat buah anggur bisa dijadikan menu makanan rutin bagi penderita penyakit ginjal atau pun untuk menjaga kesehatan ginjal. Anggur juga merupakan sumber vitamin C dan K, di mana defisiensi kedua vitamin ini kerap dikaitkan dengan penyakit ginjal.

6. Nanas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/nanas-595x335.jpg

Tahukah Sayurfriends kalau buah nanas juga merupakan buah yang bisa membantu menjaga kondisi ginjal? Buah nanas merupakan buah yang rendah kandungan potasiumnya, sehingga dianggap bagus untuk ginjal. Buah dengan kandungan potasium yang rendah ini bisa membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan bentuk komplikasi dari penyakit ginjal yang sudah parah.

Gak hanya kandungan potasiumnya yang rendah, yang membuat nanas cocok untuk dikonsumsi oleh memelihara kondisi ginjal, namun juga karena kandungan bromelin yang dimilikinya. Bromelin tergolong sebagai enzim pencernaan yang bisa membantu menghancurkan batu ginjal yang terdapat di dalam tubuh.

7. Buah-buahan Citrus

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/citrus-595x335.jpg

Buah-buahan citrus seperti lemon dan jeruk nipis merupakan buah yang bagus untuk ginjal, karena kandungan potasiumnya yang rendah dan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Sayurfriends bisa konsumsi lemon atau buah citrus lainnya untuk mengurangi risiko formasi atau terbentuknya batu ginjal.

8. Semangka

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/semangka-595x335.jpg

Semangka merupakan buah lainnya yang memiliki kandungan potasium yang rendah, sehingga bisa jadi obat penyakit ginjal maupun memelihara kondisi ginjal agar tetap sehat. Buah yang kaya akan kandungan air ini juga kaya akan vitamin A, vitamin C, magnesium, dan likopen, yang tergolong sebagai antioksidan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Semangka juga membantu penderita penyakit ginjal dengan cara mencegah terjadinya konstipasi melalui kandungan serat yang dimilikinya. Sayurfriends perlu mengetahui kalau konstipasi bisa meningkatkan level potasium dan toksin uremia dalam tubuh. Peningkatan levelnya tersebut disebut berkaitan dengan meningkatnya risiko terjadinya stadium akhir penyakit ginjal.

9. Pepaya

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/pepaya-595x335.jpg

Buah untuk obat ginjal selanjutnya adalah buah pepaya. Buah yang berwarna oranye dalam kondisi matang ini memiliki kandungan berupa flavonoid yang bisa membantu mencegah terjadi degenerasi sel-sel yang ada di ginjal, serta mencegah terjadinya disfungsi pada ginjal. Buah pepaya juga kaya akan vitamin C, yang bisa berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

10. Pir

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/pear-595x335.jpg

Meskipun gak banyak diketahui orang, namun buah pir merupakan salah satu buah yang bisa jadi obat untuk ginjal dan juga menjaga kesehatan ginjal agar tetap prima. Kandungan sodium buah pir yang terbilang rendah, membuatnya bisa Sayurfriends konsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal. Buah pir juga kaya akan kandungan sitrat, yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal.

Orang-orang yang sudah terlanjur menderita penyakit ginjal diketahui kehilangan kemampuan untuk menyeimbangkan sodium dan air di dalam tubuhnya. Dengan pengonsumsian buah pir yang rendah kandungan sodiumnya, maka akan bisa mencegah efek yang terjadi akibat ketidakseimbangan tersebut, yakni dialisis.

11. Cranberry

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/cranberry-595x335.jpg

Cranberry merupakan buah beri yang kaya akan kandungan yang bersifat antiradang dan antibakteri, sehingga akan bermanfaat untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami masalah pada ginjalnya. Selain untuk kesehatan ginjal, kandungan cranberry tersebut juga bisa membantu pengobatan orang yang menderita infeksi saluran kemih atau UTI (Urinary Tract Infection).

12. Plum

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/plum-595x335.jpg

Penderita penyakit ginjal juga bisa menjaga pola makannya dengan mengonsumsi buah plum. Buah plum merupakan buah yang kaya akan antioksidan, sehingga gak hanya baik untuk memelihara kondisi ginjal, namun juga organ tubuh secara keseluruhan. Kandungan antioksidannya sendiri lebih tinggi pada buah plum yang berwarna hitam, dibandingkan yang merah.

13. Ceri

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/ceri-595x335.jpg

Buah untuk obat ginjal selanjutnya adalah buah ceri. Buah ceri, terkhusus ceri tart, memiliki kandungan anti radang yang terbilang tinggi. Makanya, pengonsumsian buah dengan kulit berwarna merah ini cocok untuk dikonsumsi oleh pasien yang menderita gagal ginjal kronis, karena bisa membantu meredakan peradangan kronis yang dialaminya.

Itulah tadi 13 buah untuk obat ginjal yang bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Tentu saja sangat direkomendasikan bagi penderita penyakit ginjal untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter mengenai banyaknya asupan buah yang bisa dikonsumsi, dalam rangka membantu memelihara kondisi ginjal.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox