12 Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Wajib Tahu!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/buah-untuk-menurunkan-darah-tinggi-595x335.jpg

Tekanan darah tinggi bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, lho! Sayurfriends sebaiknya mulai waspada dari sekarang. Nah, jika Sayurfriends memang punya riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi lebih baik mulai atur pola makan. Ini ada beberapa jenis buah untuk menurunkan darah tinggi yang bisa dikonsumsi secara rutin demi kesehatan.

1. Semangka

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/semangka-2-595x335.jpg

Pilihan pertama ada buah semangka yang kesegarannya gak perlu diragukan lagi. Jenis buah yang satu ini sangat mudah dijumpai dan harganya ramah di kantong. Menariknya lagi semangka punya banyak kandungan gizi yang bagus untuk tubuh. Ada vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalium di dalamnya.

Semangka juga diketahui mengandung L-citrulline yang ternyata bisa memperlebar pembuluh darah. Nah, kondisi pembuluh darah yang melebar ini akan membuat peredaran jadi lebih lancar. Akhirnya, tekanan darah jadi normal dan hal ini sangat bagus untuk kesehatan organ jantung.

2. Pisang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/pisang-2-595x335.jpg

Buah berikutnya yang bisa menurunkan darah tinggi adalah pisang. Siapa nih yang hobi makan pisang? Pisang ternyata mengandung kalium yang bisa menyeimbangkan kadar garam di dalam tubuh. Fungsi ini ternyata berpengaruh pada tekanan darah karena kadar garam yang terlalu tinggi bisa menyebabkan darah tinggi. Jika gak suka makan pisang secara langsung, coba saja mengonsumsinya dalam bentuk jus.

3. Anggur

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/anggur-2-595x335.jpg

Ada juga buah anggur yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Buah ini memiliki kandungan polifenol yang akan bekerja efektif mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Polifenol itu sendiri merupakan zat antioksidan yang akan melawan radikal bebas dan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Buah anggur juga memiliki kadar serat yang tinggi. Menariknya lagi jenis buah ini rendah kalori jadi aman saja untuk dikonsumsi secara rutin. Bahkan buah anggur gak hanya bisa mengatasi hipertensi namun juga efektif untuk mencegah berbagai jenis sindrom metabolik lainnya.

4. Buah Bit

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/bit-595x335.jpg

Sayufriends pasti kenal dong buah bit? Bit juga merupakan salah satu buah untuk menurunkan darah tinggi secara alami. Ada sebuah penelitian yang sudah membuktikan bahwa konsumsi buah bit bisa menurunkan tekanan darah sistolik dalam waktu 6 jam. Ini disebabkan oleh adanya kandungan zat nitrat di dalam buah bit yang akan membuat tekanan darah jadi lebih stabil.

5. Kiwi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/kiwi-1-595x335.jpg

Rasanya yang asam dan segar membuat buah kiwi disukai oleh banyak orang. Nah, jenis buah yang satu ini ternyata punya banyak manfaat bagi tubuh salah satunya bisa menurunkan tekanan darah. Kiwi mengandung vitamin C, vitamin E, asam folat, juga kalium yang bisa mengatasi hipertensi.

Ada sebuah penelitian yang sudah membuktikan khasiat dari buah kiwi. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi buah kiwi ternyata mengalami penurunan tekanan darah lebih efektif. Selain itu buah ini juga bisa bekerja efektif meningkatkan imun tubuh jadi sangat bagus jika dimakan secara rutin.

6. Delima

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/delima-1-595x335.jpg

Siapa suka makan buah delima? Delima juga menjadi salah satu jenis buah untuk menurunkan darah tinggi secara natural. Buah ini punya kandungan polifenol dan kalium yang akan membantu proses penurunan tekanan darah. Jadi sangat direkomendasikan bagi para penderita hipertensi.

7. Jeruk

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/jeruk-1-595x335.jpg

Sayufriends pasti tahu dong kalau buah jeruk punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu alasannya karena buah ini punya kandungan vitamin C yang tinggi. Selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata vitamin C dalam buah jeruk ini juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Cara konsumsinya juga bervariasi, bisa dimakan langsung maupun disajikan dalam bentuk jus.

8. Melon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/melon-595x335.jpg

Nah, kalau jenis buah yang satu ini sudah sangat populer dikenal sebagai salah satu buah untuk menurunkan darah tinggi. Melon memang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Jadi gak heran jika konsumsi melon bisa memberikan efek penurunan tekanan darah terutama bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Buah melon juga dikenal memiliki kadar sodium yang sangat rendah. Seperti diketahui bahwa sodium ini nih yang bikin tekanan darah melonjak tinggi. Gak hanya menurunkan tekanan darah, melon juga bisa memberi manfaat lainnya mulai dari mencegah dehidrasi, meningkatkan imunitas, hingga melancarkan pencernaan.

9. Buah Beri

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/beri-595x335.jpg

Gak hanya lucu dan menggemaskan, buah beri ternyata juga kaya akan manfaat. Sayurfriends bisa mengonsumsi buah beri untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah yang dimaksud di sini berupa blueberry, raspberry, stroberi, dan jenis beri lainnya. Buah-buahan tersebut ternyata mengandung senyawa flavonoid yang akan membantu mengendalikan tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi.

10. Alpukat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/alpukat-595x335.jpg

Berikutnya ada buah alpukat yang gak hanya terkenal enak tapi juga kaya manfaat. Buah ini kaya akan lemak tapi juga mengandung vitamin dan mineral yang beragam. Salah satu manfaat dari alpukat adalah bisa menurunkan tekanan darah karena kandungan kaliumnya yang cukup tinggi.

Catat juga ya, alpukat mengandung zat bernama karotenoid. Zat ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung secara optimal. Nah, ada tips nih jika Sayurfriends ingin mendapatkan manfaat alpukat yaitu kupaslah kulitnya dengan hati-hati. Berbagai senyawa baik dalam alpukat ternyata berada tepat di bawah kulitnya. Jadi jangan terlalu tebal mengupas bagian kulitnya, ya!

11. Nanas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/nanas-2-595x335.jpg

Punya rasa yang tajam, buah nanas juga jadi favorit bagi banyak orang. Buah ini biasa dikonsumsi bersama sambal rujak atau bisa juga disajikan dalam bentuk jus. Buah nanas ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan kalium yang cukup tinggi di dalamnya. Selain bisa menurunkan tekanan darah, kandungan kalium ini juga bisa membantu mencegah penyakit jantung, lho!

Tapi perlu diperhatikan ya, konsumsi buah nanas ini seringkali menimbulkan masalah lambung. Terutama bagi Sayurfriends yang punya riwayat asam lambung jadi harus hati-hati. Pastikan untuk mengonsumsi buah nanas secukupnya saja dan jangan langsung makan dalam kondisi perut kosong. Selain itu Sayurfriends juga bisa memilih jenis nanas yang rasanya gak terlalu asam.

12. Buah Pir

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/pir-595x335.jpg

Sayurfriends juga pasti gak asing kan dengan buah pir? Jenis buah yang satu ini juga sangat populer dan mudah dijumpai di pasaran. Kandungan airnya yang begitu tinggi membuat buah pir sangat segar untuk dikonsumsi. Rasanya juga manis dan enak untuk dimakan secara langsung.

Buah pir ternyata memiliki kandungan kalium dan beragam jenis zat antioksidan lainnya. Buah ini juga sama sekali gak mengandung lemak dan sodium yang bisa memicu tingginya tekanan darah. Konsumsi buah pir secara rutin bisa secara efektif menjaga kontraksi otot jantung dan mengendalikan denyut jantung yang berpengaruh terhadap tekanan darah.

Ternyata ada banyak banget ya buah untuk menurunkan darah tinggi. Buah-buahan ini sangat aman dikonsumsi dan bisa memberi banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Yuk, Sayurfriends bisa mulai rutin membiasakan diri makan aneka jenis buah dari sekarang. Pastikan konsumsi buah juga diimbangi dengan aktivitas olahraga dan pola makan sehat supaya tekanan darah selalu stabil, ya!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox