11 Makanan Penurun Kolestrol secara Efektif, Alami dan Aman Dikonsumsi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/makanan-penurun-kolestrol-595x335.jpg

Kolestrol tinggi menjadi salah satu momok buat kesehatan tubuh kita. Sayurfriends harus hati-hati nih jangan sampai kadar kolestrol dalam tubuh melonjak drastis tak terkendali. Sebenarnya di sekitar kita ada banyak kok makanan penurun kolestrol yang aman dikonsumsi. Yuk langsung simak deretan bahan makanan apa saja sih yang bisa menurunkan kadar kolestrol.

1. Bayam

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/bayam-595x335.jpg

Siapa suka makan sayur bayam? Nah, sayur hijau yang satu ini ternyata gak hanya enak tapi juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Bahkan bayam dianggap sebagai sayuran hijau yang paling efektif menurunkan kolestrol. Selain itu, bayam juga bisa membantu memperkecil risiko penyakit jantung jika Sayurfriends mengonsumsinya secara rutin.

Bayam ini jenis sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan. Harganya pun juga terjangkau dan menariknya lagi jenis sayuran ini juga mudah untuk diolah. Selain bisa dimasak sayur bening, bayam juga enak direbus biasa dan dimakan pakai sambal.

2. Seledri

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/seledri-595x335.jpg

Sayuran yang satu ini memang rasanya cukup sulit untuk disukai tapi jangan salah, manfaatnya luar biasa besar. Seledri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa mencegah terjadinya oksidasi LDL dalam tubuh. Sayurfriends bisa menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh dengan konsumsi seledri secara rutin. Bisa dijadikan bahan tambahan sup atau dikonsumsi dalam bentuk jus dan smoothies.

Ada tips nih buat Sayurfriends yang kurang suka makan seledri. Coba deh konsumsi seledri dalam bentuk smoothies tapi dicampur dengan buah-buahan lain yang manis dan enak. Pasti rasanya jauh lebih lezat dan lebih mudah untuk diterima. Coba saja pelan-pelan dan tingkatkan jumlah seledrinya kalau sudah benar-benar terbiasa.

3. Beras Merah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/beras-merah-595x335.jpg

Biasanya bahan makanan yang satu ini dijadikan andalan untuk menurunkan berat badan. Nah, selain bagus dikonsumsi saat program diet ternyata beras merah juga bermanfaat untuk kesehatan. Konsumsi beras merah ini diketahui bisa menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Beras merah itu sendiri mengandung selenium, fitonutrien, magnesium, dan vitamin B yang bisa membantu menurunkan kadar lemak di dalam darah. Selain itu kandungan seratnya juga sangat tinggi sehingga bisa membantu menurunkan kadar gula. Cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun hipertensi.

4. Kedelai

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/kedelai-595x335.jpg

Bahan makanan penurun kolestrol berikutnya adalah kedelai. Selain kandungan proteinnya tinggi, kedelai juga memiliki zat isoflavon yang akan membantu menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam darah. Menariknya lagi, kedelai ini sangat mudah untuk dijumpai. Sayurfriends bisa mengonsumsinya dalam bentuk kedelai utuh maupun dalam bentuk tahu, tempe, tepung kedelai, dan susu.

5. Buncis

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/buncis-595x335.jpg

Lanjut ke sayuran berikutnya yang juga bisa menurunkan kadar kolestrol tinggi dalam darah. Buncis merupakan salah satu pilihan sayuran yang bisa mengatasi masalah kolestrol. Sayuran ini memiliki serat larut yang bisa menjaga keseimbangan kadar kolestrol tubuh. Paling gak Sayurfriends disarankan untuk mengonsumsi 2 hingga 10 serat larut per hari dan ini bisa didapatkan dari buncis.

6. Gandum

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/gandum-595x335.jpg

Jenis makanan penurun kolestrol lainnya yang bisa Sayurfriends konsumsi secara rutin adalah gandum. Gandum ini sebenarnya memang sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari karena memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh. Selain bisa menjadi sumber energi bagi tubuh, gandum juga bisa membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Gandum merupakan sereal penuh gizi yang bisa menurunkan kadar kolestrol karena kandungan seratnya terbilang tinggi. Kadar serat ini bisa membantu melancarkan proses metabolisme kolestrol. Kolestrol akan diubah menjadi asam empedu yang kemudian dilepaskan ke usus halus dan dipakai untuk mencerna lemak. Sayurfriends bisa mengonsumsinya dalam bentuk sereal atau roti gandum utuh.

7. Ikan Salmon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/salmon-595x335.jpg

Gak hanya sayur saja kok yang bisa menurunkan kadar kolestrol tapi protein hewani juga bisa. Salah satu protein hewani yang cocok dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah adalah ikan salmon. Daging ikan salmon itu sendiri memang sudah terkenal kaya akan gizi dan bagus untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya kadar kolestrol jahat yang turun tetapi kadar trigliserida juga akan menurun berkat konsumsi daging ikan salmon. Tapi pastikan berhati-hati ya saat mengolah ikan salmon ini. Jangan sampai menggunakan bahan-bahan yang malah menambah kolestrol seperti minyak goreng. Lebih baik dimasak saja dengan cara dipanggang menggunakan oven.

8. Kacang-kacangan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/kacang-kacangan-595x335.jpg

Makanan penurun kolestrol berikutnya yang juga direkomendasikan adalah kacang-kacangan. Nah, bahan makanan yang satu ini ternyata bisa menurunkan kadar kolestrol berkat kandungan fitosterol yang ada di dalamnya. Zat ini mampu menghambat proses penyerapan kolestrol jahat yang ada di dalam darah.

Padahal sebagian besar orang menganggap kacang sebagai jenis bahan makanan yang mengandung banyak kolestrol. Faktanya, jika kacang ini diolah dengan cara yang tepat justru bisa memberi manfaat yang lebih baik bagi kondisi tubuh. Kacang justru bisa membantu menurunkan kolestrol dan memberikan sumber protein nabati yang bagus bagi tubuh.

9. Pisang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/pisang-1-595x335.jpg

Mana nih pencinta buah pisang? Konsumsi buah yang satu ini ternyata juga bagus lho untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Pisang adalah salah satu jenis buah yang mengandung zat inulin. Zat ini ternyata bisa menurunkan kadar kolestrol dari makanan-makanan berminyak yang masuk ke dalam tubuh. Jadi kadar kolestrol bisa lebih terkendali dan tubuh juga bisa jadi lebih sehat.

10. Ikan Tuna

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/tuna-595x335.jpg

Kalau tadi ada ikan salmon, sekarang ada ikan tuna yang juga bisa menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Jenis ikan yang satu ini juga gak kalah enak dari daging ikan salmon. Selain itu, cara pengolahannya juga bervariasi jadi bisa diakali tanpa menggunakan minyak atau bahan-bahan lain yang malah menambah kadar kolestrol dalam darah.

Ikan tuna adalah jenis ikan yang mengandung omega 3 cukup tinggi. Zat ini ternyata enggak hanya bagus untuk kecerdasan otak tapi juga bisa membantu menurunkan kadar kolestrol. Jika Sayurfriends mengonsumsi daging ikan ini secara rutin maka aliran darah akan lebih lancar, kadar kolestrol lebih terkontrol, dan jantung juga bisa jadi lebih sehat.

11. Cokelat Hitam

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/cokelat-hitam-595x335.jpg

Berikutnya ada cokelat hitam yang juga bisa membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Cokelat hitam ini punya cita rasa yang jauh lebih kuat dan memang cenderung lebih pahit daripada cokelat biasa. Namun manfaatnya begitu banyak, di antaranya bisa menurunkan kolestrol, mencegah inflamasi, melawan radikal bebas, dan menurunkan risiko stres.

Cokelat hitam ini bisa dikonsumsi secukupnya saja secara rutin. Tapi ingat ya, cokelat termasuk ke dalam jenis bahan makanan yang mengandung kalori tinggi. Jadi sebaiknya konsumsi cokelat tetap dibatasi dan diimbangi juga dengan konsumsi makanan sehat yang sudah disebutkan sebelumnya tadi.

Yuk, mulai sekarang lebih sering mengonsumsi beragam jenis bahan makanan penurun kolestrol yang sudah disebutkan tadi. Jangan lupa ya, imbangi juga dengan aktivitas olahraga yang rutin setiap hari. Pola makan yang sehat dan aktivitas olahraga rutin pasti bisa membantu tubuh jadi lebih sehat. Kebiasaan ini juga bisa membuat kadar kolestrol maupun gula darah jadi lebih stabil.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox