11 Manfaat Kentang untuk Kesehatan, Cocok Jadi Menu Diet Andalan

Kentang bisa dibilang sebagai salah satu bahan makanan favorit masyarakat luas. Mau itu digoreng, dikukus, atau diolah dengan cara apapun, rasa kentang tetap juara bagi yang mengonsumsinya. Usut punya usut, ternyata kentang ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, loh! Sayurfriends bisa cari tahu manfaat kentang ini bagi kesehatan lewat ulasan di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-kentang-595x335.jpg

1. Mengontrol Gula Darah

Kentang mengandung tipe pati yang tergolong spesial, yakni pati resistan. Tipe pati satu ini gak bisa dicerna dan diserap sepenuhnya oleh tubuh. Alih-alih dicerna sepenuhnya oleh tubuh, pati yang terkandung dalam kentang tersebut akan bergerak menuju usus besar, di mana pati tersebut nantinya akan jadi sumber nutrisi bagi bakteri baik yang ada di usus tersebut.

Nah, tipe pati yang dikandung oleh kentang inilah yang membuat bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaat yang ditimbulkannya adalah mengurangi resistansi insulin, sehingga bisa mengontrol gula darah. Nah, kandungan pati dalam kentang ini bisa ditingkatkan dengan cara menyimpan kentang yang telah direbus di dalam kulkas, lalu dikonsumsi selagi dingin.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kentang selanjutnya adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pati pada kentang akan berakhir di usus besar untuk kemudian menjadi makanan bagi bakteri baik di sana. Saat bakteri baik mencerna pati tersebut, maka pastinya akan berubah menjadi asam lemak rantai pendek atau short-chain fatty acids.

Nah, asam lemak rantai pendek ini sendiri berfungsi untuk meredakan peradangan di kolon, meningkatkan pertahanan kolon, serta mengurangi risiko kanker kolorektal. Gak hanya itu saja, asam lemak rantai pendek yang berawal dari pati resistan tersebut juga membantu penderita gangguan peradangan usus, seperti Crohn’s disease, kolitis ulseratif, dan divertikulitis.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kentang yang mungkin gak banyak diketahui oleh orang adalah untuk menurunkan tekanan darah. Kemampuan kentang dalam menurunkan tekanan darah disebabkan karena kulit kentang yang sangat kaya akan potasium. Tingginya kadar potasium dalam darah akan membuat ginjal mengeluarkan lebih banyak garam dan air, sehingga tekanan darah pun bisa berkurang.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Gak salah kiranya jika kentang disebut sebagai makanan yang bersahabat dengan jantung. Kandungan kentang seperti serat, potasium, vitamin C, dan vitamin B6, kesemuanya sangat bagus untuk kesehatan jantung. Kentang juga gak mengandung kolesterol, yang sebagaimana Sayurfriends ketahui, bisa memicu penyakit jantung jika kadarnya meningkat di dalam darah.

Sayurfriends mungkin penasaran bagaimana cara kerja dari nutrisi dalam kentang tersebut untuk memelihara kesehatan jantung. Salah satu kandungannya yaitu serat, akan bekerja dengan cara menurunkan kadar kolesterol yang berlebih di dalam darah. Dengan begini, risiko terjadinya penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah lalu memicu jantung koroner akan bisa dihindari.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat kentang selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker. Kemampuan kentang untuk mencegah munculnya penyakit kanker disebabkan karena adanya kandungan vitamin C yang cukup banyak di dalam kentang. Vitamin C ini akan berperan sebagai antioksidan, yang akan mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh akibat stres oksidatif oleh radikal bebas.

Manfaat makan kentang yang kaya vitamin C untuk mencegah kanker juga sejalan dengan hasil penelitian terkait efek pengonsumsian vitamin C. Hasil penelitian tersebut menunjukkan kalau wanita yang mengonsumsi lebih dari 60 miligram vitamin C per hari, berkurang risikonya mengalami kanker kolorektal sebesar 30 persen, dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsinya.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Tahukah Sayurfriends kalau kentang bisa juga membantu meningkatkan kesehatan otak? Kentang diketahui memiliki kandungan berupa asam alfa-lipoat atau alpha-lipoic acid. Asam alfa-lipoat ini sendiri merupakan sebuah koenzim yang berkontribusi bagi kesehatan otak. Asam satu ini telah terbukti bisa meningkatkan kembali defisit memori pada penderita Alzheimer.

Peran kentang dalam meningkatkan kesehatan otak juga bisa dilihat dari efek yang ditimbulkannya bagi penderita depresi. Pengonsumsian kentang bisa memberi efek yang bagus bagi neurotransmitter di otak yang bertanggung jawab untuk mengontrol level mood. Vitamin C pada kentang juga akan mencegah terjadinya kerusakan pada sel otak dengan sifat antioksidannya.  

7. Memelihara Kesehatan Tulang

Sayurfriends tentu ingin punya tulang yang sehat hingga tua nanti. Makanya, biasakan untuk memelihara kesehatan tulang dari sekarang, salah satunya dengan cara mengonsumsi kentang secara rutin dari sekarang. Kentang memiliki kandungan berupa magnesium dan potasium, di mana kedua kandungannya tersebut bisa mencegah hilangnya kepadatan tulang pada pria dan wanita.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika ditanya makanan apa yang tepat untuk dikonsumsi saat sedang diet untuk menurunkan berat badan, kentang merupakan salah satu yang sangat direkomendasikan. Mengapa demikian? Tentu saja alasannya karena kentang bisa memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga Sayurfriends gak akan makan terus-terusan dalam waktu yang berdekatan akibat merasa lapar kembali.

Berdasarkan penelitian, kentang diketahui bisa menghambat penyerapan makanan. Pasalnya, enzim protease yang diekstraksi dari kentang diketahui bisa mengurangi penyerapan makanan dan juga penambahan berat badan. Gimana, sudah siap untuk mendapatkan berat badan ideal dengan mengonsumsi kentang?

9. Meredakan Gejala Pramenstruasi

Sebagian besar wanita pasti pernah mengalami gimana gak nyamannya tubuh terasa saat gejala pramenstruasi muncul. Kombinasi mood yang turun naik dengan rasa gak nyaman di tubuh, seringkali membuat wanita jadi gak bisa menjalankan aktivitas hariannya dengan nyaman dan sebagaimana biasa. Agar gejala tersebut bisa agak mereda, Sayurfriends bisa coba konsumsi kentang.

Berdasarkan penelitian, minum jus kentang bisa membantu meredakan gejala yang ditimbulkan sebelum menstruasi. Kandungan karbohidrat dalam kentang bisa meningkatkan level triptofan, sebuah asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan produksi serotonin. Hormon serotonin ini sendiri bertanggung jawab untuk memperbaiki mood dan mengurangi kecemasan.

10. Membuat Tidur Jadi Nyenyak

Sayurfriends sering tidur gak nyenyak atau sulit tidur? Jika iya, coba konsumsi kentang untuk mengatasinya. Kentang memiliki kandungan berupa potasium, di mana kandungannya ini bisa membantu menenangkan atau merilekskan otot-otot tubuh, sehingga tidur bisa jadi lebih lelap dan tentunya berkualitas.

11. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat kentang yang juga sangat sayang untuk dilewatkan adalah menjaga kesehatan kulit wajah. Sayurfriends bisa menggunakan kentang untuk menghilang mata panda, menyamarkan kerutan, mata sembap, hingga menghilangkan bintik hitam di kulit wajah. Sayurfriends bisa jadikan kentang sebagai masker untuk mendapatkan manfaatnya tersebut.

Nah, itulah tadi 11 manfaat kentang yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Hal penting yang harus Sayurfriends ingat adalah manfaatnya tersebut bisa diperoleh jika kentang diolah dengan cara yang sehat pula, misalnya seperti dikukus atau direbus. Yuk mulai hidup sehat dari sekarang, salah satunya dengan mulai mengonsumsi kentang secara rutin.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox