10 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan, Gak Cuma Bisa Menyegarkan Aja

Saat cuaca lagi panas, enaknya memang makan buah yang segar seperti nanas. Usut punya usut, selain bisa menyegarkan tubuh, nanas masih punya segudang manfaat lainnya bagi tubuh. Makanya, Sayurfriends gak bakalan rugi kalau mengonsumsi buah dengan kulit yang bersisik ini secara rutin. Penasaran apa aja manfaat buah nanas? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-buah-nanas-595x335.jpg

1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Nanas merupakan buah yang bisa Sayurfriends konsumsi untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Alasannya tentu saja karena nanas merupakan buah yang rendah kalori, namun dilengkapi dengan beragam nutrisi yang melimpah. Adapun nutrisi pada nanas seperti vitamin C, mangan, serat, vitamin B6, tembaga, tiamin, folat, potasium, magnesium, niasin, riboflavin, dan zat besi.

Dari semua nutrisi yang dikandungnya, vitamin C dan mangan merupakan 2 nutrisi yang sangat melimpah kandungannya pada nanas. Sayurfriends bisa mencukupi nilai harian vitamin C sebanyak 88 persen dan mangan sebanyak 109 persen, dengan mengonsumsi sekitar 1 cup atau 165 gram nanas. Angka kandungan yang cukup tinggi, bukan?

2. Melindungi Sel Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Buah nanas merupakan buah yang kaya akan antioksidan, sehingga membuatnya bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas. Radikal bebas memicu munculnya stres oksidatif, yang kemudian bisa merusak sel-sel tubuh. Sel yang telah rusak bisa berujung pada peradangan kronis, melemahnya sistem imun, sakit jantung, diabetes, dan kanker.

Ada 2 tipe antioksidan yang begitu melimpah jumlahnya dalam buah nanas, yakni flavonoid dan fenolik. Keberadaan antioksidan inilah yang kemudian membantu sel-sel tubuh terhindar dari kerusakan. Selain bisa menghindarkan Sayurfriends dari risiko penyakit berat seperti yang disebutkan sebelumnya, antioksidan juga bisa bantu menghindari penuaan dini dan menjaga daya tahan tubuh.

3. Melancarkan Proses Pencernaan

Manfaat buah nanas selanjutnya adalah untuk melancarkan proses pencernaan, khususnya dalam memproses asupan berupa daging. Pada nanas, terdapat enzim pencernaan yang disebut bromelain. Nah, enzim ini berfungsi sebagai protease, yang akan memecah molekul protein. Saat pemecahan molekul protein selesai, maka usus kecil akan bisa dengan mudah menyerapnya.

Selain karena adanya kandungan enzim pencernaan yang bisa membantu proses pencernaan makanan seperti daging menjadi lebih lancar, kandungan serat buah nanas juga makin mengoptimalkan proses tersebut. Asupan serat juga akan memberikan efek kenyang lebih lama, serta menjaga kesehatan organ pencernaan secara keseluruhan.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang paling ditakuti di dunia. Penyakit kronis satu ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang gak terkendali atau abnormal. Pertumbuhan sel kanker ini sendiri kerap dikaitkan dengan situasi stres oksidatif dan peradangan kronis dalam tubuh. Salah satu asupan yang bisa mengurangi risiko kanker ini adalah antioksidan.

Kebutuhan Sayurfriends akan antioksidan untuk menurunkan risiko kanker bisa diperoleh dari buah nanas. Antioksidan yang diperoleh dari nanas akan bisa mencegah terjadinya oksidasi, sehingga peradangan kronis yang berujung pada kanker bisa dihindari. Enzim bromelain yang dimilikinya juga bisa membantu mengurangi risiko kanker, dengan cara kerja yang sama dengan antioksidan.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah nanas diketahui juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan berupa vitamin, mineral, dan enzimnya yang melimpah, sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga meredakan peradangan. Sayurfriends yang rentan mengalami demam, batuk, atau pilek, bisa coba konsumsi nanas secara rutin untuk bisa menurunkan potensi penyakit tersebut.

Potensi nanas dalam meningkatkan imun didukung oleh banyak penelitian. Salah satu penelitian melibatkan 98 anak, di mana sebagian gak mengonsumsinya, sebagian mengonsumsi 140 gram nanas, dan sebagian lagi mengonsumsi hampir 280 gram nanas per hari. Berdasarkan penelitian tersebut, anak yang mengonsumsi nanas memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi virus dan bakteri.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Jaringan Tubuh

Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas ternyata gak hanya bisa membantu melancarkan proses pencernaan. Enzim tersebut juga bisa membantu mempercepat atau melancarkan proses penyembuhan kulit dan jaringan tubuh. Cara kerja enzim itu adalah dengan memproduksi zat yang bisa melawan rasa sakit dan juga pembengkakan pada tubuh.

Kemampuannya dalam mempercepat proses penyembuhan kulit dan jaringan tubuh ini, membuatnya menjadi salah satu buah yang direkomendasikan setelah seseorang menjalani operasi. Asupan enzim bromelain akan membuat proses penyembuhan jaringan tubuh dan kulit yang terluka saat operasi menjadi lebih lancar.

7. Meredakan Peradangan

Peradangan merupakan salah satu proses alami yang terjadi di dalam tubuh, sebagai bentuk respons tubuh atas luka atau penyakit. Namun, jika peradangan itu terlalu banyak dan juga terjadi dalam waktu yang lama, akan bisa berujung pada peradangan kronis. Peradangan kronis inilah yang bisa memicu penyakit berat, seperti kanker dan sakit jantung.

Peradangan yang dialami salah satunya bisa diredakan dengan hadirnya asupan enzim bromelin yang terdapat pada buah nanas. Selain itu, enzim ini juga bisa menekan pertumbuhan tumor tertentu. Meskipun memang tidak menjamin seseorang akan terbebas dari risiko peradangan aku atau pun kronis, setidaknya pengonsumsiannya bisa membantu mencegah terjadinya peradangan tersebut.

8. Menyehatkan Tulang

Manfaat buah nanas yang juga gak diketahui oleh banyak orang adalah menyehatkan tulang. Buah nanas memiliki kandungan berupa mangan yang melimpah, di mana mangan sifatnya esensial dalam menjaga kekuatan tulang. Mangan bisa membantu mencegah osteoporosis, serta meningkatkan kepadatan tulang di tubuh secara keseluruhan.

9. Meredakan Gejala Artritis

Artritis atau radang sendi merupakan kondisi yang ditandai dengan terjadinya peradangan pada satu atau beberapa sendi tubuh. Saat artritis itu kambuh, maka sendi akan membengkak, terasa kaku, nyeri, serta susah untuk digerakkan. Gejalanya yang membuat si penderita merasa gak nyaman tersebut, bisa coba diredakan dengan mengonsumsi buah nanas.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan berupa enzim bromelain pada buah nanas bisa membantu meredakan peradangan. Asupan enzim bromelain inilah yang kemudian membantu meredakan rasa nyeri saat artritis sedang kambuh. Pada sebuah penelitian, ditemukan kalau suplemen bromelain terbukti bisa meredakan rasa nyeri osteoartritis di punggung bawah.

10. Mencegah Asma

Beta-karoten adalah salah satu kandungan yang dimiliki oleh buah nanas. Nah, kandungannya ini merupakan salah satu nutrisi yang bisa membantu menurunkan risiko seseorang menderita penyakit asma. Selain dengan adanya beta-karoten, beberapa penelitian menunjukkan kalau keberadaan enzim bromelain juga disebutkan berkonstribusi dalam meredakan gejala asma.

Gimana, makin tertarik gak untuk mengonsumsi buah nanas secara rutin setelah mengetahui manfaatnya tersebut? Manfaat buah nanas akan bisa diperoleh dengan mengonsumsinya dalam jumlah yang dianjurkan dan tentunya gak berlebihan. Tentu saja, pola hidup yang sehat juga akan sangat mempengaruhi keberhasilan efek dari buah nanas tersebut.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox