11 Manfaat Bengkuang bagi Tubuh, Gak Hanya untuk Merawat Kulit Loh!

Jika bicara soal bengkuang, mungkin yang terlintas di benak Sayurfriends adalah kegunaannya sebagai bahan baku produk kecantikan. Padahal, manfaat bengkuang lebih dari sekadar untuk menjaga kesehatan kulit saja. Kandungan yang terdapat dalam bengkuang berkhasiat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk intip langsung di sini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-bengkuang-595x335.jpg

1. Bantu Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Bengkuang merupakan buah yang begitu kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Makanya, gak salah jika dikatakan kalau dengan mengonsumsi buah satu ini, akan bisa membantu Sayurfriends untuk memenuhi nutrisi penting harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, apa aja sih nutrisi yang terkandung dalam buah bengkuang tersebut?

Pada bengkuang, terdapat berbagai jenis vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, folat, potasium, dan magnesium. Bengkuang juga merupakan buah yang rendah kalori dan kaya akan serat dan air, sehingga sangat pas untuk dikonsumsi oleh Sayurfriends yang sedang diet. Dari bengkuang juga, Sayurfriends bisa dapatkan asupan antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten.

2. Melindungi Sel Tubuh dari Kerusakan

Mengingat bengkuang adalah buah yang begitu kaya akan antioksidan, makanya gak heran jika buah ini memiliki manfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan. Pada 1 cup atau setara dengan 130 gram bengkuang, bisa mencukupi hampir setengah asupan referensi diet vitamin C. Antioksidan lain yang dikandungnya seperti vitamin E, selenium, dan beta-karoten.

Asupan antioksidan yang diperoleh dari bengkuang akan bisa melindungi sel dari potensi kerusakan, dengan cara melawan radikal bebas. Seperti yang Sayurfriends ketahui, radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif yang sangat berat kaitannya dengan masalah kesehatan, seperti kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan penurunan kognitif.

3. Memelihara dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat bengkuang selanjutnya adalah membantu memelihara dan meningkatkan kesehatan jantung. Bengkuang memiliki kandungan berupa serat pangan, potasium, zat besi, tembaga, dan nitrat, yang kesemuanya bagus untuk jantung. Tiap kandungannya tersebut punya andil tersendiri dalam hal menjaga kesehatan jantung.

Serat pangan pada bengkuang akan membantu menurunkan kolesterol, dengan cara mencegah hati memproduksi lebih banyak kolesterol. Sedangkan potasium bekerja dengan cara menenangkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa tetap stabil. Kemudian, tembaga, zat besi, dan nitrat membantu dalam hal melancarkan sirkulasi darah.

4. Melancarkan Proses Pencernaan

Bengkuang juga terkenal akan manfaatnya untuk melancarkan proses pencernaan. Dalam 130 gram bengkuang, terdapat 6.4 gram serat pangan, yang akan bisa mencukupi kebutuhan akan serat harian. Asupan serat yang melimpah inilah yang kemudian membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Bagi Sayurfriends yang mengalami konstipasi, bengkuang sangat pas untuk dikonsumsi. Bengkuang mengandung serat tipe inulin, di mana serat ini mampu meningkatkan frekuensi pergerakan usus menjadi 31 persen lebih tinggi pada orang yang mengalami konstipasi. Kandungan airnya yang melimpah juga akan mampu mengatasi konstipasi tersebut.

5. Memelihara Kesehatan Usus

Manfaat bengkuang selanjutnya adalah untuk memelihara kesehatan usus. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bengkuang kaya akan serat inulin yang merupakan serat prebiotik. Dengan mengonsumsi bengkuang yang kaya akan serat prebiotik tersebut, maka akan bisa meningkatkan populasi bakteri baik dan mengurangi bakteri jahat di dalam usus.

Perkembangan bakteri baik akibat diberi asupan serat prebiotik tersebut gak hanya berpengaruh pada kesehatan usus, loh! Beberapa tipe bakteri baik yang berkembang dengan asupan prebiotik tersebut akan bisa membantu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan penyakit ginjal.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Bengkuang memiliki kandungan berupa antioksidan, serat, dan prebiotik, yang kesemuanya tdiketahui bisa menurunkan risiko tipe kanker tertentu. Pada sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih dari 27 gram serat pangan setiap harinya, memiliki 50 persen risiko lebih rendah terkena kanker kolon, dibanding yang mengonsumsinya kurang dari 11 gram.

Antioksidan dalam bengkuang bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas, senyawa pemicu kerusakan sel dan kanker. Sedangkan prebiotik bekerja dengan cara meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus dan meningkatkan respons imun tubuh, agar risiko kanker bisa berkurang. Serat inulin pada bengkuang sendiri bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan usus.

7. Menurunkan Berat Badan

Bagi Sayurfriends yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, bengkuang merupakan salah satu menu diet ideal untuk dikonsumsi. Mengapa bengkuang begitu direkomendasikan untuk menurunkan berat badan? Alasannya adalah karena bengkuang merupakan buah yang rendah kalori, namun kaya akan air dan serat.

Dengan mengonsumsi bengkuang, maka Sayurfriends akan bisa merasa kenyang lebih lama. Kandungan serat inulin yang dimilikinya juga kerap dihubungkan dengan penurunan berat badan, serta memiliki efek pada hormon yang bisa mempengaruhi rasa lapar dan kenyang. Dengan begini, maka gak akan sulit bagi Sayurfriends untuk mencapai berat badan ideal.

8. Mengontrol Kadar Gula darah

Meningkatnya kadar gula dalam darah akan bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan. Agar gula darah tetap bisa stabil, Sayurfriends bisa konsumsi bengkuang. Serat yang terkandung dalam bengkuang akan bisa menjaga kestabilan gula darah. Serat akan memperlambat proses pencernaan, sehingga mencegah naiknya gula darah secara cepat setelah makan.

9. Menguatkan Tulang

Manfaat bengkuang yang juga gak banyak diketahui oleh orang adalah bisa membantu menguatkan tulang. Bengkuang merupakan buah yang kaya akan mineral, seperti kalsium, fosfor, potasium, magnesium, dan mangan, yang kesemuanya tentu berkontribusi besar dalam menjaga kesehatan tulang.

Gak hanya itu saja, serat inulin yang terkandung dalam bengkuang juga bisa mengurangi kehilangan tulang atau bone loss. Cara kerja serat inulin dalam mengurangi kehilangan tulang ini adalah dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mempertahankan keberadaan mineral lainnya di dalam tulang.

10. Meningkatkan Fungsi Otak

Setiap orang tentu ingin agar bisa meningkatkan kemampuan kognitifnya. Nah, hal tersebut bisa coba diwujudkan dengan mengonsumsi bengkuang. Bengkuang diketahui mengandung vitamin B6, vitamin yang bisa menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kapabilitas mental umum, seperti memecahkan masalah, memikirkan, merencanakan, memberi alasan, dan mempelajari sesuatu.

11. Mencegah Anemia

Bengkuang juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia. Kandungan berupa zat besi dan folat yang dimilikinya, sangat diperlukan dalam proses produksi sel darah merah dalam tubuh, serta memastikan sel berkembang dan menjalankan fungsinya dengan baik. Dengan begini, maka tubuh bisa terhindar dari anemia, kondisi yang terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah.

Itulah tadi 11 manfaat bengkuang bagi tubuh yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Kandungan nutrisinya yang melimpah, membuatnya sangat direkomendasikan sebagai salah satu buah untuk dikonsumsi dengan rutin. Sayurfriends bisa langsung memakan buah ini atau bisa juga dengan mengolahnya menjadi jus atau smoothie agar terasa lebih nikmat.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox