10 Resep Olahan Pepaya yang Enak dan Sehat untuk Keluarga

Kategori
Pepaya memiliki banyak manfaat untuk pencernaan. Selain nikmat dikonsumsi langsung, buah berwarna orange kemerahan ini juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tidak hanya yang sudah matang saja, pepaya yang masih mudah pun populer diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang enak dan sehat. Pastinya, resep dan olahan pepaya berikut juga cocok disajikan untuk semua anggota keluarga. Langsung saja, berikut ini adalah 10 resep olahan pepaya yang enak dan sehat untuk keluarga yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Resep Olahan Pepaya yang Enak dan Sehat

Ingin mengolah buah pepaya? Berikut ini adalah 10 resep olahan pepaya yang enak dan sehat untuk keluarga yang bisa kamu coba sendiri di rumah.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/01/pexels-alleksana-4113867-595x397.jpg
Resep Olahan Pepaya yang Enak dan Sehat untuk Keluarga. (Foto: Pixabay)

1. Puding pepaya

Siapa sih yang tidak suka puding. Apalagi, jika dikombinasikan dengan buah-buahan segar, seperti pepaya. Untuk membuatnya, kamu bisa memblender pepaya hingga teksturnya halus. Kemudian, campurkan dengan susu segar, agar-agar bubuk, dan gula.
Masak dengan api sedang. Setelah adonan tercampur rata, tuang ke dalam cetakan. Tiriskan hingga dingin, lalu masukkan ke dalam kulkas. Setelah dingin, sajikan sebagai pencuci mulut.

2. Pepaya cincang

Tidak hanya diolah, buah ini juga nikmat dikonsumsi secara langsung. Sebelumnya, pastikan jika pepaya yang sudah kamu pilih matang sempurna, lalu kupas dan cuci bersih dengan air masak.
Potong pepaya dengan ukuran kecil agar memudahkan kamu saat mengonsumsinya nanti. Agar cita rasanya lebih segar, kamu bisa menambahkan perasaan jeruk nipis di atasnya.

3. Jus pepaya

Buah yang segar sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang terik. Pastinya, jus pepaya pun bisa menjadi pelepas dahaga yang tepat. Nah, agar lebih segar, kamu bisa memadukannya dengan buah-buahan lain. Sebaiknya, pilih jenis buah dengan rasa manis dan mengandung banyak air. Hal ini agar tekstur jusnya nanti tidak terlalu kental.

4. Smoothies pepaya

Selain jus, olahan pepaya lain yang tidak kalah menyegarkan adalah smoothies. Untuk membuatnya, kamu bisa memotong pepaya terlebih dahulu dengan ukuran sedang.
Kemudian, simpan rapat pada sebuah wadah dan taruh dalam kulkas. Setelah dingin, blender hingga teksturnya halus. Lalu, beri susu atau madu untuk menambah cita rasanya.

5. Es krim stik pepaya

Apabila si kecil enggan mengonsumsi buah-buahan, mengapa kamu tidak mengolahnya menjadi es krim stik? Nah, untuk membuat es krim stik pepaya, kamu bisa membuat jus pepaya terlebih dahulu.
Lanjutkan dengan menuangkannya ke dalam cetakan es krim stik. Setelah itu, bekukan di dalam freezer. Agar rasanya lebih bervariasi, kamu bisa memberi madu, susu, atau potongan buah-buahan segar seperti strawberry atau alpukat.
Tertarik untuk mencoba resep olahan pepaya ini? Kamu bisa membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

6. Manisan pepaya basah

Mengolah buah menjadi manisan tentu memiliki keunggulan dalam hal masa penyimpanan. Untuk membuat manisan pepaya, kamu bisa kupas dan cuci pepaya hingga bersih.
Kemudian, potong pepaya dengan ukuran sedang. Lanjut dengan menambahkan garam dan kapur sirih yang sebelumnya sudah dilarutkan dalam air. Lalu, aduk hingga rata dan tiriskan.
Setelah itu, masukkan potongan buah pepaya dalam larutan garam dan kapur sirih. Lalu, biarkan hingga teksturnya layu dan setelah itu tiriskan. Rendam kembali potongan buah pepaya dalam air kapur sirih selama 12 jam.
Selanjutnya, masukkan pepaya ke dalam sebuah wadah, kemudian beri gula pasir dan aduk hingga rata. Biarkan selama 2 jam hingga air pepaya keluar.
Tiriskan dan sisihkan kembali airnya, lalu masak air gula bekas rendaman pepaya dengan gula sebanyak 150 gram hingga mengental, lalu angkat dan dinginkan.
Masukkan air gula yang sebelumnya digunakan untuk masak pepaya, lanjutkan kembali dengan merendamnya selama satu malam. Lakukan kembali langkah tersebut hingga gulanya habis.

7. Manisan pepaya kering

Jika sebelumnya kamu membuat manisan pepaya basah, kini kamu juga bisa membuat manisan pepaya kering. Proses pertamanya terbilang sama, kamu bisa mengupas dan memotong pepaya menjadi ukuran sedang. Cuci hingga bersih dan simpan pada wadah. Beri garam dan remas-remas pepaya hingga teksturnya layu. Cuci kembali dan tiriskan.
Setelah itu, rendam pepaya dalam larutan kapur sirih kurang lebih selama 2 jam, lalu cuci dan tiriskan kembali. Beri 250 gram gula pasir, sembari aduk hingga rata sampai air dari pepaya keluar. Biarkan selama 1 jam hingga gula meresap.
Rebus sisa gula dengan air sebanyak 250 ml dan masak mendidih. Siram larutan gula ke dalam wadah tempat menyimpan pepaya. Biarkan hingga terendam selama satu malam.
Setelah itu, pisahkan kembali pepaya dan rendaman airnya, kemudian rebus air rendaman sampai kental. Rendam kembali pepaya dalam air tersebut selama satu malam. Barulah jemur selama 2 hari hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari langsung.

8. Tumis pepaya muda

Langkah pertama, parut pepaya membentuk memanjang. Setelah itu, rendam ebi hingga mengembang, kemudian ulek halus bersama dengan bawang putih.
Lanjut dengan menumis hingga aromanya harum. Masukkan pepaya yang sudah diserut sembari diberi saus tiram, garam, penyedap, gula, dan merica, aduk rata. Biarkan hingga pepaya lembut dan matang. Setelah itu, angkat dan sajikan.

9. Oseng-oseng pepaya muda

Pertama, kamu bisa menyerut pepaya muda dengan bentuk memanjang. Lanjut dengan mencucinya hingga bersih. Buat bumbu dengan menghaluskan cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih hingga halus. Kemudian, tumis hingga harum. Setelah itu, masukkan gula, garam, kaldu bubuk, dan beri air agar bumbu lebih mudah meresap.
Setelah itu, masukkan pepaya sambil terus diaduk rata. Beri kecap dan biarkan meresap sambil diaduk. Biarkan pepaya empuk dan aduk hingga kecap meresap. Angkat dan sajikan.

10. Pepaya muda masak santan

Bahan-bahan utama yang harus dipersiapkan antara lain, buah pepaya muda yang sudah dipotong panjang berukuran kecil. Siapkan juga beberapa potong tahu coklat, santan kental, kaldu ayam, minyak untuk menumis bumbu, garam, dan gula secukupnya.
Untuk bumbu halusnya, siapkan bawang merah, bawang putih, butir kemiri, cabai keriting, dan kunyit bubuk. Sedangkan bahan untuk bumbu tambahannya yaitu, siapkan lengkuas yang sudah digeprek, cabai rawit utuh, dan daun salam.
Untuk membuatnya, kamu bisa menumis bumbu halus terlebih dahulu dengan minyak hingga aromanya harum. Setelah itu, lanjutkan dengan masukkan lengkuas dan daun salam.
Lanjut dengan menambahkan irisan pepaya muda sambil diaduk rata, baru tambahkan potongan tahu, dan masak setengah matang. Masukkan kaldu ayam dan masak hingga didih.
Beri tambahan rawit utuh setelah airnya mulai berkurang. Lanjut dengan memasukkan santan sambil tetap diaduk rata. Tambahkan garam dan gula sesuai selera sambil tetap diaduk. Setelah matang, angkat dan sajikan.
Itulah 10 resep olahan pepaya yang enak dan sehat untuk keluarga yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Tertarik untuk membuatnya? Kamu bisa membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
(Siti Kamilla)