Mudah Didapat, Ini 10 Obat Asam Urat Alami yang Berasal dari Tanaman Herbal

Asam urat biasanya dialami orang berusia lanjut. Umumnya, penyakit ini menyerang kaum laki-laki berusia di atas 30 tahun. Bukan berarti wanita tidak akan mengalaminya. Setelah wanita melewati masa menopause, gangguan ini bisa saja terjadi. Seseorang yang terserang biasanya merasakan nyeri tak tertahankan yang diikuti pembengkakan dengan rasa panas di beberapa area persendian. Rentan waktunya pun bisa berlangsung selama 3-10 hari dengan gejala awal yang terhitung cepat. Semua area persendian di tubuh memiliki risiko yang sama mengalami asam urat. Namun, area yang paling sering terjadi adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Nah, jika kamu mengalami gejala yang kurang lebih sama, sebaiknya ditangani terlebih dahulu dengan obat-obatan herbal. Berikut ini adalah 10 obat asam urat alami dari tanaman herbal yang bisa kamu coba.

Ini obat asam urat alami dari tanaman herbal

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/07/spices-2546792_1920-595x396.jpg

Obat Asam Urat Alami yang Berasal dari Tanaman Herbal. (Foto: Pixabay)

1. Daun salam

Tanaman yang lebih dikenal sebagai bumbu dapur ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal asam urat. Pasalnya, tanaman ini mengandung senyawa flavonoid, tanin, dan atsiri alkaloid sehingga bisa meredakan nyeri akibat peradangan karena asam urat. Kamu dapat mencuci bersih dan merebus 5-10 lembar daun salam berwarna hijau tua dengan 3 gelas air putih. Masak hingga air berkurang sepertiganya dan minumlah secara rutin.

2. Biji seledri

Meskipun daunnya lebih sering digunakan sebagai plating makanan, namun biji seledri juga memiliki manfaat untuk persendian. Di dalam biji seledri terkandung glikosida yang diyakini dapat bermanfaat untuk mengatasi asam urat dan gangguan persendian lainnya. Tidak jauh berbeda dengan penggunaan daun salam, kamu bisa merebus 3 gelas biji seledri dengan 3 gelas air. Lalu, masak hingga air berkurang setengahnya. Saring dan minum air rebusan tersebut dua hingga tiga kali sehari.

3. Sambiloto

Nama tanaman ini memang tidak sepopuler tanaman sebelumnya. Namun, sambiloto memiliki khasiat yang sama. Kandungan zat aldehid, keton, alkana, dan flavonoid dikenal baik sebagai obat alami dalam meredakan sakit karena masalah asam urat. Untuk memanfaatkannya, kamu bisa merebus segenggam kecil daun sambiloto dengan air sebanyak dua gelas. Masak hingga menyisakan sepertiga air, lanjutkan dengan menyaring dan meminum air rebusannya sekali dalam setiap harinya.

4. Teh hijau

Mungkin teh hijau lebih populer sebagai penurun lemak dan kolesterol. Namun, bagi kamu yang mengalami masalah asam urat, kamu juga bisa lho memanfaatkan tanaman ini. Pasalnya, kandungan epigallocatechin-3-gallate, polifenol, vitamin E, hingga vitamin C-nya dipercaya berkhasiat dalam menekan risiko asam urat dan sebagai antiinflamasi penyebab peradangan sendi. Kamu bisa merebus teh hijau seperti biasa dan mengonsumsinya setiap hari sebanyak 1-2 gelas.

5. Brotowali

Tanaman yang memiliki rasa pahit ini memang sudah dikenal sebagai obat herbal sejak dulu dan termasuk sebagai ramuan obat asam urat. Tidak hanya masalah persendian saja, gangguan lain seperti darah tinggi, kolesterol, gula darah, hingga meningkatkan imunitas pun bisa diatasinya. Sama seperti tanaman herbal lainnya, brotowali juga disajikan dengan cara direbus. Pertama, cuci bersih dan rebus beberapa lembar daun brotowali. Kemudian, saring dan minum.

Ingin mencoba obat asam urat alami ini? Kamu bisa membeli rempah-rempah untuk dijadikan obat asam urat alami di Sayurbox. Yuk, cek produknya di Sayurbox sekarang!

6. Sidaguri

Tanaman yang kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan ramuan herbal ini memang masih cukup asing bagi sebagian orang. Umumnya, sidaguri kerap dikonsumsi untuk mengatasi infeksi pada kulit. Meski begitu, sidaguri juga memiliki manfaat untuk meredakan nyeri akibat rematik dan asam urat. Masih dengan cara yang sama, yaitu dengan merebus beberapa lembar sidaguri yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, masak, saring, dan minum.

7. Kumis kucing

Mungkin sebagian dari kamu lebih mengenal tanaman ini sebagai obat batu ginjal. Tapi jangan salah, kandungan zat orthosiphonin glikosida dan diuretik di dalamnya bisa membantu merangsang mengeluarkan asam urat melalui urin, lho. Untuk memanfaatkannya, kamu bisa merebus satu genggam daun kumis kucing yang sudah dicuci bersih bersamaan dengan satu ruas jahe merah yang sudah kamu iris tipis. Setelah itu, saring dan minum air rebusan tersebut.

8. Teh jelatang

Teh ini berasal dari tumbuhan jelatang yang berasal dari daerah Bengkulu Selatan. Tanaman ini dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat dan meredakan rasa sakit di persendian karena peradangan. Namun, kamu harus hati-hati ketika mengambil tumbuhan ini. Pasalnya, kulit kamu bisa gatal jika tersentuh. Untuk memanfaatkannya, kamu bisa merebusnya secangkir air mendidih dengan 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering. Setelah masak, saring dan minumlah 3 gelas per hari.

9. Jahe

Tidak perlu diragukan lagi, manfaat jahe memang sudah dikenal sebagai obat herbal sejak dulu. Nah, jika kamu mengalami gejala-gejala asam urat, kamu memanfaatkan kandungan antiinflamasi dalam jahe. Tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya, kamu bisa merebus dan mengonsumsi air rebusan jahe hangat secara teratur.

10. Kunyit

Mungkin kamu lebih mengenal kunyit sebagai bumbu dapur. Tapi, tahukah kamu jika kunyit juga memiliki manfaat dan nutrisi yang luar biasa? Salah satu kandungan terkenal miliknya adalah curcumin. Kandungan ini dikenal berkhasiat dalam mengatasi rasa sakit karena asam urat. Kandungan tersebut dikenal baik sebagai anti-inflamasi dan pereda rasa sakit, terutama di area persendian.

Nah, itulah 10 obat asam urat alami yang berasal dari tanaman herbal. Ternyata, banyak bukan tanaman yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi dan meredakan asam urat. Selain mudah dibuat, pastinya obat herbal di atas bebas dari efek samping yang merugikan. Kamu bisa menemukan beberapa tanaman atau obat asam urat alami tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox