10 Rekomendasi Obat Alami Sakit Gigi, Ada Air Garam Hingga Bawang Putih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/obat-alami-sakit-gigi-595x335.jpg

Sakit gigi bisa dibilang sebagai sakit yang paling gak ingin dirasakan oleh banyak orang. Sayurfriends yang pernah mengalaminya tentu sudah gak asing dengan rasa nyeri teramat sangat yang disebabkan karena sakit gigi, khususnya karena gigi yang berlubang. Nah, saat gigi sedang terasa sakit, Sayurfriends bisa coba meredakannya dengan obat alami sakit gigi berikut ini.

1. Berkumur dengan Air Larutan Garam

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/larutan-garam-1-595x335.jpg

Berkumur dengan air larutan garam bisa dibilang merupakan bentuk pertolongan pertama bagi sakit gigi yang digunakan oleh banyak orang. Air larutan garam bisa membantu mengatasi infeksi pada gigi dengan cara meredakan peradangan yang terjadi di sana, serta mengobati luka yang ada pada rongga mulut.

Gak hanya untuk meredakan sakit gigi saja, namun air larutan garam bisa Sayurfriends manfaatkan layaknya obat kumur untuk membersihkan mulut karena perannya sebagai disinfektan alami. Sayurfriends bisa campurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air putih hangat, lalu kemudian dijadikan sebagai cairan untuk berkumur agar sakit gigi bisa mereda.

2. Kompres Dingin

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/kompres-595x335.jpg

Kompres dingin bisa jadi pilihan Sayurfriends untuk meredakan sakit gigi. Kompres dingin atau kompres es khususnya bisa bantu redakan rasa sakit yang disebabkan karena luka pada gusi atau pembengkakan gusi. Kompres dingin akan membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke area yang terluka akan melambat. Alhasil, nyeri, peradangan, dan bengkak akan berkurang.

Bagaimana caranya untuk mengaplikasikan kompres dingin atau kompres es ini? Sayurfriends cukup tempelkan kompres dingin atau kompres es pada area pipi di sekitar gigi atau gusi yang terasa sakit. Tempelkan kompres selama beberapa menit, lalu ulangi kembali hingga bengkak dan rasa nyeri terasa mereda.

3. Bawang Putih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/bawang-putih-595x335.jpg

Pernahkah Sayurfriends disuruh untuk mengunyah bawang putih agar sakit gigi bisa mereda? Cara ini ternyata memang sudah sejak lama digunakan untuk meredakan sakit gigi. Usut punya usut, ternyata memang bawang putih memiliki kandungan berupa allicin, di mana kandungannya ini memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa membantu meredakan rasa sakit akibat infeksi bakteri tersebut.

Jika merasa gak berani mengunyahnya langsung, Sayurfriends bisa hancurkan satu siung bawang putih terlebih dahulu, lalu campurkan dengan sedikit garam. Campuran garam dan bawang putih ini kemudian bisa Sayurfriends aplikasikan atau oleskan pada area gigi yang terasa sakit, agar sakitnya bisa mereda.

4. Teh Pepermin

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/pepermin-tea-595x335.jpg

Obat alami sakit gigi selanjutnya adalah pepermin. Pepermin diketahui bisa memberikan efek mati rasa, sehingga bisa membantu meredakan rasa sakit gigi yang Sayurfriends rasakan. Selain itu, kandungan mentol yang dimiliki oleh pepermin juga memiliki sifat antibakteri, yang bisa dimanfaatkan untuk membunuh bakteri yang menginfeksi gigi, sehingga sakit bisa mereda.

Agar bisa merasakan manfaat pepermin untuk meredakan sakit gigi, Sayurfriends bisa campurkan 1 sendok teh daun pepermin kering ke dalam secangkir air panas. Rendam daun pepermin kering tersebut selama 20 menit, lalu kemudian dinginkan. Sayurfriends bisa minum teh pepermin ini atau menjadikannya sebagai obat kumur.

5. Thyme

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/thyme-595x335.jpg

Selain digunakan untuk meredakan batuk dan bronkitis, thyme ternyata juga bisa diandalkan untuk meredakan sakit gigi. Thyme dalam bentuk minyak esensial memiliki kandungan utama yang disebut thymol, di mana kandungannya ini bekerja layaknya antiseptik dan memiliki sifat antijamur. Kandungannya inilah yang kemudian bermanfaat untuk meredakan sakit gigi.

Dalam rangka mengobati sakit gigi, Sayurfriends bisa gunakan minyak esensial thyme. Sayurfriends bisa campurkan 1 tetes minyak esensial thyme ke dalam segelas air, lalu kemudian menjadikannya sebagai obat kumur. Selain itu, Sayurfriends juga bisa campurkan beberapa tetes minyak esensial thyme dengan air putih, lalu aplikasikan campurannya tersebut pada gigi yang sakit.

6. Lidah Buaya

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/lidah-buaya-595x335.jpg

Cairan kental yang dimiliki oleh tumbuhan lidah buaya, biasa digunakan oleh sebagian orang untuk membersihkan dan meredakan sakit yang terasa di gusi. Berdasarkan penelitian, lidah buaya sendiri memiliki sifat antibakteri dan bisa membantu menghancurkan atau membasmi kuman yang menyebabkan pembusukan pada gigi.

Agar bisa merasakan manfaat lidah buaya untuk sakit gigi ini, Sayurfriends bisa ambil gel atau cairan kentalnya terlebih dahulu dari daun lidah buaya tersebut. Kemudian, aplikasikan atau oleskan gel lidah buaya tersebut ke area yang terasa sakit, sambil dipijat lembut. Lakukan ini selama beberapa menit untuk bisa meredakan rasa sakit yang terasa.

7. Cengkeh

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/cengkeh-595x335.jpg

Cengkeh yang terkenal dengan aromanya yang kentara, ternyata bermanfaat untuk meredakan sakit gigi, loh! Cengkeh diketahui memiliki kandungan berupa senyawa kimia yang disebut eugenol, di mana senyawa ini akan berperan sebagai anestetik alami. Selain itu, cengkeh juga punya sifat anti peradangan dan antibakteri, sehingga bisa melawan infeksi gigi dan gusi.

Agar bisa meredakan rasa sakit gigi, Sayurfriends bisa basahi kapas dengan minyak cengkeh, kemudian dioleskan ke area gigi atau gusi yang terasa sakit. Selain menggunakan minyak cengkeh, Sayurfriends juga bisa manfaatkan cengkeh kering dengan cara mengunyahnya langsung di area gigi yang sakit agar minyaknya keluar, lalu biarkan di sana selama 30 menit.

8. Ekstrak Vanila

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/ekstrak-vanila-595x335.jpg

Ekstrak vanila juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Ekstrak vanila memiliki kandungan alkohol di dalamnya, sehingga bisa menghilangkan rasa sakit sementara atau memberi efek mati rasa. Kemudian, sakit gigi akan coba diredakan dengan kandungan antioksidan yang dimilikinya. Aplikasikan ekstrak vanila ini pada gigi yang sakit dengan jari atau kapas.

9. Daun Pepaya

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/daun-pepaya-595x335.jpg

Selain buahnya, Sayurfriends juga bisa memanfaatkan bagian daun tumbuhan pepaya untuk kesehatan, yakni untuk meredakan sakit gigi. Pepaya memiliki sifat anti peradangan dan antimikroba, sehingga bisa membantu meredakan sakit gigi. Walaupun mungkin sedikit pahit, namun efeknya akan sangat membantu untuk menghilangkan rasa sakit.

Pemanfaatan daun pepaya untuk mengobati sakit gigi bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama, Sayurfriends bisa merebus daun pepaya tersebut dengan air putih, kemudian menjadikannya sebagai obat kumur setelah suhunya normal. Cara kedua adalah dengan mengunyah langsung daun pepaya menggunakan gigi yang sakit, agar efeknya bisa langsung terasa.

10. Daun Sirih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/saun-sirih-595x335.jpg

Terakhir, ada daun sirih yang juga sudah lama digunakan untuk mengobati sakit gigi. Daun sirih memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa membantu membunuh bakteri pada gigi berlubang. Sayurfriends bisa peroleh manfaat daun sirih ini dengan cara mengunyahnya langsung atau merebusnya terlebih dahulu dengan air bersih, lalu kemudian menjadikannya sebagai obat kumur.

Itulah tadi 10 obat alami sakit gigi yang bisa Sayurfriends coba gunakan di rumah, agar nyeri dan sakit pada gigi bisa berkurang. Perlu diingat, obat alami untuk sakit gigi ini mungkin hanya bisa membantu meredakan sakitnya sementara saja, sehingga Sayurfriends tetap perlu datang ke dokter gigi untuk berkonsultasi. Dengan begini, penyebab sakit gigi yang sebenarnya akan bisa diketahui.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox