11 Obat Batuk Alami Bikin Tenggorokan Segar dan Gak Gatal Lagi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/obat-batuk-alami-595x335.jpg

Saat musim hujan seperti sekarang ini, batuk memang kerap kali datang menyapa. Kalau sudah batuk, tenggorokan gak hanya terasa sakit namun juga gatal, sehingga tentu terasa sangat gak nyaman. Saat batuk datang menyerang, Sayurfriends bisa coba pakai obat batuk alami dahulu, alih-alih beli obat batuk sirup di apotek. Yuk intip apa saja obat batuk alami tersebut di bawah ini.

1. Madu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/madu-595x335.jpg

Madu memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa membantu mengatasi batuk dan meredakan iritasi di tenggorokan. Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 lalu, hasilnya menunjukkan kalau madu lebih berhasil meredakan batuk di malam hari pada anak-anak dibandingkan dengan dextromethorphan yang merupakan bahan utama dalam obat batuk.

Sayurfriends bisa manfaatkan madu untuk obat batuk dengan cara meminum 1 sendok teh madu beberapa kali dalam sehari. Selain itu, Sayurfriends juga bisa tambahkan madu ke dalam segelas air hangat atau teh, untuk kemudian diminum guna meredakan batuk. Batuk hilang, tenggorokan pun akan terasa lebih nyaman.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/kunyit-595x335.jpg

Kunyit memiliki kandungan yang disebut kurkumin, di mana kurkumin ini memiliki sifat anti peradangan, antivirus, dan antibakteri. Makanya, gak salah jika kunyit dimanfaatkan untuk mengobati batuk, khususnya batuk kering. Kunyit selama ini juga sudah sering dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan sistem pernapasan, bronkitis, dan asma pada pengobatan Ayurvedic.

Agar lebih mudah diserap oleh pembuluh darah sehingga batuk cepat mereda, kunyit baiknya dikombinasikan dengan lada hitam. Sayurfriends bisa campurkan 1 sendok teh kunyit bubuk dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman seperti teh atau jus untuk meredakan batuk. Selain itu, Sayurfriends juga bisa rebus kunyit untuk kemudian diminum air rebusannya.

3. Jahe

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/jahe-595x335.jpg

Obat batuk alami yang terbilang cukup populer di tengah masyarakat adalah jahe. Jahe memiliki sifat antibakteri dan anti peradangan, sehingga bisa membantu meredakan batuk yang mendera. Selain itu, kandungan jahe diketahui juga mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh, sehingga bisa meredakan rasa nyeri dan gak nyaman di tenggorokan karena batuk.

Agar bisa merasakan manfaat jahe untuk mengobati batuk, Sayurfriends bisa potong-potong kecil jahe, lalu rebus potongan jahe tersebut dengan air mendidih. Lalu, minum air rebusan jahe itu dalam kondisi hangat. Agar makin efektif mengobati batuk kering, Sayurfriends bisa tambahkan madu ke dalam air rebusan jahe tersebut.

4. Air Larutan Garam

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/larutan-garam-595x335.jpg

Cobalah untuk berkumur dengan menggunakan air larutan garam agar batuk yang Sayurfriends derita bisa mereda. Berkumur dengan air larutan garam bisa membantu membunuh bakteri yang ada di tenggorokan, serta membantu mencairkan mukus di sana. Mukus yang mencari akan bisa membantu membersihkan sinus dan membuat batuk lebih cepat hilang.

Menggunakan air larutan garam untuk berkumur juga akan membantu Sayurfriends meredakan pembengkakan dan iritasi di tenggorokan karena batuk berkepanjangan. Sayurfriends bisa gunakan baik air dingin maupun air hangat untuk dicampur dengan garam. Campurkan ¼ sendok teh garam dengan ¼ liter air putih, lalu berkumurlah dengan larutan air garam tersebut.

5. Pepermin

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/pepermin-595x335.jpg

Pepermin juga bisa Sayurfriends gunakan sebagai obat batuk alami. Kandungan mentol yang dimiliki oleh pepermin bisa membantu meredakan keinginan untuk batuk. Gak hanya itu saja, pepermin juga bisa membantu meredakan penyumbatan di sistem pernapasan saat batuk dan membasmi virus dan bakteri dengan sifat antivirus dan antibakteri-nya.

Sayurfriends bisa dapatkan manfaat pepermin untuk meredakan batuk ini dengan cara meminum teh pepermin atau mengonsumsi permen pepermin. Sayurfriends disarankan untuk mengonsumsi teh pepermin selagi hangat sebelum tidur untuk bisa meredakan batuk yang kerap datang menyerang di malam hari. Gunakan juga minyak esensial pepermin untuk pengobatan aromaterapi.

6. Akar Marshmallow

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/akar-marshmallow-595x335.jpg

Akar marshmallow merupakan obat herbal yang bisa Sayurfriends manfaatkan untuk mengobati batuk. Akar marshmallow ini memiliki sifat antibakteri dan sudah sering digunakan sebagai bahan pembuatan sirup batuk, karena bisa membantu meredakan batuk kering. Sebuah penelitian juga menunjukkan kalau akar marshmallow juga efektif menenangkan tenggorokan dan mengatasi iritasi.

7. Daun Thyme

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/daun-thyme-595x335.jpg

Daun thyme memiliki kandungan yang disebut flavonoid, di mana kandungannya ini bisa membantu menenangkan otot tenggorokan yang bekerja ekstra saat batuk, serta meredakan peradangan yang terjadi di sana. Olah daun thyme menjadi teh dengan merebus campuran 2 sendok makan daun thyme yang sudah dihaluskan dengan ¼ liter air putih.

8. Air Hangat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/air-hangat-595x335.jpg

Saat Sayurfriends batuk, coba redakan dengan mengonsumsi banyak air hangat. Mengonsumsi air hangat bisa membantu meredakan atau mengatasi kondisi kering di tenggorokan, kondisi yang menyebabkan Sayurfriends menderita batuk dan tenggorokan jadi terasa gak nyaman. Gak hanya itu saja, air hangat juga akan membantu mengurangi mukus di tenggorokan.

9. Terapi Uap

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/terapi-uap-595x335.jpg

Tahukah Sayurfriends kalau kondisi udara yang kering bisa menyebabkan batuk makin menjadi. Agar bisa meredakannya, Sayurfriends bisa coba untuk melakukan terapi uap atau menghirup uap hangat untuk melegakan penyumbatan di hidung dan mencairkan mukus kental yang ada di tenggorokan.

Jika gak ada air humidifier di rumah, Sayurfriends bisa coba untuk menghirup uap dari air panas yang diletakkan di wadah yang cukup besar. Posisikan wajah Sayurfriends di atas permukaan air tersebut untuk bisa menghirup uap hangat yang dikeluarkannya. Agar makin banyak uap yang bisa dihirup, tutup bagian kepala dan area sekitarnya dengan menggunakan handuk.

10. Nenas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/nanas-595x335.jpg

Nenas juga bisa Sayurfriends konsumsi untuk meredakan batuk. Nenas memiliki kandungan berupa enzim yang disebut bromelin, di mana enzim ini memiliki sifat anti peradangan dan mucolytic, sehingga membuatnya bisa memecah atau mengencerkan mukus dan membasminya dari dalam tubuh. Sayurfriends bisa konsumsi jus nenas untuk merasakan manfaatnya ini.

11. Makanan Kaya Probiotik

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/probiotik-595x335.jpg

Makanan kaya probiotik diketahui bisa membantu meredakan batuk. Meskipun probiotik gak secara langsung mengobati batuk, probiotik bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan cara menyeimbangkan bakteri di usus. Jika sistem imun tubuh sudah meningkat, maka tubuh akan bisa melawan infeksi penyebab batuk yang Sayurfriends derita.

Ada banyak makanan kaya probiotik di luar sana, seperti kimci, yogurt alami, tempe, kefir, acar, kombucha, makanan fermentasi lainnya, dan masih banyak lagi. Nah, Sayurfriends bisa konsumsi makanan kaya probiotik ini guna meredakan batuk yang sedang diderita. Selain enak di perut, batuk yang bikin tenggorokan jadi gak nyaman pun lewat.

Selain sirup dan obat generik, beberapa obat batuk alami yang disebutkan di atas bisa jadi pilihan Sayurfriends untuk mengobati batuk yang mendera. Jangan tunggu tenggorokan sakit dan iritasi dahulu baru kemudian minum obat. Saat gejala batuk mulai muncul, segera gunakan obat batuk alami yang disebutkan di atas agar batuk bisa hilang dan tenggorokan pun jadi terasa segar dan nyaman.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox