10 Manfaat Kelapa Muda untuk Segala usia, Bikin Segar dan Sehat

Kelapa muda jadi pilihan terbaik untuk mengatasi dahaga. Bukan hanya airnya saja yang bisa dikonsumsi tapi daging kelapanya juga enak untuk dinikmati. Menariknya lagi, kelapa muda ternyata punya banyak sekali manfaat bagi tubuh. Manfaat kelapa muda gak hanya bisa melegakan rasa haus tapi juga bisa menyehatkan tubuh. Yuk, langsung simak 10 manfaat yang diberikan kelapa muda berikut ini!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-kelapa-muda-595x335.jpg

1. Mengatasi Dehidrasi

Di cuaca panas, tubuh menghadapi risiko dehidrasi yang cukup tinggi. Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan cairan dan bisa berdampak fatal. Kondisi ini bisa mengurangi konsentrasi dan membuat tubuh jadi lemas. Solusi paling mudah untuk mengatasi dehidrasi adalah minum banyak air dan air kelapa muda bisa jadi pilihan yang tepat.

Air kelapa muda merupakan sumber elektrolit alami yang sangat efektif untuk memulihkan kondisi tubuh setelah mengalami dehidrasi. Gak heran jika air kelapa muda jadi salah satu jenis minuman yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Tentu jauh lebih bagus lagi jika konsumsi air kelapa muda ini tanpa disertai tambahan pemanis apapun.

2. Mengatasi Sakit Perut

Kelapa muda juga menjadi solusi yang tepat untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan. Saat sedang sakit perut, coba saja konsumsi air kelapa muda sebagai obat alami. Biasanya gangguan pencernaan seperti sakit perut terjadi karena kurangnya mineral dalam tubuh dan air kelapa bisa memenuhinya.

Air kelapa muda diketahui mengandung banyak mineral seperti potasium dan vitamin. Selain itu air kelapa muda juga mengandung tanin yang bisa bekerja efektif mengatasi peradangan. Jadi daripada minum obat-obatan yang belum tentu efektif mengatasi sakit perut, coba atasi dulu dengan air kelapa muda. Bukan hanya airnya, daging kelapa muda juga sangat bagus untuk dikonsumsi demi kesehatan saluran cerna.

3. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat kelapa muda berikutnya adalah mencegah terjadinya batu ginjal. Perlu diketahui bahwa salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan organ ginjal adalah dengan minum banyak air yang mengandung mineral. Itulah mengapa kelapa muda ini bisa jadi pilihan tepat karena kandungan mineralnya cukup banyak.

Bahkan ada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Brazilian Journal of Urology yang membuktikan manfaat kelapa muda. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa kelapa muda ternyata bisa mengurangi pembentukan kristal dalam ginjal. Inilah yang membuatnya efektif untuk mencegah penyakit batu ginjal.

4. Meningkatkan Imunitas

Kelapa muda juga diketahui bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Di dalam air kelapa muda terdapat banyak jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu ada juga banyak jenis vitamin yang ada di dalam air kelapa muda mulai dari niacin, riboflavin, pyridoxine, dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui juga kelapa muda ternyata mengandung zat yang bersifat antivirus dan antibakteri. Inilah mengapa konsumsi air maupun daging kelapa muda bisa membantu meningkatkan sistem imunitas secara efektif. Selain itu konsumsi air kelapa muda juga efektif mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit seperti flu dan infeksi virus lainnya.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa mulai rutin mengonsumsi kelapa muda. Kelapa muda ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Ada sebuah penelitian yang dirilis melalui West Indian Medical Journal mengatakan bahwa air kelapa muda ini memang terbukti bisa mengendalikan tekanan darah.

Menurut penelitian tersebut, diketahui bahwa dalam 240 ml air kelapa muda terdapat 600 mg potasium. Selain itu ditemukan juga adanya kalium yang bisa efektif menurunkan tekanan darah pada tubuh. Air kelapa muda ternyata juga bersifat anti-trombotik sehingga bisa efektif mencegah terjadinya penggumpalan darah.

6. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat kelapa muda berikutnya adalah memelihara kesehatan jantung. Air kelapa muda gak memiliki kandungan lemak dan kolesterol. Bahkan air kelapa muda bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam darah. Oleh sebab itu konsumsi air ini sangat disarankan untuk membantu memelihara kondisi kesehatan jantung.

Lebih dari itu, air kelapa muda punya kandungan yang sifatnya antiplatelet dan antiinflamasi. Jadi, konsumsi air kelapa muda ini dapat menghambat terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah. Bahkan konsumsi air ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga berjalan lancar dan membuat jantung jadi lebih sehat.

7. Menutrisi Kulit

Kelapa muda juga bisa membantu memberikan nutrisi bagi kulit. Salah satu masalah kulit yang bisa diatasi dengan mudah oleh kelapa muda adalah kekeringan dan iritasi. Biasanya kondisi kulit kering dan iritasi ini disebabkan oleh dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk langsung mengonsumsi air kelapa muda beserta dagingnya untuk mengembalikan kadar elektrolit dalam tubuh.

Kelapa muda juga mengandung vitamin C alami yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Vitamin C ini akan membantu proses pembentukan kolagen dalam kulit sehingga membuat kulit jadi lebih elastis dan sehat. Paling enggak ada 10 mg vitamin C alami terdapat dalam 100 g air kelapa muda. Enggak heran ya jika banyak orang sudah membuktikan konsumsi kelapa muda bisa membuat kulit jadi lebih kencang.

8. Melawan Radikal Bebas

Tubuh manusia gak bisa terhindar dari radikal bebas. Radikal bebas ini bisa berbahaya bagi tubuh dan menimbulkan berbagai jenis penyakit jika gak dilawan dan dibersihkan. Kelapa muda merupakan salah satu bahan alami yang mengandung banyak zat antioksidan. Antioksidan inilah yang nantinya akan melawan radikal bebas dalam tubuh.

Adanya antioksidan akan membantu menjaga sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Radikal bebas ini bermacam-macam bisa datang dari polusi, makanan, minuman, asap rokok, dan masih banyak lagi. Jadi mulai sekarang rajinlah konsumsi kelapa muda supaya tubuh lebih sehat dan aman dari serangan radikal bebas yang berbahaya.

9. Mengobati Sakit Kepala

Ternyata salah satu manfaat kelapa muda adalah mengobati sakit kepala. Terutama jika sakit kepala ini disebabkan oleh kondisi dehidrasi yang menyerang tubuh. Sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa kelapa muda bisa membantu meredakan sakit kepala.

Selain mengobati, kelapa muda ini juga bisa membantu mencegah munculnya sakit kepala. Terutama kandungan airnya karena bisa mencegah dehidrasi. Jika tubuh mendapatkan asupan cairan yang memadai maka sakit kepala bisa dicegah.

10. Meredakan Mual pada Ibu Hamil

Banyak sekali ibu hamil yang rajin mengonsumsi kelapa muda. Bukan hanya sekadar tradisi tapi memang kelapa muda ini sangat bagus untuk ibu hamil dan janinnya. Salah satu manfaat dari kelapa muda bagi ibu hamil adalah meredakan rasa mual. Biasanya di trimester pertama sampai kedua, ibu hamil akan merasa mual dan hal ini bisa diredakan dengan konsumsi kelapa muda.

Ternyata ada begitu banyak manfaat kelapa muda bagi tubuh kita. Jadi jangan ragu ya untuk mengonsumsi kelapa muda secara rutin. Selain rasanya enak, ada banyak manfaat bagus yang akan dirasakan oleh tubuh.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox