10 Manfaat Kelapa Ijo, Atasi Keracunan hingga Tingkatkan Imunitas

Pernah lihat orang jualan kelapa ijo di pinggir jalan? Nah, kelapa ijo ternyata punya banyak manfaat dan rasanya pun enak. Sayurfriends sebaiknya mulai membiasakan diri mengonsumsi jenis kelapa yang satu ini karena ada banyak manfaat bagi tubuh. Langsung saja yuk simak 10 manfaat kelapa ijo yang bisa dirasakan oleh tubuh berikut ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-kelapa-ijo-595x335.jpg

1. Mengatasi Keracunan

Manfaat pertama dari kelapa ijo adalah mengatasi keracunan. Tubuh bisa saja mengalami keracunan saat ada zat-zat aneh yang masuk ke dalamnya. Kondisi ini kemudian diikuti dengan berbagai gejala. Mulai dari sakit kepala hingga sakit perut, mual, lalu muntah. Salah satu solusi terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengonsumsi kelapa ijo.

Kelapa ijo diketahui bisa menetralkan kondisi keracunan yang menyerang tubuh seseorang. Saat mulai muncul tanda-tanda keracunan, coba saja langsung minum air kelapa ijo untuk menetralkan. Selain itu makan juga daging kelapa ijo untuk mengoptimalkan proses penetralan racun yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mencegah Dehidrasi

Kelapa ijo jadi salah satu solusi tepat untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Buat Sayurfriends yang punya aktivitas padat apalagi di tengah cuaca yang panas, kelapa ijo bisa jadi pilihan minuman yang tepat. Air kelapa ijo memiliki kandungan elektrolit yang tinggi sehingga bisa mengganti cairan tubuh secara optimal.

Selain mencegah dehidrasi, kelapa ijo juga bisa membantu mengatasi dehidrasi jika sudah terlanjur terjadi. Biasanya saat tubuh dehidrasi akan muncul tanda-tanda seperti sakit kepala, lemas, bibir kering, dan lain sebagainya. Langsung saja minum air kelapa ijo supaya dehidrasi bisa mereda secara perlahan.

3. Menjaga Tekanan Darah Stabil

Manfaat kelapa ijo berikutnya adalah menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil. Perlu diketahui bahwa lonjakan tekanan darah dalam tubuh bisa berbahaya karena dapat menimbulkan gangguan jantung bahkan stroke. Nah, untuk menjaga tekanan darah selalu dalam rentang yang normal atau stabil maka Sayurfriends bisa mengonsumsi kelapa ijo.

Ada sebuah penelitian yang dirilis oleh International Seminar on Natural Product Medicines. Penelitian tersebut membuktikan bahwa kelapa ijo ternyata bisa menurunkan tekanan darah. Jadi daripada minum air isotonik lain apalagi yang kemasan, lebih baik konsumsi saja air kelapa ijo yang lebih aman.

4. Meningkatkan Stamina Tubuh

Kelapa ijo ternyata juga bisa membantu meningkatkan stamina tubuh. Gak heran jika banyak orang memilih untuk mengonsumsi kelapa ijo sebelum mulai beraktivitas. Hal ini disebabkan oleh kelapa ijo bisa memberikan energi yang cukup besar bagi tubuh. Tubuh juga bisa lebih bersemangat karena rasa kelapa ijo yang begitu menyegarkan.

Ada penelitian yang membuktikkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kelapa ijo ternyata punya kemampuan olahraga dengan durasi jauh lebih lama. Daripada mengonsumsi obat-obatan yang gak jelas untuk menambah stamina, lebih baik konsumsi kelapa ijo saja. Bukan hanya enak, tapi kelapa ijo juga alami sehingga aman dikonsumsi.

5. Membantu Tubuh Awet Muda

Ternyata kelapa ijo juga bisa membantu tubuh jadi lebih awet muda. Salah satu faktor yang membuat tubuh mengalami penuaan lebih cepat adalah radikal bebas. Nah, dibutuhkan zat antioksidan yang memadai agar radikal bebas ini bisa dilawan. Kelapa ijo diketahui kaya akan antioksidan sehingga bisa melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Antioksidan dalam kelapa ijo akan membantu mencegah kerusakan sel-sel akibat paparan radikal bebas. Itulah mengapa orang-orang yang rajin mengonsumsi kelapa ijo memiliki tampilan wajah yang jauh lebih muda. Jika Sayurfriends juga ingin tampil awet muda, pastikan untuk mulai mengonsumsi kelapa ijo secara rutin.

6. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat kelapa ijo adalah menurunkan berat badan. Bagi Sayurfriends yang sedang berusaha menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal, kelapa ijo ini akan jadi solusi yang tepat. Kelapa ijo itu sangat rendah kalori dan mengandung banyak lemak baik.

Daging buah kelapa ijo ini juga memiliki kandungan serat dan enzim yang cukup tinggi. Keduanya sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh. Itulah mengapa konsumsi kelapa ijo akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan memperbanyak jumlah kalori yang terbakar.

7. Meredakan Rasa Sakit

Percaya atau gak, kelapa ijo ternyata juga bisa membantu meredakan rasa sakit. Ternyata kelapa ijo mengandung senyawa yang bisa menghambat produksi prostaglandin. Prostaglandin ini merupakan zat yang memiliki kemiripan dengan hormon dan tugasnya adalah meningkatkan kontraksi pada otot tubuh sehingga muncullah rasa sakit.

Contoh paling mudahnya adalah ketika seorang wanita mengalami haid. Prostaglandin ini akan membantu memberikan sensasi nyeri ketika rahim berkontraksi. Itulah mengapa wanita yang haid dan mengalami nyeri di bagian perut sangat disarankan untuk mengonsumsi kelapa ijo.

8. Menurunkan Kadar Gula

Kelapa ijo juga diketahui sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kelapa ijo memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Magnesium ini merupakan salah satu zat gizi yang bisa membantu mengoptimalkan kerja hormon insulin. Itulah mengapa konsumsi kelapa ijo secara gak langsung akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Selain itu perlu diketahui kalau air kelapa ijo dan dagingnya mengandung pemanis yang alami. Kadar gulanya juga masih dalam taraf aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Selama gak ditambahi bahan pemanis maka konsumsi kelapa ijo ini sangat aman dan direkomendasikan untuk menurunkan gula darah.

9. Menyehatkan Kulit

Manfaat kelapa ijo berikutnya adalah menyehatkan kulit. Kelapa ijo ini adalah salah satu bahan alami yang dianggap sangat bagus menutrisi kulit dan membuatnya jadi jauh lebih sehat. Salah satu penyebabnya adalah karena kelapa ijo mengandung banyak antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab kulit kusam dan gak sehat.

Kelapa ijo juga bisa membantu menyehatkan kulit karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini akan membantu menutrisi kulit dan membuatnya jadi terlihat lebih kencang serta glowing. Jadi selain pakai produk skincare dari luar, sangat disarankan untuk mengonsumsi kelapa ijo agar kulit mendapat nutrisi dari dalam.

10. Meningkatkan Imunitas

Di musim sakit seperti sekarang, kelapa ijo sangat efektif membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Kelapa ijo ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh gak mudah sakit. Selain itu ada kandungan fenol dalam kelapa ijo yang juga efektif melindungi sel tubuh dari berbagai serangan virus maupun bakteri.

Kandungan nutrisi pada kelapa ijo juga terbilang lengkap sehingga bisa mendukung tubuh tetap sehat dan gak mudah terserang penyakit. Gak heran jika kelapa ijo ini sangat direkomendasikan bagi segala usia. Baik itu anak-anak maupun orang tua sangat bagus jika rutin mengonsumsi kelapa ijo demi kesehatan tubuh.

Manfaat kelapa ijo ternyata begitu beragam. Sayurfriends harus merasakan manfaat tersebut dan mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat setelah konsumsi kelapa ijo. Selain rasanya enak, kelapa ijo juga sangat mudah ditemukan serta harganya juga terbilang murah.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox