10 Manfaat Daun Sirih, Kaya Antioksidan untuk Percepat Sembuhnya Luka

Bagi masyarakat banyak, daun sirih sudah lama dikenal sebagai salah satu obat herbal. Salah satu kegunaannya yang paling tersohor adalah untuk meredakan rasa nyeri saat sakit gigi sedang melanda. Usut punya usut, ternyata daun sirih memang memiliki berbagai nutrisi yang memberikan efek yang bagus bagi kesehatan. Simak manfaat daun sirih tersebut di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-daun-sirih-595x335.jpg

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya penyakit jantung dan strok. Makanya, sebisa mungkin kondisi ini harus dihindari. Daun sirih sendiri diketahui bisa membantu menurunkan kolesterol total yang tinggi, trigliserida, kolesterol LDL atau kolesterol jahat, dan kolesterol VLDL. Selain itu, terjadi peningkatan pada kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik.

Kemampuan daun sirih dalam menstabilkan kembali kadar kolesterol ini disebut-sebut karena kandungan berupa eugenol yang dimilikinya. Eugenol ini tergolong sebagai antioksidan alami yang bisa menetralisir radikal bebas. Eugenol akan menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan oleh lipid di usus, sehingga meningkatkan metabolisme kolesterol LDL.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun sirih juga diketahui memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, serta bisa membantu pengobatan pasien diabetes tipe 2. Daun sirih, khususnya yang berwarna merah, mengandung molekul aktif yang disebut tanin. Tani ini memiliki sifat anti-diabetik, sehingga bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Kandungan lainnya yang dimiliki oleh daun sirih, yakni alkaloid, juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara menghambat proses penyerapan glukosa di usus. Daun sirih juga diketahui kaya akan polifenol yang bertindak sebagai antioksidan, untuk membantu memelihara organ tubuh secara keseluruhan.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Dengan mengaplikasikan ekstrak daun sirih ke area luka, maka akan bisa mempercepat proses penyembuhan luka tersebut. Kemampuan daun sirih dalam hal ini disebut karena kandungan antioksidannya yang melimpah.

Polifenol merupakan salah satu kandungan daun sirih yang bertindak sebagai antioksidan. Polifenol ini akan meningkatkan aktivitas enzim yang melawan radikal bebas di dalam tubuh. Dengan menurunnya kadar radikal bebas dalam tubuh, potensi terjadinya stres oksidatif yang akan memicu lambatnya proses penyembuhan luka juga akan bisa dihindari.

4. Agen Anti-Kanker

Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat daun sirih menjadi salah satu agen anti-kanker. Daun sirih merupakan sumber dari senyawa fenolik, yang nantinya menunjukkan sifat sebagai antioksidan, antimutagenik, antiproliferatif, dan antibakteri. Selain itu, penelitian menunjukkan kalau daun sirih mengandung sekumpulan fitokimia, yang bisa bermanfaat untuk melawan kanker.

Seperti yang Sayurfriends mungkin sudah ketahui sebelumnya, radikal bebas dan stres oksidatif berperan besar dalam timbulnya kanker. Nah, kandungan antioksidan pada daun sirih yang melimpah tersebut akan bisa menetralisir radikal bebas dan stres oksidatif tersebut. Selanjutnya, antioksidan akan menghambat pertumbuhan sel kanker dan penyebarannya ke organ lain di tubuh.

5. Mengatasi Asma

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah mengatasi asma. Daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan, sehingga diketahui bisa mengatasi asma yang tergolong sebagai kondisi yang terjadi akibat peradangan. Adapun pemicu peradangan yang kemudian berujung pada asma ini adalah histamin.

Penelitian juga menunjukkan kalau daun sirih memperlihatkan aktivitas antihistamin. Dengan begini, maka daun sirih bisa menjadi agen kausatif untuk menurunkan asma bronkial. Gak hanya berhenti di situ aja, cairan dan polifenol pada daun sirih juga memiliki kandungan anti peradangan yang bisa membantu menurunkan frekuensi asma.

6. Mengatasi Depresi

Depresi merupakan kondisi yang gak bisa dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja. Kualitas hidup seseorang bisa sangat terpengaruh oleh depresi, di mana hidup bisa menjadi gak karuan dan paling menakutkannya bisa memicu keinginan untuk menghabisi nyawanya sendiri. Makanya, depresi sebisa mungkin harus segera ditangani.

Daun sirih dianggap bisa membantu mengatasi depresi, di samping pemberian obat antidepresan. Saat mengunyah daun sirih, muncul perasaan bahagia dan awas dalam diri seseorang. Selain itu, daun sirih yang mengandung senyawa fenolik juga akan menstimulasi pelepasan catecholamines di dalam tubuh. Rendahnya catecholamines sendiri kerap dihubungkan dengan meningkatnya risiko depresi.

7. Memelihara Kesehatan Mulut

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah untuk memelihara kesehatan mulut. Terjadinya infeksi dan karies pada gigi disebabkan karena adanya patogen di dalam mulut. Nah, dengan mengunyah daun sirih, maka akan bisa menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri tersebut di dalam mulut. Alhasil, kesehatan gigi pun jadi terjaga.

Selain itu, daun sirih juga sudah lama dipercaya untuk menyegarkan mulut. Sayurfriends tentu pernah bukan melihat produk kesegaran mulut yang menggunakan daun sirih sebagai bahan pembuatnya? Daun sirih juga akan menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan cara menghambat produksi asam yang diproduksi oleh bakteri pada air liur.

8. Mengatasi Jerawat

Siapa sih yang gak merasa risih jika jerawat muncul di permukaan kulit, khususnya kulit wajah? Selain bisa mempengaruhi kepercayaan diri karena dianggap mengganggu penampilan, jerawat juga terasa sakit dan bisa menimbulkan bekas yang susah untuk dihilangkan di permukaan kulit. Bagi Sayurfriends yang saat ini sedang pusing mengatasi jerawat, coba gunakan daun sirih untuk mengatasinya.

Daun sirih memiliki kandungan yang bersifat anti peradangan dan anti bakteri, sehingga bisa membasmi bakteri yang memicu munculnya jerawat tersebut dan kemudian meredakan peradangan yang ditimbulkannya. Sayurfriends bisa haluskan daun sirih, kemudian diaplikasikan ke wajah, untuk membantu mengatasi jerawat yang mengganggu tersebut.

9. Mengurangi Rambut Rontok

Banyaknya rambut yang rontok tentu membuat siapapun menjadi khawatir dengan kesehatan rambutnya. Jika gak segera diatasi, maka potensi kebotakan tentu sudah menunggu. Agar rambut rontok ini bisa berkurang bahkan hilang seutuhnya, Sayufriends bisa manfaatkan daun sirih. Haluskan daun sirih lalu campurkan dengan sedikit minyak wijen untuk dijadikan sampo anti rambut rontok.

10. Meredakan Gatal dan Ruam Kemerahan Alergi

Salah satu gejala alergi yang kerap dirasakan adalah timbulnya rasa gatal dan ruam kemerahan di permukaan kulit. Meskipun akan bisa hilang dalam beberapa waktu ke depan, namun tetap saja ketidaknyamanan akan terasa saat gejala tersebut muncul. Agar gejalanya bisa mereda, Sayurfriends bisa manfaatkan kandungan daun sirih.

Daun sirih memiliki kandungan yang bersifat anti peradangan dan juga memberi efek yang menenangkan, sehingga akan bisa meredakan gejala alergi berupa gatal dan ruam kemerahan tersebut. Rebuslah beberapa lembar daun sirih terlebih dahulu, kemudian usapkan air rebusannya tersebut ke permukaan kulit yang terasa gatal dan memerah tersebut.

Manfaat daun sirih sebagai obat herbal memang gak lekang oleh waktu. Mulai dari mengurangi risiko atas penyakit kronis, mempercepat penyembuhan luka, hingga memelihara kesehatan kulit dan rambut, semuanya bisa diperoleh dari daun sirih. Manfaatnya tersebut bisa diperoleh dengan mengunyahnya, mengonsumsi air rebusannya, atau dengan mengaplikasikan pasta daun sirih.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox