12 Manfaat Daun Selada yang Jarang Diketahui, Kaya Vitamin K untuk Tulang

Daun selada merupakan sayuran daun yang kerap disulap menjadi salad dengan berbagai sayuran atau buah lainnya. Sayuran daun yang umumnya dikonsumsi dalam kondisi mentah ini memiliki warna hijau terang hingga putih kekuningan. Layaknya sayuran lain, daun selada juga punya segudang manfaat bagi kesehatan. Simak manfaat daun selada tersebut di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-daun-selada-595x335.jpg

1. Memelihara Kesehatan Tulang

Daun selada merupakan salah satu sumber vitamin K, sehingga bisa membantu menyehatkan tulang. Selain vitamin K, terdapat juga vitamin A dan vitamin C pada daun selada, di mana ketiga vitamin ini berperan penting dalam memproduksi kolagen. Kolagen sendiri memiliki andil dalam tahap pertama pembentukan tulang.

Secara lebih rinci, vitamin K membantu pembentukan tulang rawan dan jaringan ikan, vitamin A membantu perkembangan sel tulang baru, sedangkan vitamin C melawan deplesi tulang. Defisiensi vitamin-vitamin ini sendiri di antaranya akan bisa memicu terjadinya osteopenia dan meningkatkan risiko terjadinya patah tulang.

2. Meredakan Peradangan

Salah satu manfaat daun selada adalah untuk meredakan peradangan. Daun selada diketahui mengandung protein khusus, salah satunya adalah lipoksigenase, yang bisa membantu mengontrol peradangan. Selain kandungan protein, kandungan antioksidan dalam daun selada juga berperan penting dalam meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Gak salah memang mengonsumsi daun selada saat sedang diet untuk bisa mencapai berat badan ideal. Pasalnya, daun selada memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Sayurfriends hanya akan memperoleh 5 kalori saja per sajian daun selada yang dikonsumsi. Pun begitu, asupan mikronutrien akan tetap terjaga meskipun Sayurfriends sedang menjalani program diet rendah kalori.

Selain rendah kalori, daun selada diketahui juga memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga bisa membantu menyukseskan program diet yang Sayurfriends jalani. Kandungan serat yang cukup banyak dimilikinya juga akan membantu membuat Sayurfriends merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah Sayurfriends makan di setiap waktu.

4. Memelihara Kesehatan Otak

Salah satu bentuk kandungan yang melimpah jumlahnya adalah daun selada adalah nitrat. Saat dikonsumsi, nitrat akan diubah menjadi nitrit oksidatif, sebuah molekul yang mendukung fungsi endotelial. Dengan begini, maka penurunan fungsi endotelial yang berkontribusi pada penurunan fungsi kognitif dan gangguan neurologis lainnya yang berhubungan dengan penuaan akan bisa dihindari.

Dalam hal memelihara kesehatan otak, ekstrak daun selada juga diketahui berpotensi untuk mencegah matinya sel saraf atau neuron melalui deprivasi serum atau kandungan glukosa. Alhasil, risiko terjadinya kerusakan pada otak yang diakibatkan karena kematian sel-sel saraf yang bermuara pada penyakit otak parah seperti Alzheimer jadi bisa dihindari.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Daun selada merupakan salah satu sayuran yang bisa membantu Sayurfriends untuk memelihara kesehatan jantung. Sayuran satu ini memiliki kandungan folat yang tinggi, yang berfungsi untuk mengubah homosistein menjadi metionin. Jika homosistein ini gak diubah, maka akan bisa merusak pembuluh darah, yang kemudian memicu timbulnya plak dan berujung pada rusaknya jantung.

Manfaat daun selada dalam memelihara kesehatan jantung juga disebabkan karena kandungan vitamin C-nya yang melimpah. Vitamin C  ini akan meredakan kekakuan atau ketegangan arteri dan membantu penanganan atas gangguan kardiovaskular. Arteri pun jadi lebih kuat dan terpelihara kondisinya, serta bisa membantu mencegah terjadinya serangan jantung.

Gak hanya berhenti di situ aja, manfaatnya dalam menjaga kesehatan jantung juga disebabkan karena kemampuannya dalam menurunkan atau menormalkan kembali tekanan darah. Hal ini dimungkinkan karena daun selada mengandung potasium yang berpengaruh pada tekanan darah. Tekanan darah yang stabil tentu akan berkontribusi pada kesehatan jantung.

6. Membantu Melawan Kanker

Pengonsumsian daun selada secara rutin kerap diasosiasikan dengan penurunan risiko kanker tipe tertentu, seperti kanker mulut, tenggorokan, esofagus, dan perut. Menurut World Cancer Research Fund, potensi daun selada untuk melindungi tubuh dari kanker ini disebabkan karena daun selada merupakan sayuran tipe non-pati atau non-tepung.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan kalau sayuran hijau, termasuk daun selada, mungkin bisa membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah per sajiannya, yakni hanya 5 kalori dan 2 gram karbohidrat, disebut berkontribusi dalam menjadikan daun selada sebagai sayuran dengan indeks glikemik yang rendah.

Manfaat daun selada dalam menurunkan risiko diabetes ini juga didukung oleh kandungan berupa lactucaxanthin yang dimilikinya. Lactucaxanthin merupakan sebuah karotenoid anti-diabetik yang bisa menurunkan level glukosa dalam darah, sehingga memiliki potensi untuk digunakan dalam pengobatan penyakit diabetes.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata

Yuk jaga kesehatan mata dengan rutin mengonsumsi selada. Daun selada memiliki kandungan berupa zeaksantin, sebuah antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan mata. Zeaksantin ini pula diketahui bisa mencegah degenerasi makula yang berhubungan dengan penuaan. Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau zeaksantin bisa mencegah katarak dan gangguan mata lainnya.

9. Melancarkan Proses Pencernaaan

Daun selada yang kaya akan serat membuatnya bisa membantu sistem pencernaan Sayurfriends dalam melakukan pekerjaannya. Serat akan melancarkan proses pencernaan dan juga bisa mengatasi konstipasi dan perut kembung. Pengonsumsian daun selada juga akan membantu proses pencernaan atas tipe makanan yang berbeda-beda.

10. Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan kondisi yang ditandai dengan kesulitan seseorang untuk bisa tidur dengan nyenyak. Kesulitan untuk tidur ini tentu akan berdampak pada kondisi tubuh seseorang, yang juga berkontribusi pada kualitas hidupnya secara keseluruhan. Makanya, insomnia sama sekali gak boleh dibiarkan begitu saja.

Salah satu cara yang bisa Sayurfriends lakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan mengonsumsi daun selada. Daun selada memiliki kandungan yang disebut lactucarium, di mana kandungannya ini akan bisa menenangkan sistem saraf dan membuat seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, ada juga kandungan bernama lactucin yang bisa memberi efek relaksasi bagi tubuh.

11. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi di mana seseorang kekurangan cairan di dalam tubuhnya. Saat mengalami dehidrasi, maka tubuh cenderung akan terasa lemah dan lelah. Selain dengan minum air yang cukup, Sayurfriends bisa bantu cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi daun selada. Pasalnya, terdapat 95 persen air dalam selembar daun selada mentah.

12. Memelihara Kesehatan Kulit

Manfaat daun selada yang juga sayang untuk dilewatkan adalah untuk memelihara kesehatan kulit. Daun selada yang mengandung banyak vitamin A, bermanfaat untuk mempercepat proses munculnya sel-sel kulit baru. Gak hanya berhenti di situ aja, daun selada yang juga kaya akan vitamin C akan bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperlambat munculnya tanda penuaan.

Itulah tadi manfaat daun selada yang bisa Sayurfriends peroleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Daun selada bisa langsung Sayurfriends konsumsi setelah dicuci bersih, untuk bisa memperoleh nutrisi yang dimilikinya secara maksimal. Yuk mulai hidup sehat dari sekarang, salah satunya dengan rajin mengonsumsi daun selada.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox