Supaya Tak Semakin Parah, Konsumsi 10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Ini

Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh, tentunya mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih buruk. Kolesterol bisa menjadi pemicu serangan jantung dan stroke karena mampu menyumbat arteri dengan plak. Salah satu penyebab tingginya kolesterol adalah konsumsi daging yang berlebihan. Walaupun kolesterol daging kambing diklaim lebih rendah dibandingkan daging sapi, namun tetap saja kamu harus membatasi jumlah konsumsi tersebut. Namun, tidak semua kolesterol itu buruk untuk kesehatan. Kolesterol yang sebaiknya kamu hindari yaitu kolesterol LDL yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke. Lain halnya dengan kolesterol baik, yaitu HDL yang bisa kamu dapatkan dari alpukat. Nah, apabila kebetulan kamu mengalami masalah kolesterol, supaya tidak semakin parah, konsumsi 10 makanan untuk menurunkan kolesterol berikut ini secara rutin.

Ini makanan untuk menurunkan kolesterol

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/breakfast-1804436_1920-595x444.jpg
Makanan untuk Menurunkan Kolesterol yang ampuh. (Foto: Pixabay)

1. Kentang

Makanan pertama yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah kentang. Tapi tunggu dulu! Kentang yang dimaksud adalah kentang yang diolah dengan cara dipanggang, bukan kentang digoreng. Seperti yang kamu ketahui, makanan yang diolah dengan cara digoreng justru malah bisa memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.
Kentang panggang diyakini memiliki kandungan potasium sehat. Bahkan, nilai kandungannya lebih tinggi dibandingkan buah pisang sekalipun. Salah satu cara menurunkan tekanan darah dan meminimalisir terjadinya risiko stroke atau penyakit kardiovaskular lainnya, yaitu dengan mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh. Nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi umbi yang satu ini.

2. Tomat

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan plating pada makanan saja, buah yang segar jika diolah menjadi jus ini juga bisa menekan kadar kolesterol tubuh. Selain sebagai sumber potasium yang baik, tomat juga mengandung vitamin A dan C, serta lycopene yang berfungsi menurunkan ampuh kadar LDL dalam tubuh.

3. Tuna

Jika sumber makanan sebelumnya adalah jenis umbi dan buah, maka jenis makanan yang satu ini adalah sumber makanan hewani, yaitu ikan tuna. Nah, kamu bisa mengonsumsi ikan tuna segar atau yang sudah diolah dalam kemasan kalengan setidaknya dua kali seminggu.
Mengonsumsi ikan ini bisa membantu menurunkan laju peningkatan plak. Kandungan asam lemak omega-3 yang dimiliki tuna bahkan mampu menurunkan level trigliserida, yaitu salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung.

4. Apel

Buah yang memiliki antioksidan di bagian kulitnya ini bisa membantu menjauhkan kamu dari kardiologis. Anjuran mengonsumsi apel dalam sehari, yaitu satu buah per harinya. Studi lebih lanjut menyatakan apel juga bermanfaat dalam menurunkan total kolesterol dalam tubuh. Hal ini tidak lain karena kandungan phenolic yang ada pada kulit buah ini.

5. Oatmeal

Selain dikenal sebagai alternatif menu sarapan sehat, oatmeal juga bermanfaat untuk menekan kadar kolesterol dalam tubuh. Pasalnya, oatmeal mengandung serat beta glucan yang bisa membantu menurunkan tingkat LDL. Tidak hanya itu, oatmeal juga mampu menyerap air dari tingkat indeks glikemik kemudian mengeluarkan sisa lemak jenuh melalui sistem pencernaan sehingga tidak sampai masuk ke dalam aliran darah. Agar hasilnya lebih efektif, kamu bisa menambahkan pisang dan chia seed.
Ingin membeli makanan untuk menurunkan kolesterol di atas, kamu bisa mendapatkannya secara online di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Alpukat

Buah yang kaya akan lemak jenuh ini juga tidak kalah baiknya dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Selain bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, buah dengan tekstur lunak ini juga cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

7. Salmon

Ikan dengan sumber omega-3 tinggi ini tidak hanya baik untuk menurunkan kolesterol saja, tapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, yaitu dapat mengurangi masalah inflamasi.

8. Bayam

Sayuran yang identik dengan karakter Popeye ini juga bisa menjadi alternatif lain untuk membantu menurunkan kolesterol kamu, lho. Sayuran yang diyakini mampu meningkatkan produksi nitric oxide (NO) ini bermanfaat untuk membersihkan pembuluh darah dan mengurangi atherosclerosis.

9. Terong

Siapa sangka, ternyata terong yang lebih sering dikonsumsi sebagai lalapan juga termasuk salah satu makanan yang bisa menekan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain bisa dikonsumsi sebagai lalapan, kamu juga bisa mengolahnya menjadi tumisan ataupun sayur. Untuk pecinta pedas, kamu juga bisa memasaknya menjadi terong balado.

10. Pisang

Selain baik untuk menjaga sistem pencernaan, pisang juga baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah ini akan mengeluarkan kolesterol dengan membuangnya melalui sistem pencernaan. Sehingga, kolesterol pun tidak sempat masuk ke dalam aliran darah ataupun menyumbat arteri.
Salah satu upaya terbaik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh yaitu dengan mengubah gaya hidup secara keseluruhan. Dukungan asupan dan makanan yang sehat juga berperan aktif terhadap penurunan kolesterol tubuh kamu dengan lebih signifikan. Jaga pola makan kamu dengan mengonsumsi 10 makanan untuk menurunkan kolesterol di atas. Jangan lupa juga untuk tetap rutin berolahraga untuk menjaga tubuh kamu agar tetap fit. Jika ingin membeli makanan untuk menurunkan kolesterol di atas, kamu bisa mendapatkannya secara online di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg