Ini 10 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Kamu Coba

Ketika berkunjung ke sebuah daerah, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khas di daerah tersebut. Termasuk ketika kamu berkunjung ke Surabaya. Kota yang dijuluki sebagai “Kota Pahlawan” ini memang menyimpan berbagai makanan khas dengan rasa dan keunikannya tersendiri. Dengan statusnya sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur dan salah satu kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut, tentu tidaklah sulit menemukan kuliner khas di daerah tersebut. Beberapa menu makanan khas Surabaya ini bisa kamu jumpai dengan mudah, mulai dari sudut gang kecil, restoran, kafe, warung, dan kedai pinggir jalan sekalipun. Penasaran apa sajakah itu? Berikut ini adalah 10 makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba.

Makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/09/rasyid-maulana-yVwiHXoTrnU-unsplash-595x417.jpg
Makanan Khas Surabaya yang Wajib Kamu Coba. (Foto: Unsplash)

1. Rujak cingur

Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak cingur khas Surabaya menggunakan bahan utama irisan mulut atau moncong sapi yang sudah direbus. Rujak cingur sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu rujak cingur matengan dan rujak cingur mentahan atau yang juga dikenal dengan rujak cingur campur buah.
Rujak cingur matengan menggunakan lauk lontong, taoge, kangkung, tahu goreng, tempe goreng, dan cingur. Sedangkan rujak cingur campur buah menggunakan beberapa jenis buah seperti nanas, mangga muda, bengkuang, dan mentimun. Harga yang ditawarkan untuk setiap porsinya terbilang murah, yaitu sekitar Rp20.000 saja.

2. Sate klopo

Dari namanya saja, tentu membuat kamu bingung, bukan? Bagaimana bisa buah kelapa dijadikan sate? Tapi, hal itu benar adanya, kok. Hanya saja, kelapa di sini memang digunakan hanya sebagai bahan campuran satenya saja. Sedangkan bahan utamanya tetap dari daging sapi yang diiris tipis, barulah diberikan lumuran kelapa yang sebelum sudah dibakar. Baluran parutan kelapa tersebutlah yang membuat rasa sate klopo lebih gurih dibanding sate-sate pada umumnya.

3. Lontong balap

Nah, kalau yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Bagi pelancong yang mengunjungi Surabaya, kurang afdol rasanya jika tidak mencicipi lontong balap. Makanan khas yang terbuat dari campuran lontong, taoge, tahu, daging sapi, dan lento ini disajikan dengan siraman bumbu petis yang nikmat.

4. Tahu telur/Tahu tek

Sesuai dengan namanya, makanan khas Surabaya ini menggunakan tahu yang telah dipotong kemudian dicampur dengan telur dan digoreng secara bersamaan. Kemudian, campuran kedua bahan tersebut akan disajikan dengan cara dipotong-potong.
Setelah itu, tambahan bahan lainnya seperti taoge, kentang, dan kerupuk juga disajikan di atasnya bersama dengan guyuran saus kacang pedas dan petis khas Surabaya.

5. Kepiting Cak Gundul 1992

Untuk kamu pemburu makanan seafood, kepiting Cak Gundul 1992 ini bisa menjadi salah satu kuliner wajib yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke “Kota Pahlawan”. Kepiting Cak Gundul 1992 memang sudah sangat terkenal dan melegenda.
Selain rasanya yang lezat, ukuran yang disajikannya pun terbilang jumbo. Tidak hanya kepiting, di restoran ini kamu juga bisa memesan hidangan lainnya seperti ikan, udang, cumi-cumi, dan juga ayam.
Ingin mencoba makanan khas Surabaya ini? Kamu bisa, lho, membuatnya di rumah. Yuk, beli bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuatnya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg

6. Tahu campur

Untuk kamu yang mencari makan berkuah, tahu campur bisa menjadi pilihan yang tepat. Kuahnya yang segar dan menghangatkan membuat makanan khas ini nikmat disajikan saat hari sedang hujan.
Bahan-bahan yang digunakan antara lain sayuran, tahu goreng yang sudah diiris, perkedel ubi, daging, taoge, mie kuning tumis, dan guyuran kuah kaldu gurih dengan tambahan petis. Jangan lupa sambal dan kerupuk udang agar lebih nikmat.

7. Sego sambel

Sego sambel atau yang berarti nasi sambal pedas memang sangat direkomendasikan untuk para pecinta sambal dan makan pedas. Dalam setiap porsinya, kamu akan mendapat nasi hangat yang disiram dengan sambal, lengkap dengan tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, ayam goreng suwir, dan ikan-ikanan.

8. Rawon

Makan khas Surabaya selanjutnya ini terbilang ikonik. Terutama dalam hal warna dan rasanya yang khas. Rawon memiliki kuah hitam pekat dengan paduan daging empuk dan gurih. Meskipun rawon bisa ditemui di beberapa restoran di luar kota Surabaya, namun rawon khas Surabaya ini memiliki rasa yang khas dan berbeda.

9. Soto gubeng

Soto yang diambil dari nama sebuah kecamatan di Surabaya ini menggunakan daging dan jeroan sapi. Bahan-bahan tersebut akan disajikan dengan guyuran kuah kaldu yang gurih dan nikmat. Uniknya, soto ini sudah ada sejak jaman Hindia Belanda dahulu, tepat awal mulanya di Stasiun Gubeng.

10. Zangrandi Ice Cream

Berbeda dengan makanan sebelumnya, makanan khas kali ini merupakan makanan pencuci mulut, yaitu es krim. Zangrandi Ice Cream merupakan salah satu toko es krim yang sudah melegenda di kota Surabaya. Toko ini sudah berdiri sejak 1930-an lalu. Di sini, kamu bisa mencicipi es krim dengan varian rasa klasik dan lezat seperti banana split, macedonia, tutti frutti, hingga varian rasa lainnya.
Nah, itulah 10 makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba. Jika suatu saat kamu berkunjung, pastikan kamu tidak melewatkan salah satunya, ya. Kalau belum sempat datang kesana, kamu juga bisa kok membuat makanan khas Surabaya sendiri di rumah, seperti rawon, tahu telur, tahu campur, dan lain sebagainya. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang dan mulai coba membuat makanan khas Surabaya di rumah!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg
(Siti Kamilla)