Cari Tahu 11 Jenis Buah untuk Selai yang Nikmat dan Bermanfaat

Sarapan merupakan hal yang penting untuk pemenuhan asupan gizi tubuh di pagi hari. Kalau kamu sarapan, kamu menyediakan energi bagi tubuh sehingga kamu bisa menjalankan aktifitas dengan lancar. Sarapan yang mudah kamu buat ialah roti dan selai buah. Yup, sangat mudah dan sangat enak. Selai buah merupakan selai yang terbuat dari buah-buahan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jika kamu mengonsumsi selai, tubuh kamu akan mendapatkan asupan vitamin, serat, dan mineral yang lengkap. Kadang kamu meragukan manfaat selai karena kandungan gula dalam selai buah. Kamu bisa menghindari penimbunan kalori berlebihan dari gula dalam selai dengan cara membuat selai buah sendiri. Jadi yuk, cari tahu 11 jenis buah untuk selai yang nikmat dan bermanfaat.

Ini jenis-jenis buah untuk selai yang nikmat dan bermanfaat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/fruit-3489313_1920-595x446.jpg
Jenis Buah yang Nikmat Dijadikan Selai dan Manfaatnya. (Foto: Pixabay)

1. Selai Apel

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-jam-1962556_640-595x387.jpg
Selai Apel. Foto: Pixabay
Selai apel bukan hanya mudah dibuat, karena kamu dapat menggunakan semua jenis apel sehingga tidak ada limbah. Dalam membuat selai kamu menggunakan segala bagiannya kecuali bijinya. Dua kilogram apel dapat menghasilkan sekitar enam liter selai. Jadi ini adalah saat yang tepat untuk membuta selai apelmu sendiri. Kandungan antioksidan dalam apel dapat meningkatkan regenerasi sel dan membuat sel untuk menunda penuaan.

2. Selai Delima

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-pomegranate-3259170_640-595x396.jpg
Selai Delima. Foto: Pixabay
Banyak yang sangat suka rasa buah delima dan tentunya jika diolah menjadi selai buah. Delima memiliki begitu banyak khasiat sehat, bayangkan saja memiliki biskuit panas dan selai yang baik untukmu. Selain nikmat, buah delima memiliki manfaat untuk menyehatkan jantung, menjaga kadar gula darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

3. Selai Anggur

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-micheile-henderson-SWyfzICySco-unsplash-595x476.jpg
Selai Anggur. Foto: Unsplash
Selai anggur lezat ini hanya memiliki dua bahan, yup kamu hanya butuh buah anggur dan gula! Kamu dapat membuatnya dengan jenis anggur apa pun. Kandungan polifenol dalam buah anggur diyakini mampu membantu mencegah gangguan jantung, radikal bebas, dan memiliki efek antiradang, lho.

4. Selai Raspberry

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-jam-2441824_640-595x396.jpg
Selai Raspberry. Foto: Pixabay
Selai selanjutnya berasal dari jenis buah beri yaitu raspberry. Resep selai raspberry ini hanya membutuhkan dua bahan, yaitu raspberry beku dan gula. Masaklah dua bahan tersebut di atas kompor sehingga raspberry beku akan mencair, jadi kamu bisa dengan mudah mengolahnya. Raspberry yang lezat dan manis ini memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk gangguan saluran pencernaan, gangguan system pernapasan, dan mengurangi risiko diabetes.

5. Selai Strawberry

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-breakfast-2287744_640-595x396.jpg
Selai Strawberry. Foto: Pixabay
Masih dari jenis buah beri, siapa yang tak mengenal si merah kecil yang lezat yaitu strawberry. Bukan hal yang baru bahwa selai strawberry adalah primadona dalam selai buah. Resep selai strawberry khusus ini juga termasuk madu, yang memberikan rasa yang sangat unik.
Ini sebenarnya menggunakan madu daripada gula sehingga kamu mendapatkan lebih banyak rasa alami strawberry dalam selai yang lebih sehat daripada resep yang telah menambahkan gula. Dan itu adalah salah satu makanan yang sangat aman untuk disimpan di dalam freezer.
Jadi, buah untuk selai mana yang menjadi favoritmu? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli buah berkualitas untuk dijadikan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Selai Ara

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-fig-jam-3776031_640-595x396.jpg
Selai Ara. Foto: Pixabay
Selai buah ara yang lezat di padukan dengan roti bakar atau biskuit akan terlihat sangat cantik di stoples. Ini akan sangat bagus untuk diberikan selama liburan dengan beberapa kue buatan sendiri atau hadiah lainnya dalam toples. Kamu tak perlu meragukan manfaatnya, buah ara sangat baik untuk mencegah risiko kanker payudara setelah menopause, memperkuat tulang, dan meringankan efek diabetes. 

7. Selai Lemon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-peter-lewicki-G9PuKX6T4k8-unsplash-595x476.jpg
Selai Lemon. Foto: Unsplash
Pernahkah kamu mengetahui bahwa lemon bisa dijadikan sebagai selai buah? Selai lezat ini menempatkan semua kebaikan lemon menjadi sesuatu yang bisa kamu oleskan di roti panggang kamu. Cukup dengan empat lemon untuk membuatnya, meskipun hanya cukup untuk satu batch. Kamu dapat dengan mudah menyesuaikannya untuk menghasilkan lebih banyak. Manfaat buah kuning berbentuk oval ini sangat baik bagi tubuh, karena kandungan vitamin B, vitamin C, karbohidrat, protein, dan juga potasium.

8. Selai Jeruk

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-calum-lewis-9RGPG_ksS3Q-unsplash-595x476.jpg
Selai Jeruk. Foto: Unsplash
Selanjutnya giliran kerabat dekat lemon yaitu jeruk. Selai jeruk sangat lezat untuk roti bakar dan kamu bisa membuatnya sendiri dengan resep yang mudah diikuti ini. Hanya butuh empat jeruk ukuran sedang untuk mendapatkan enam setengah liter toples selai jeruk. Rasanya yang manis dengan sedikit citarasa asam ini sangatlah nikmat jika kamu jadikan selai. Manfaat jeruk untuk kesehatan antara lain ialah mengatur tekanan darah tinggi, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, dsb.

9. Selai Nanas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-cdkitchen-595x446.jpg
Selai Nanas. Foto: cdkitchen.com
Selai nanas sering digunakan sebagai isi dari kue nastar. Namun, bukan berarti nanas tidak enak untuk dimakan bersama roti untuk sarapanmu. Selai ini merupakan jenis selai yang mudah dan banyak dibuat di rumah. Kamu hanya membutuhkan dua bahan yaitu buah nanas dan gula. Nanas juga mengandung enzim yang baik untuk pencernaan dan buah nanas menangkal sakit akibat perut kembung.

10. Selai Mangga

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-theurbantropic-595x357.jpg
Selai Mangga. Foto: theurbantropic.com
Selai mangga yang manis dan segar pasti membuat sarapan pagimu lebih bermakna. Kamu bisa merasakan sensasi segar buah mangga pada olesan rotimu. Dijamin, harimu akan lebih fresh. Mangga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol, pencegah kanker, membakar kalori, menyehatkan kulit wajah, dsb.

11. Selai Kiwi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/sayurbox-selai-buah-wowirsveggie-595x397.jpg
Selai Kiwi. Foto: wowitsveggie.com
Mungkin tidak banyak yang tau kiwi dijadikan selai, tapi rasa segar dari kiwi bisa dijadikan olesan untuk roti, maupun kue. Cukup masak kiwi, perasan lemon dan gula sampai mendidih sudah jadi lho selai kiwi yang segar.
Setelah mengetahui 11 jenis buah untuk selai yang nikmat dan bermanfaat, mana buah untuk selai yang menjadi favoritmu? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli buah berkualitas untuk dijadikan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg