10 Jenis Buah untuk DBD, Tingkatkan Trombosit dan Kuatkan Imunitas Tubuh

DBD atau demam berdarah dengue menjadi salah satu penyakit mematikan yang wajib diwaspadai. Penyakit ini butuh proses pemulihan yang cukup panjang. Biasanya pasien DBD akan diminta mengonsumsi beragam jenis buah agar pemulihan berjalan lebih cepat. Berikut ini 10 jenis buah untuk DBD yang dinilai efektif tingkatkan trombosit hingga bisa memperkuat imunitas tubuh.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/buah-untuk-dbd-595x335.jpg

1. Jeruk

Pertama ada buah jeruk yang sangat mudah dijumpai dan harganya terjangkau. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah sakit. Kandungan vitamin C dalam buah ini efektif untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh dan memperkuat sistem imun sehingga tubuh lebih cepat pulih.

Jeruk juga punya kandungan air yang cukup tinggi. Biasanya pasien DBD mengalami penurunan nafsu makan dan malas minum banyak air. Hal ini bisa memicu dehidrasi dan buah jeruk bisa membantu mencegahnya. Bisa dimakan langsung atau disajikan dalam bentuk jus tanpa campuran terlalu banyak air maupun gula.

2. Pisang

Selanjutnya ada buah pisang yang diketahui punya kandungan kalium tinggi. Buah ini sangat efektif meningkatkan trombosit dalam tubuh. Biasanya konsumsi pisang juga dibutuhkan untuk membantu memperkuat sistem imunitas agar tidak mudah jatuh sakit. Selain itu pisang juga punya kandungan vitamin C tinggi yang akan mempercepat proses pemulihan.

Buah ini juga punya sifat antioksidan yang dibutuhkan tubuh terutama setelah sakit. Teksturnya juga cenderung lunak sehingga mudah untuk dicerna di masa pemulihan. Pilih pisang yang sudah matang dan manis sehingga bisa lebih mudah untuk dikonsumsi oleh pasien penderita DBD.

3. Jambu Biji

Buah yang satu ini sudah sangat populer dikenal ampuh untuk membantu masa pemulihan DBD. Jambu biji dikenal sebagai salah satu buah untuk DBD karena punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji ini 4 kali jauh lebih besar daripada jeruk. Tidak heran jika jambu biji sangat direkomendasikan dikonsumsi saat tahap pemulihan pasca sakit.

Jambu biji juga memiliki kandungan senyawa kimia bernama quercetin. Senyawa ini bisa menghalangi proses pembentukan mRNA virus yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu jambu biji juga bisa merangsang proses pembentukan keping darah yang baru sehingga nilai trombosit dapat terus meningkat.

4. Pepaya

Selanjutnya ada buah pepaya yang sangat mudah ditemui dan rasanya juga enak. Buah ini bisa menambah asupan asam folat dalam tubuh. Nah, asam folat ini punya peran penting dalam proses produksi trombosit darah. Jadi tidak heran jika konsumsi pepaya bisa membantu meningkatkan kadar trombosit terutama pada tubuh pasien yang terserang DBD.

Menariknya lagi, tidak hanya buahnya saja yang bisa bermanfaat namun juga daun dari buah pepaya. Daun buah pepaya ternyata bisa meningkatkan kadar trombosit setelah sakit DBD. Selain itu ekstrak daun pepaya juga diketahui bisa melindungi sel darah sehingga sangat direkomendasikan untuk pasien DBD yang sudah masuk masa pemulihan.

5. Kurma

Buah yang biasanya sangat populer di momen Ramadan dan hari raya ini ternyata juga bagus dikonsumsi oleh pasien DBD. Jenis buah yang satu ini mampu meningkatkan kadar trombosit di dalam tubuh secara efektif. Hal inilah yang membuat kurma bisa membantu proses penyembuhan pasca DBD dengan cepat.

Sama seperti jambu biji, kurma juga punya kandungan quercetin. Senyawa ini akan bekerja efektif menangkal beragam jenis virus yang masuk ke tubuh. Konsumsi kurma juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai campuran jus supaya lebih mudah untuk ditelan.

6. Mangga

Pilihan buah untuk DBD berikutnya adalah mangga. Buah yang satu ini memang sudah lama dikenal bisa meningkatkan angka trombosit. Biasanya pasien penderita DBD yang sudah masuk masa pemulihan memang akan diminta untuk mengonsumsi buah mangga. Bisa dimakan langsung atau disajikan dalam bentuk jus jika memang masih sulit mencerna makanan padat.

Buah mangga memiliki kadar vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Asupan vitamin ini sangat dibutuhkan saat tubuh baru saja pulih dari kondisi sakit. Selain itu vitamin C juga akan meningkatkan proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Hal tersebut akan membantu mengembalikan stamina dan kondisi tubuh sehingga bisa bugar seperti sedia kala.

7. Kiwi

Jenis buah berikutnya yang juga sangat direkomendasikan untuk penderita DBD adalah kiwi. Buah yang satu ini diketahui memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Selain itu kiwi juga biasanya bisa meningkatkan nafsu makan karena memberi sensasi segar di mulut.

Faktanya, buah kiwi ini mengandung kadar vitamin K yang cukup tinggi. Perlu dicatat bahwa vitamin K ini akan bekerja merangsang proses produksi trombosit di dalam darah. Itulah yang membuat buah kiwi sangat bagus jika dikonsumsi oleh pasien yang baru saja pulih dari penyakit DBD.

8. Alpukat

Sama halnya seperti buah kiwi, alpukat juga memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Inilah yang membuat alpukat juga direkomendasikan untuk pasien DBD agar bisa cepat pulih seperti semula. Selain itu buah alpukat ini juga punya rasa yang enak dan teksturnya lembut sehingga begitu mudah untuk dicerna.

Kandungan vitamin K dalam buah alpukat juga diketahui bisa mengendalikan peredaran darah dengan baik. Hal inilah yang membuat alpukat dinilai sebagai buah untuk DBD yang punya banyak manfaat. Penyajiannya pun mudah, bisa dipotong langsung, dibuat puree, atau disajikan dalam bentuk jus.

9. Buah Naga

Konsumsi buah naga juga sangat bagus untuk pasien yang baru saja menderita DBD. Buah berwarna merah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu buah naga juga memiliki zat antioksidan yang bagus bagi tubuh dan bisa meningkatkan imunitas.

Buah naga ini juga bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin di masa pemulihan setelah DBD. Kandungan air di dalam buah satu ini juga cukup tinggi jadi bisa mencegah risiko dehidrasi. Teksturnya pun sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh sehingga cocok untuk dikonsumsi di masa pemulihan.

10. Delima

Pilihan buah lain yang juga sangat efektif untuk membantu proses penyembuhan pasca DBD adalah delima. Buah satu ini punya kandungan gizi yang sangat bagus bagi tubuh. Salah satunya adalah zat besi yang ditemukan dalam kadar cukup tinggi. Zat besi ini bisa membantu mengendalikan jumlah keping darah di angka normal sehingga pasien DBD bisa cepat pulih.

Buah delima juga sangat efektif meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung dan rasanya juga enak. Hanya saja memang buah delima tidak terlalu mudah untuk didapatkan terutama di daerah-daerah tertentu.

Ada beragam jenis buah untuk DBD yang bagus dikonsumsi demi mempercepat masa pemulihan. Selain konsumsi buah, imbangi juga dengan konsumsi makanan sehat lainnya agar tubuh bisa lebih cepat pulih seperti semula. Prosesnya memang tidak cepat namun konsumsi buah dan makanan sehat pasti bisa mendukung proses tersebut berjalan lebih optimal.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox