10 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan, Tanaman Buah Tropis Kaya Antioksidan

Tanaman sirsak yang memiliki nama latin Annona muricata, merupakan salah satu buah tropis favorit di Indonesia. Jika buahnya kerap dikonsumsi karena perpaduan rasa manis dan asam yang begitu menyegarkan, daunnya ternyata sudah lama dimanfaatkan juga untuk keperluan pengobatan. Lantas, apa aja sih manfaat daun sirsak ini bagi kesehatan? Temukan jawabannya di sini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-daun-sirsak-595x335.jpg

1. Membantu Penanganan Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan kalau ekstrak dari daun sirsak memiliki efek antiproliferasi dan sitotoksik, yang berguna untuk melawan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, prostat, paru-paru, mulut, dan kulit. Makanya, daun sirsak ini disebut memiliki potensi untuk digunakan sebagai bagian dari pengobatan penyakit kanker.

Daun sirsak juga diketahui memiliki kandungan berupa sekumpulan bahan aktif yang bermanfaat dalam penanganan kanker yang disebut annonaceous acetogenins (AGEs). Kumpulan bahan aktif inilah yang memiliki sifat antikanker tersebut. Bahan aktif ini ini akan membunuh sel kanker dengan cara menghambat mitochondrial complex 1 yang merupakan protein sel kanker.

2. Mengontrol Peradangan

Peradangan merupakan salah satu bagian esensial pada proses penyembuhan di dalam tubuh. Tubuh akan mengalami peradangan saat sel-sel peradangan atau inflamasi bergerak ke lokasi terjadinya luka atau benda asing yang masuk ke tubuh. Jika peradangan ini terjadi dalam waktu lama, maka akan berisiko memicu timbulnya peradangan kronis.

Daun sirsak sendiri disebut berpotensi dalam mengontrol peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan kalau ada lebih dari 117 komponen di dalam daun sirsak yang memiliki sifat anti peradangan. Pada penelitian yang dilakukan pada tikus, ditemukan kalau ekstrak daun sirsak menunjukkan sifat anti peradangan, antioksidan, dan penyembuhan luka.

Efek daun sirsak untuk meredakan peradangan juga disebabkan karena adanya efek antirematik dan neuralgic yang dihasilkannya saat diaplikasikan di bagian tubuh setelah daun tersebut direbus. Ekstrak daun sirsak juga bisa meredakan kondisi peradangan seperti nyeri artritis, diare, disentri, malaria, sistitis, reumatik, dan demam.

3. Mengatasi Insomnia

Adakah di antara Sayurfriends yang mengalami insomnia. Kondisi yang ditandai dengan kesulitan untuk tidur ini akan bisa mengurangi kualitas hidup dan produktivitas hidup seseorang. Bagi Sayurfriends yang terjebak dalam kondisi ini dan ingin mengatasinya, Sayurfriends bisa coba untuk memanfaatkan daun sirsak.

Daun sirsak bekerja layaknya sedatif, zat yang dapat meredakan keaktifan dan kegembiraan, sekaligus terdapat dalam obat penenang. Dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak, maka akan bisa memicu otot tubuh menjadi lebih rileks, sehingga tidur yang berkualitas akan bisa didapatkan. Sayurfriends cukup rebus daun sirsak ini, kemudian minum air rebusannya.

4. Melindungi Kesehatan Mulut

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah untuk membantu melindungi atau menjaga kesehatan mulut. Pada daun sirsak terdapat kandungan berupa bakterisida dan fungisida, kandungan yang bisa membunuh bakteri dan jamur. Dengan adanya 2 kandungan tersebut, maka akan bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, seperti Streptococcus mutans dan Candica albicans.

Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau ekstrak daun sirsak bisa digunakan untuk melawan mikroba pada mulut, karena juga memiliki sifat antimikroba. Bakteri dan jamur yang bisa dihambat petumbuhannya oleh kandungan ekstrak daun sirsak ini sendiri merupakan penyebab dari beberapa masalah mulut, seperti periodontitis dan gingivitis.

5. Membantu Mengatasi Infeksi

Selain buahnya, daun sirsak juga diketahui bisa membantu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan parasit. Kemampuannya dalam mengatasi infeksi ini tentu saja karena kandungan seperti antibakteri yang dimilikinya, sehingga pertumbuhan bakteri penyebab infeksi jadi terhambat.

6. Meredakan Demam

Demam merupakan penyakit yang kerap dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal, demam yang ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh ini akan membuat tubuh merasa sangat gak nyaman, sehingga aktivitas rutin pun akan bisa jadi terbengkalai. Salah satu cara untuk meredakan demam yang bisa Sayurfriends coba lakukan adalah dengan meminum air rebusan daun sirsak.

Salah satu senyawa aktif yang terkandung dalam daun sirsak diketahui mampu menurunkan suhu tubuh, serta mengatasi infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Gak hanya demam biasa, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa ekstrak daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk membunuh larva nyamuk Aedes aegypti, nyamuk yang menjadi penyebab demam berdarah.

7. Melindungi dari Paparan Radikal Bebas

Paparan radikal bebas merupakan salah satu pemicu terjadinya gangguan kesehatan. Mulai dari penuaan dini pada kulit, gangguan kardiovaskular, peradangan, katarak, dan kanker. Saat tubuh terpapar radikal bebas, maka sel-sel dalam tubuh akan rentan mengalami kerusakan. Saat sel-sel itu rusak, maka potensi gangguan kesehatan pun akan muncul.

Salah satu cara melindungi tubuh dari paparan radikal bebas ini adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan antioksidan, di mana salah satunya bisa ditemukan pada daun sirsak. Ada banyak antioksidan dalam daun sirsak, seperti flavonoid, tanin, dan fitosterol, yang akan bisa membantu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas tersebut.

8. Membantu Mengontrol Diabetes

Tingginya kadar gula dalam darah merupakan pemicu terjadinya diabetes. Meskipun gak bisa disembuhkan, namun diabetes bisa dikontrol agar penderitanya bisa menjalankan hidup dengan baik, tanpa terganggu dengan gejala diabetes yang menimbulkan ketidaknyaman. Salah satu cara untuk bisa mengontrolnya adalah dengan menggunakan daun sirsak.

Khasiat daun sirsak untuk penanganan diabetes sudah lama diketahui oleh banyak orang. Daun sirsak bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah, dengan cara menghambat enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa atau juga dengan mencegah penyerapannya. Manfaatnya ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak.

9. Mengobati Sakit Maag

Para penderita sakit maag tentu tahu benar betapa menyakitkannya lambung terasa saat penyakit maag tersebut kambuh. Jika sudah begini, maka tubuh gak akan terasa nyaman saat diajak untuk menjalankan aktivitas rutin seperti biasanya. Bagi Sayurfriends yang ingin terhindar dari sakit maag yang sering kambuh dan nyerinya yang gak tertahankan, bisa coba minum air rebusan daun sirsak.

Daun sirsak memiliki kandungan yang bisa membantu mengurangi peradangan, serta menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkannya. Gak hanya itu saja, daun sirsak juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga proses penyembuhan tubuh dari sakit maag bisa berjalan dengan lebih cepat.

10. Membantu Menstabilkan Tekanan Darah

Layaknya buahnya, daun sirsak juga diketahui kaya akan potasium dan zat besi sehingga sangat tepat dijadikan sebagai obat untuk menstabilkan tekanan darah. Potasium akan membantu meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih baik, sedangkan kandungan zat besinya akan membantu mengatur detak jantung. Dengan begini, tekanan darah pun bisa terjaga kestabilannya.

Itulah tadi 10 manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang bisa Sayurfriends peroleh. Manfaatnya tersebut bisa Sayurfriends rasakan dengan cara merebus daun sirsak tersebut, lalu meminum air rebusannya. Agar khasiatnya makin optimal, jangan ragu untuk sekaligus mengonsumsi buah sirsak karena nutrisinya yang begitu melimpah.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox