Ini 10 Cara Menghilangkan Bau Durian yang Ampuh

Meski buah durian begitu digemari, namun banyak yang mengeluhkan jika aromanya sulit dihilangkan. Bau durian yang kuat dan menyengat membuat banyak orang enggan menyantapnya. Berbeda dengan buah kebanyakan, bau durian bisa bertahan di mulut dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja, aroma tersebut cukup mengganggu kepercayaan diri seseorang, khususnya saat sedang mengobrol. Kondisi ini bisa lebih buruk jika lawan bicara kamu ternyata tidak menyukai aroma durian. Nah, untuk kamu yang mengalami masalah ini, berikut ini adalah 10 cara menghilangkan bau durian yang ampuh.

Cara Menghilangkan Bau Durian yang Ampuh

Bagi kamu yang tidak menyukai aroma durian, berikut ini adalah 10 cara menghilangkan bau durian yang ampuh dan bisa kamu coba.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/01/singapore-314915_1280-595x446.jpg
Cara Menghilangkan Bau Durian yang Ampuh. (Foto: Pixabay)

1. Kumur dan minum air dari kulit tempat buah durian

Setelah menikmati buah durian, jangan langsung membuang kulitnya. Rongga pada kulit durian diyakini bisa mengusir bau durian yang menyengat di mulut.
Kamu hanya perlu menuangkan air ke dalam kulit tempat buah durian sebelumnya, kemudian tunggu beberapa menit. Setelah itu, minumlah airnya. Cara ini juga bisa kamu kamu gunakan untuk menghilangkan bau durian di tangan.

2. Perbanyak minum air putih

Mengonsumsi banyak air putih memang dianjurkan agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Ternyata, anjuran ini juga berlaku bagi kamu yang ingin menghilangkan bau mulut setelah mengonsumsi buah durian.
Air berfungsi untuk menetralisir panas dari durian. Bau mulut yang muncul bisa saja diakibatkan karena suhu panas dalam pencernaan meningkat. Untuk itu, kamu bisa meredakan suhu panas di area mulut dan pencernaan dengan banyak mengonsumsi air putih.

3. Berkumur dengan air garam

Bau mulut yang timbul setelah mengonsumsi durian bisa saja terjadi karena serat dan daging buah durian masih menempel di antara gigi dan rongga mulut. Tidak menutup kemungkinan, bakteri yang ada di mulut malah memperparah kondisi tersebut.
Untuk menghilangkan daging durian yang masih menempel sekaligus membunuh bakteri-bakteri di mulut, kamu bisa berkumur menggunakan air garam. Kandungan senyawa yodium yang terdapat pada garam berfungsi sebagai anti-bakteri dan sterilisasi.

4. Menggunakan obat kumur atau mouthwash

Banyak obat kumur atau mouthwash yang bisa kamu temui di berbagai pusat perbelanjaan tradisional hingga modern. Biasanya, obat kumur dijual dalam kemasan botol berukuran sedang. Ada banyak jenis dan varian rasa yang bisa kamu pilih. Perlu diingat, obat kumur itu tidak untuk diminum.
Aroma dan rasa obat kumur yang beredar kebanyakan adalah mentol. Fungsi obat kumur sendiri salah satunya adalah untuk menetralkan bau pada mulut. Tak hanya menghilangkan bau, obat kumur juga ampuh membersihkan sisa serat durian dan makanan yang masih menempel.

5. Mengonsumsi yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Yoghurt tidak hanya bisa dibuat dari susu sapi murni saja. Ada pula yang dibuat dari olahan dan fermentasi jus kedelai. Yoghurt jenis ini biasanya dikhususkan untuk orang-orang yang menjalani gaya hidup vegetarian.
Mengonsumsi yoghurt setelah mengonsumsi durian ternyata ampuh menghilangkan bau buah tersebut. Tak hanya menghilangkan bau durian, yoghurt juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan usus.
Ingin mencoba durian dengan rasa daging yang manis dan tebal? Kamu bisa membelinya secara online di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, ya!

6. Meminum air kelapa

Banyak orang yang mengonsumsi air kelapa sebagai obat alami untuk mendinginkan panas suhu tubuh. Ternyata, cara ini juga berlaku untuk menghilangkan aroma dan bau durian yang ada di mulut.
Setelah kamu mengonsumsi beberapa potong buah durian, kamu bisa minum air kelapa murni. Air buah tersebut diyakini mampu meredam dan mengurangi aroma durian yang menyengat.
Meski aroma durian telah hilang, biasanya aroma ini tetap terasa saat kamu bersendawa nanti. Namun, berbeda jika kamu meminum air kelapa. Bau durian akan ternetralisir meskipun saat kamu bersendawa.

7. Mengonsumsi buah dengan serat tinggi

Buah kaya serat tidak hanya baik untuk sistem pencernaan, tapi juga ampuh menghilangkan bau mulut yang diakibatkan mengonsumsi buah durian. Salah satu buah yang dikenal karena seratnya yang tinggi adalah apel.
Selain itu, apel juga tergolong buah yang mudah ditemui, sehingga kamu tidak akan kesulitan menemukannya. Fungsi serat pada apel yaitu untuk membersihkan serat durian yang menempel di gigi dan rongga, sehingga aroma buah durian yang kuat akan berkurang.

8. Mengonsumsi buah manggis

Selain mengonsumsi buah tinggi serat, kamu juga bisa mengonsumsi buah dengan mineral tinggi sebagai alternatifnya. Salah satu contoh buah tersebut adalah manggis.
Manggis memiliki kandungan mineral yang ideal untuk membantu menetralisir bau durian di mulut. Selain itu, manggis pun membuat mulut terasa lebih segar.

9. Menggunakan air perasan lemon

Cara mengusir bau durian di mulut selanjutnya yaitu meminum air perasan lemon. Asam pada buah lemon diyakini mampu menetralkan aroma dan bau durian. Kandungan antibakterinya pun bisa membuat mulut lebih segar dan bersih. Kamu hanya cukup mengiris lemon segar dan menambahkannya dengan air dingin. Tidak perlu banyak, minum secukupnya saja.

10. Meminum teh hijau

Sebagian dari kamu mungkin mengenal teh hijau hanya untuk tujuan detoksifikasi saja. Memang, salah satu manfaat teh hijau yaitu untuk membantu membersihkan racun di tubuh. Namun, tahukah kamu jika teh ini juga dikenal ampuh untuk menghilangkan bau durian di mulut?
Kamu bisa minum teh hijau setelah mengonsumsi buah durian. Dijamin, bau durian yang menyengat akan menghilang. Selain itu, mulut pun akan terasa lebih segar.
Nah, itulah 10 cara menghilangkan bau durian yang ampuh. Kamu bisa memilih cara mana yang menurut kalian paling mudah. Kini, kamu tidak perlu lagi cemas dengan aroma atau bau durian setelah kamu mengonsumsinya, ya.
Jika kamu penasaran ingin mencoba durian dengan rasa daging yang manis dan tebal, kamu bisa membelinya secara online di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, ya!
(Siti Kamilla)