http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/mangkuk-ayam-jago-sudah-ada-100-tahun-lalu-simbolkan-kemakmuran-3_169-595x334.jpeg
Hai Sayurfirens, ada yang belum familiar dengan mangkuk ayam legendaris yang bersejarah di atas?
Sepertinya nggak ada yang nggak kenal dengan mangkuk Mulai dari zaman kita masih berseragam putih merah, putih biru, putih abu-abu, bahkan sampai hari ini, mangkok ayam legendaris yang pasti selalu ada di kantin sudah mengisi hari-hari kita.
Tapi, ada yang tau gak, sih, tentang sejarah dari mangkuk ini yang biasa disajikan untuk mie ayam dan bakso ini?
Biar nggak tambah penasaran, yuk, langsung aja cek 5 fakta tentang sejarah mangkuk ayam legendaris yang lagi viral karena tampil di Google Doodle berikut ini.
1. Berasal dari China dan Penuh Makna
Berdasarkan penelusuran yang kami cek dari berbagai sumber, mangkuk ayam legendaris ini berasal dari China, tepatnya sejak era Dinasti Ming, pada zaman kekuasaan Kaisar Chenghua. 
Menurut informasi, gambar ayam jago dalam mangkuk ini memiliki arti kerja keras. Selain itu, dalam gambar aslinya, ada juga gambar daun pisang dan bunga penoy yang melambangkan mimpi dari hoki dan berbagai hal menguntungkan.
Baca Juga:
 
2. Banyak Nama dan Bukan Hanya Untuk Makanan
Di negara asalnya, mangkuk yang satu ini dikenal dengan beberapa nama, lho. Bagi penduduk Kanton dari Guandong, China Selatan, mangkuk ini disebut Jigongwan. Sedangkan di daerah China Utara, mangkuk ini disebut Gongjiwan. Selain itu, ada juga yang bilang mangkuk ini Jijiaowan, bagi penduduk berlogat Minnan.
Selain punya banyak nama, mangkuk ini ternyata juga punya fungsi lain selain untuk makanan, yaitu sebagai seserahan dalam adat upacara pernikahan tradisional China.
3. “Dimiliki” oleh Thailand
Meskipun berasal dari China, yang “memiliki”pabrik untuk memproduksi mangkuk ini secara masal ternyata berasal dari Thailand, tepatnya di kawasan Lampang. Oleh karena itu, mangkuk ini di Google juga dikenal sebagai Mangkuk Ayam Jago Lampang.
Sejak tahun 2013, pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ini sebagai tanda geografis dari wilayah Lampang tersebut. Pabrik mangkuk di Lampang ternyata telah mulai berproduksi sejak tahun 1953. Hal itu disebabkan karena daerah tersebut kaya akan bahan baku mineral sehingga cocok untuk bisnis pabrik keramik.
Nah, abis baca tentang sejarah mangkuk legendaris ini, jadi mau makan mie instant, bakso, atau mie ayam, nih?
Paling enak kita coba masak sendiri aja, gak, sih? Kan, seru, tuh bisa bikin menu mie sesuai selera, dan beli bahan-bahan segarnya di Sayurbox.
Yuk, langsung belanja apa pun kebutuhanmu di Sayurbox!
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox