Ini Jenis Sayuran yang Disimpan di Kulkas dan Tidak, Jangan Sampai Salah!

Penyimpanan sayuran di kulkas ternyata tidak bisa dilakukan asal-asalan. Penting untuk diketahui bahwa ada beberapa jenis sayuran yang disimpan di kulkas dan tidak.  Jika Sayurfriends menyimpan sayuran dengan cara yang tepat maka kualitas dan kesegarannya juga pasti akan lebih terjaga. Yuk, cari tahu apa saja jenis sayuran yang bisa disimpan di kulkas dan apa yang seharusnya tidak masuk kulkas.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/Sayuran-yang-di-simpan-di-kulkas-dan-tidak-595x335.jpg

Sayuran yang Disimpan di Kulkas

Sebagai salah satu jenis bahan makanan yang penting untuk dikonsumsi sehari-hari, sayuran memang harus disimpan dengan benar. Apalagi jika Sayufriends tidak punya waktu untuk belanja setiap hari dan harus melakukan food preparation di waktu tertentu. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang cocok disimpan di kulkas dan bisa bertahan lama.

1. Buncis

Sayuran satu ini termasuk ke dalam jenis polong-polongan dan kaya akan protein nabati. Buncis sangat baik untuk dikonsumsi secara berkala dan cara pengolahannya pun mudah. Sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Buncis juga mengandung enzim dan serat yang sangat bagus untuk melancarkan sistem pencernaan.

Buncis bisa disimpan di kulkas dengan aman. Cuci bersih buncis kemudian keringkan lalu simpan di wadah tertutup. Buncis yang sudah dibersihkan dan disimpan di kulkas bisa tahan dalam kondisi bagus selama 1 minggu.

2. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini juga sangat cocok disimpan di kulkas. Brokoli adalah jenis sayuran yang punya banyak manfaat. Bagus dikonsumsi oleh segala usia apalagi untuk anak-anak yang sedang berada di tahap pertumbuhan. Rasanya enak dan cara pengolahannya juga mudah jadi wajib untuk punya stok brokoli di rumah.

Cara penyimpanan brokoli juga sangat mudah. Potong brokoli menjadi bagian kecil-kecil seperti saat akan dimasak. Setelah itu cuci bersih dan rendam dengan larutan air garam untuk mengeluarkan bakteri di dalamnya. Setelah itu keringkan dan simpan di wadah tertutup. Brokoli bisa bertahan aman di kulkas selama 5 hari.

3. Wortel

Jenis sayuran ini juga wajib ada di kulkas karena mudah diolah dan bisa dikreasikan ke dalam berbagai jenis menu. Wortel juga biasanya disukai anak-anak karena punya rasa manis dan segar. Kupas wortel dan cuci sampai bersih sebelum disimpan. Setelah itu masukkan ke dalam wadah dan rendam dengan air. Masukkan ke dalam kulkas dan wortel akan bertahan tetap segar bahkan lebih dari 2 minggu.

4. Lobak

Siapa pencinta Lobak? Sayuran ini ternyata juga masuk ke kelompok yang aman disimpan di dalam kulkas. Lobak ternyata punya banyak manfaat, mulai dari menurunkan kolesterol dalam darah hingga mengatasi gangguan pencernaan. Lobak juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lengkap serta bagus untuk kesehatan tubuh.

Penyimpanan lobak juga sangat mudah. Cuci bersih tanpa perlu dikupas lalu simpan di wadah dan masukkan ke dalam kulkas. Lobak bisa bertahan tetap segar di kulkas selama kurang lebih 2 minggu.

5. Kubis

Memang penting sekali untuk mengenali jenis sayuran yang disimpan di kulkas dan tidak. Kalau kubis, apakah sebaiknya disimpan di kulkas atau di luar? Sayuran ini ternyata bisa bertahan jauh lebih awet jika disimpan di kulkas. Cara penyimpanannya sangat mudah, tinggal dicuci bersih saja kemudian dikeringkan dan simpan ke wadah lalu masukkan kulkas.

Sayuran yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

Lalu, sayuran apa saja yang tidak boleh masuk kulkas? Membedakan jenis sayuran yang disimpan di kulkas dan tidak memang terkadang cukup sulit. Ada beberapa jenis sayuran yang selama ini disimpan di kulkas padahal ternyata tidak bertahan lama di suhu dingin. Berikut adalah beberapa jenis sayuran yang ternyata tidak disarankan untuk disimpan di kulkas.

1. Kentang

Pertama ada kentang yang tidak tahan terhadap suhu dingin sehingga sangat tidak disarankan untuk disimpan di dalam kulkas. Saat disimpan di kulkas, maka kentang akan mengalami perubahan tekstur dan rasa. Kandungan pati di dalam kentang juga akan lebih cepat terurai sehingga menyebabkan rasanya jadi lebih manis dan terlalu menyengat.

2. Timun

Jenis sayuran yang kerap dijadikan lalapan ini juga tidak cocok disimpan di kulkas. Timun sebaiknya disimpan di suhu ruang saja karena sangat sensitif terhadap suhu yang dingin. Saat disimpan di kulkas, biasanya timun akan lebih cepat keriput dan tidak enak untuk dimakan. Jika memang terpaksa menyimpan timun di kulkas maka letakkan di bagian yang paling tidak dingin.

3. Tomat

Dinginnya suhu di dalam kulkas bisa membuat tomat jadi lebih cepat keriput. Selain itu suhu dingin juga bisa menyebabkan kandungan air dalam tomat berkurang. Tomat jadi tidak segera dan tidak enak lagi untuk dikonsumsi. Jadi lebih baik simpan tomat di suhu ruang dan pakailah secepat mungkin supaya tidak busuk.

4. Tauge

Ternyata tauge juga tidak bisa awet jika disimpan di dalam kulkas. Sayuran ini biasanya akan dikonsumsi mentah sebagai lalapan atau bisa juga jadi bahan tumisan. Tauge bisa lebih cepat busuk dan menghitam jika terlalu lama disimpan di dalam kulkas. Memang bisa disimpan di kulkas namun hanya bertahan singkat, selama 1 sampai 2 hari saja.

Penyimpanan tauge bisa dilakukan dengan mudah. Cuci bersih terlebih dahulu kemudian simpan di wadah yang tertutup rapat. Jangan lupa bagian dalam wadah sebaiknya dialasi dengan tisu terlebih dahulu. Jika memang tidak langsung dipakai maka tidak masalah untuk meletakkan tauge ini di kulkas tapi harus cepat-cepat dikonsumsi.

5. Jamur

Cukup banyak yang harus dipahami tentang jenis sayuran yang disimpan di kulkas dan tidak. Salah satu bahan makanan yang tidak seharusnya diletakkan di kulkas adalah jamur. Jamur bisa lebih cepat membusuk dan menguning jika terlalu lama diletakkan di kulkas yang bersuhu dingin. Apabila memang ingin menyimpan jamur di kulkas, maka simpan selama 1-2 hari saja.

Perlu diperhatikan juga bahwa sebelum dimasukkan ke kulkas jamur tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Kontak dengan air hanya akan menimbulkan munculnya bakteri. Lagipula jamur juga tidak menyukai tempat yang lembap. Jadi jauh lebih baik jika jamur langsung disimpan dalam kondisi kering.

6. Bawang-bawangan

Jenis sayuran yang satu ini sudah pasti harus ada di rumah. Bawang-bawangan termasuk bumbu dasar yang selalu digunakan saat mengolah menu makanan. Pastikan untuk tidak menyimpan berbagai jenis bawang-bawangan di kulkas. Suhu dingin di dalam kulkas hanya akan membuat bawang cepat kusam. Selain itu kulkas juga punya suasana lembap dan hal ini sama sekali tidak cocok dengan bawang.

Setelah memahami apa saja jenis sayuran yang disimpan di kulkas dan tidak, Sayurfriends pasti bisa lebih cermat dalam menyimpan makanan. Pastikan bahwa semua jenis bahan makanan disimpan dengan benar sehingga bisa awet dan kualitasnya selalu terjaga. Jangan membuang terlalu banyak bahan makanan yang busuk hanya karena Sayurfriends tidak tahu cara tepat untuk menyimpannya.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox