Sepiring Nasi Gak Bakal Cukup, Ini Dia Resep Sambal Terong

Siapa nih di antara Sayurfriends yang demen banget sama yang namanya terong? Sayuran satu ini merupakan salah satu sayuran favorit masyarakat Indonesia, yang diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, ditumis, digulai, dan lainnya. Kali ini, Sayurfriends akan diajak untuk membuat sambal terong di rumah. Cara masaknya gampang kok, yuk intip resepnya berikut ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/sambal-terong-595x298.jpg

Bahan-Bahan:

·
3 buah terong ungu
·
2 siung bawang putih
·
5 buah cabai rawit merah
·
2 buah cabai merah keriting
·
3 sendok makan minyak goreng
·
½ sendok teh gula
·
Garam secukupnya

Cara Membuat:

1.
Cuci bersih terong, lalu potong-potong kecil sesuai selera.
2.
Panaskan panci untuk mengukus, lalu kukus selama lebih kurang 7 menit.
3.
Sambil menunggu terong selesai dikukus, uleg cabai rawit merah, cabai merah keriting, gula, garam, dan bawang putih hingga halus.
4.
Panaskan minyak goreng, lalu tuang ke dalam ulekan berisikan sambal. Jangan lupa aduk rata minyak goreng dan sambal.
5.
Angkat potongan terong yang sudah dikukus, lalu dinginkan.
6.
Setelah terong kukus dingin, suwir-suwir terong.
7.
Campurkan suwiran terong dengan sambal, aduk agar tercampur rata.
8.
Sambal terong pun siap untuk disantap.

Tips Memilih Terong agar Sambal Terasa Lebih Enak

1. Pilih Terong dengan Permukaan yang Mengilap

Saat memilih terong, pilihlah terong dengan kulit permukaan yang mengilap, halus, dan kencang. Kondisi kulit terong yang seperti ini menandakan kalau kondisi terong tersebut sehat. Selain itu, bentuk kulit terong yang seperti itu juga menandakan kalau terong dalam kondisi segar atau baru saja dipanen.

2. Pilih yang Batangnya Berwarna Hijau

Bagus atau tidaknya kualitas terong yang dijual bisa dilihat dari kondisi batangnya. Terong yang bagus memiliki batang yang masih berwarna hijau segar. Jika kondisi batangnya sudah layu, kecokelatan, dan kering, itu tandanya kondisi terong sudah gak segar lagi. Selain itu, hindari juga memberi terong yang pangkalnya sudah mulai berjamur atau busuk.

3. Pilih yang Dagingnya Padat

Terong yang bagus bisa dilihat dari tekstur dagingnya yang padat. Cara untuk mengetahui padat atau tidaknya daging terong tersebut bisa dilakukan dengan menekan terong yang akan dibeli. Jika teksturnya kembali ke bentuk semula setelah ditekan, tandanya terong dalam kondisi matang dan gak terlalu tua.

Nikmat dan wanginya aroma sambal terong dijamin bakal meningkatkan nafsu makan Sayurfriends. Meskipun terlihat sederhana, namun sepiring sambal terong ini saja bisa membuat Sayurfriends menambah nasi putihnya hingga berkali-kali. Jika ingin isiannya lebih banyak dan beraneka, Sayurfriends bisa tambahkan teri goreng, tahu, ataupun tempe ke dalam sambalnya. Beli bahan-bahannya dari sekarang yuk di Sayurbox.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox