Bukan Bakwan Biasa, Ini Dia Resep Okonomiyaki Alias Bakwan Khas Jepang

Jika bicara mengenai camilan khas Jepang, salah satu menu yang mungkin melintas di pikiran adalah okonomiyaki. Okonomiyaki ini sendiri merupakan camilan yang dibuat dari campuran tepung dengan aneka sayuran, layaknya bakwan yang jadi camilan favorit di tanah air. Penasaran gimana rasa dari camilan khas Jepang satu ini? Yuk simak resepnya berikut ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/bakwan-jagung-595x298.jpg

Bahan-Bahan:

·
1 buah wortel
·
Kembang kol secukupnya
·
1 butir telur ayam
·
Daun bawang secukupnya
·
250 gram tepung bakwan instan
·
Sosis sapi atau ayam secukupnya (opsional)
·
Air secukupnya

Cara Membuat:

1.
Potong kecil memanjang wortel dan kol. Sisihkan.
2.
Potong-potong kecil sosis dan daun bawang. Sisihkan.
3.
Siapkan wadah, lalu buat adonan dengan mencampurkan telur, tepung bakwan instan, dan air secukupnya. Aduk agar semua bahan tercampur rata.
4.
Masukkan potongan wortel, kol, sosis, dan daun bawang ke dalam wadah berisi adonan tepung. Aduk agar tercampur rata. Pastikan teksturnya tidak terlalu kental dan tidak terlalu padat.
5.
Olesi teflon dengan sedikit minyak goreng, lalu panaskan sebentar.
6.
Tuangkan adonan bakwan khas Jepang ini ke dalam teflon. Usahakan bentuknya bulat dan padatkan permukaannya.
7.
Bolak-balik adonan hingga kedua sisinya matang sempurna, lalu angkat.
8.
Sajikan okonomiyaki alias bakwan khas Jepang. Agar makin nikmat, bisa ditambah dengan saus sambal di atasnya.

Tips Jitu Anti Gagal Memasak Okonomiyaki

1. Agak Lama Mengaduk Adonan

Meskipun sering disebut bakwan, camilan satu ini sejatinya lebih mirip dengan telur dadar isi sayuran, karena tekstur akhirnya yang padat. Nah, salah satu kunci dari padatnya hasil akhir camilan ini adalah dengan mengaduk adonannya cukup lama. Dengan cara ini, maka sayuran akan layu dan mengeluarkan sedikit air, sehingga nanti adonannya mudah untuk dimasak.

2. Masak dengan Api Kecil

Agar matangnya merata, gak hanya di permukaan saja melainkan juga bagian dalamnya, gunakanlah api kecil saat memasak menu satu ini. Penggunaan api yang kecil saat memasak juga disebabkan karena bentuk adonannya yang lumayan tebal. Dengan begini, Sayurfriends bisa memperoleh hasil akhir yang crunchy di luar, namun lembut dan padat di dalam.

3. Gunakan 2 Buah Pan

Salah satu langkah memasak camilan ini yang agak tricky adalah saat membaliknya. Teksturnya yang tebal membuatnya sangat riskan untuk hancur saat dibalik, untuk memastikan permukaan lainnya juga matang sempurna. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, Sayurfriends bisa gunakan 2 buah pan atau teflon saat memasaknya.

Itulah tadi resep okonomiyaki alias bakwan khas Jepang yang bisa Sayurfriends coba sendiri membuatnya di rumah. Perbedaan antara camilan khas Jepang ini dengan bakwan salah satunya adalah dari cara menggorengnya, di mana bakwan menggunakan banyak minyak, sedangkan camilan ini cukup dengan sedikit minyak saja. Checkout bahan bakwan Jepang dulu lalu langsung recook deh di rumah!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox